Universitas Top Dunia yang Akan Buka Cabang di Indonesia, Siapa Saja?

Universitas Top Dunia yang Akan Buka Cabang di Indonesia, Siapa Saja?

Top universitas di dunia akan buka di Indonesia | Sumber: Unsplash (Mikael Kristenson)

Sebetulnya, universitas luar negeri yang membuka cabang di negara lain bukanlah hal yang asing. Sebab, di beberapa negara di luar sana sudah menerapkan sistem tersebut. Di mana SohIB mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi luar negeri terkemuka, tetapi di dalam negerinya sendiri.

Nah, di Indonesia, sudah ada kampus ternama dari luar negeri, Monash University, yang membuka peluang study masyarakat di negara kita untuk bersekolah di universitas ini untuk gelar minimal S2 dan tanpa perlu meninggalkan tanah air. 

Namun, beberapa universitas top lain sudah mengantre untuk masuk ke negara kita. Mereka akan berdiri di beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Bali, Tangerang, dan Bandung. Bahkan, ada yang sudah berencana akan membuka cabangnya di IKN Nusantara, nih. Wow, siapa saja?

Monash University Indonesia, Tangerang

Kampus yang berasal dari Australia tersebut masuk ke Indonesia pada tahun 2021 lalu. Monash menjadi universitas satu-satunya yang sudah berdiri di negara kita sekaligus jadi perguruan tinggi luar negeri pertama yang beroperasi di sini.

Universitas yang masuk 50 besar dunia versi QS World University Rankings 2024 itu berada di area Tangerang, Banten. Jurusan yang dibuka pada sekolah tersebut di Indonesia ada 10 untuk gelar master dan doktoral:

  • Art, Design and Architecture
  • Arts, Humanities and Social Sciences
  • Business
  • Education
  • Engineering
  • Information Technology
  • Law
  • Medicine Nursing and Health Sciences
  • Pharmacy and Pharmaceutical Sciences
  • Science
Gagal Masuk Kampus Impian? Ini Pilihan yang Bisa Kamu Ambil!

Lancaster University dan Deakin University, Bandung

Lancaster University adalah kampus dari Inggris, sedangkan Deakin University berasal dari Australia. Menurut laman resmi Lancaster, kedua perguruan tinggi ini akan berkolaborasi menjadi kampus internasional bersama di Bandung di tahun 2024 nanti.

“Kampus gabungan Deakin-Lancaster di Bandung akan merupakan gabungan antara gelar Australia dan Inggris, yang harus mendapat persetujuan dari regulator nasional. Inisiatif ini mendapat dukungan kuat dari Pemerintah Australia dan Inggris,” tulis situs tersebut.

Lancaster sebelumnya telah berpengalaman dalam membuka kampus mitranya di negara lain, yaitu Malaysia, Ghana, Tiongkok, dan Jerman. Dalam prestasinya, universitas dari negara British tersebut terdaftar sebagai top 15 universitas di Inggris. Adapun Deakin masuk ke dalam ranking 283 versi QS World University Rankings 2022.

Western Sydney University, Surabaya

Western Sydney University adalah universitas kelas dunia yang mempunyai reputasi internasional dalam bidang akademik dan penelitiannya. Dulunya, kampus ini bernama University of Western Sydney sebelum akhirnya mengalami rebranding tahun 2015.

Menurut sejarahnya, universitas tersebut berdiri sejak tahun 1989 sebagai universitas gabungan. Ia mempunyai berbagai kampus yang tersebar di New South Wales, Australia, yaitu Bankstown, Blacktown, Campbelltown, Hawkesbury, Liverpool, Parramatta, dan Penrith.

Western Sydney University berada di peringkat #201-250 versi Times Higher Education World University Rankings 2022.

King’s College London, Surabaya

SohIB mau berkuliah di universitas bergengsi ala-ala kerajaan Inggris? Yup, Jawa Pos menuliskan bahwa kampus yang satu ini termasuk yang sedang mengantre masuk ke Indonesia.

Didirikan pada tahun 1829, KCL menjadi salah satu universitas paling bergengsi di Inggris dan bertitel “Golden Triangle” dalam kampus penelitian bersama Oxford, Cambridge, UCL, dan LSE.

6 Tanda Organisasi Kampus yang Kamu Ikuti Red Flags, Jangan Memaksakan Diri!

Georgetown University, Surabaya

Georgetown University merupakan perguruan tinggi asal Amerika Serikat. Georgetown Sebagai universitas swasta terkemuka dari Washington D.C., GU berada di peringkat #297 dalam QS World University Rankings 2024, dilansir dari topuniversities.com. Bill Clinton, Presiden Amerika Serikat ke-42 ini juga berkuliah di sana, lo, SohIB.

Curtin University, Bali

Curtin University sebelumnya telah mempunyai beberapa kampus cabang di negara lain, seperti Malaysia, Dubai, Mauritius, dan Singapura. Secara internasional, universitas tersebut terkenal dengan program pendidikan dan penelitian akan bumi dan geosainsnya. Nggak heran, di Australia, Curtin menempati peringkat pertama dan kedua di dunia untuk bidang teknik mineral dan pertambangan.

Btw, putra Presiden ke-6 Indonesia, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang biasa dipanggil Ibas juga bersekolah di sini, nih.

Manchester University, Bali

Dilihat dari namanya saja sudah pasti ketahuan ya, dari mana asal perguruan tinggi ini? Ya, Manchester University berasal dari Inggris. Menjadi salah satu universitas terbaik di dunia, kampus itu mempunyai 25 hadiah Nobel di berbagai bidang, yaitu sepuluh untuk fisika, sembilan untuk kimia, tiga untuk fisiologi/kedokteran dan tiga untuk Ekonomi.

Eh, Universitas Manchester termasuk dalam Ivy league bersama 11 kampus ternama lainnya, lo.

Stanford University, IKN Nusantara

Dan yang terakhir adalah Stanford yang pada September ini akan menandatangani LoI (Letter of Intent) dengan Otorita IKN Nusantara. Rencananya, mereka akan membangun sekolah keberlanjutan yang dinamakan dengan Stanford Doerr School of Sustainability demi mencapai zero emission pada tahun 2060.

Stanford sendiri merupakan kampus ternama yang masuk dalam 3 besar kampus terbaik di dunia saat ini, bersaing ketat dengan Harvard, MIT, Oxford, Columbia, Cambridge, dan lainnya. 

5 Top Kampus Asia Timur yang Sediakan Beasiswa: Siap Daftar?

Sumber:

  • https://narasi.tv/read/narasi-daily/stanford-university-berencana-buka-sekolah-di-ikn-nusantara
  • https://www.manchester.ac.uk/discover/news/new-qs-european-university-rankings-places-university-of-manchester-in-top-10/
  • https://www.topuniversities.com/universities/georgetown-university#:~:text=Georgetown%20University%20ranks%20%232%20among,have%20a%20graduate%20business%20education.
  • https://portal.lancaster.ac.uk/intranet/news/article/lancaster-council-approves-new-campus-in-indonesia
  • https://www.jawapos.com/pendidikan/011802799/tujuh-kampus-top-dunia-siap-masuk-indonesia