Gagal Masuk Kampus Impian? Ini Pilihan yang Bisa Kamu Ambil!

Gagal Masuk Kampus Impian? Ini Pilihan yang Bisa Kamu Ambil!

SNBT 2023 telah diumumkan pada 20 Juni 2023 lalu | Sumber: Unsplash (Annie Spratt)

Pengumuman penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui UTBK-SNBT 2023 telah usai disebarluaskan kemarin (21/06). Bagi SohIB yang dinyatakan lulus dan meraih kampus impian, selamat, ya! Semoga kamu bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman lainnya.

Nah, untuk SohIB yang masih harus berjuang demi mendapatkan bangku sekolah yang dicita-citakan, kamu nggak perlu berkecil hati. Setiap orang memiliki jalannya masing-masing untuk mencapai garis finish-nya. Ada yang sekarang, bisa juga nanti. So, kalau SohIB belum berjodoh dengan SNBT 2023, lakukan beberapa hal ini dengan segera!

Cek Hasil UTBK-SNBT 2023 Hari Ini, Udah Tau Caranya?

Tenangkan Diri dan Jangan Bersedih Terlalu Lama

Jangan bersedih terlalu lama, masih banyak kesempatan masuk kampus impian
Jangan bersedih terlalu lama, masih banyak kesempatan masuk kampus impian | Sumber: Adrian Swancar

Lazimnya, seseorang yang tidak mendapatkan hal yang diinginkan akan merasakan kesedihan yang dalam. Bahkan, nggak jarang ada yang merasa sangat down karena kecewa dengan hasilnya.

Perasaan tersebut sangatlah wajar dan kamu tidak perlu ‘melarikan diri’ dari itu. Terimalah kenyataan dan jadikan ini sebagai renungan. Toh, hidup tak selamanya seperti yang kita harapkan, bukan? Lagipula, kamu tidak sendirian, kok. Kalau berjuangnya di ujian mandiri bersama-sama, meski kamu tidak kenal satu sama lain, bukankah terasa lebih baik?

Mencari Tahu Informasi Jalur Mandiri Universitas

Terdapat setidaknya tiga jalur yang perlu dihadapi calon mahasiswa untuk meraih bangku kuliah yang diidamkan, yakni jalur prestasi (SNBP), SNBT, dan ujian mandiri di masing-masing perguruan tinggi.

Ujian mandiri biasanya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Resiko yang perlu dipersiapkan adalah dikenakannya biaya pendaftaran yang bervariasi serta perlu mengerjakan soal-soal akademik dan potensi lagi.

Namun, kabar baiknya, sejumlah kampus menyediakan kuota mahasiswa yang lebih banyak di ujian ini, bahkan ada yang mencapai 50%. Apakah kamu siap berkompetisi lagi memperebutkan persentase besar tersebut?

Berprofesi Sebagai PNS, Ini Sederet Keuntungannya!

Mendaftarkan Diri ke Sekolah Kedinasan

PKN STAN, salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia
PKN STAN, salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia | Sumber: PKN STAN

Tahukah kamu, kalau pemerintah telah menyiapkan porsi tersendiri di penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk sekolah kedinasan? Yup, sebagaimana yang kita ketahui, rata-rata sekolah kedinasan berdiri di bawah kementerian atau institusi pemerintahan, sesuai dengan bidangnya. Misalnya, PKN STAN yang bernaung dari Kementerian Keuangan dan STIS yang dikelola Badan Pusat Statistik (BPS).

Ini artinya, kesempatan para taruna atau mahasiswanya untuk bisa bekerja di lembaga-lembaga besar tersebut akan semakin besar peluangnya selepas lulus nanti. Bahkan, beberapa sekolah kedinasan tidak membebankan biaya pendidikan selama kita berkuliah.

Namun, kamu harus menyiapkan kesehatan fisikmu dengan lebih ketat. Sebab, biasanya sekolah kedinasan akan menyertakan tes ketahanan fisik dalam penerimaan mahasiswanya, termasuk melakukan sit up, push up, hingga renang.

Coba Peruntungan di Universitas Swasta

Kata siapa universitas negeri adalah yang terbaik? Kampus swasta banyak sekali yang memiliki kualitas jempolan dan bisa bersaing dalam dunia kerja. Nggak hanya itu saja, mereka punya program-program pertukaran pelajar di luar negeri yang terkadang bisa lebih menarik.

Pertimbangkan kesediaan biaya selama belajar, karena biasanya universitas swasta perlu menggelontorkan dana yang lebih besar daripada universitas negeri. Akan tetapi, di masa kini, beasiswa sudah tersedia banyak dan dapat kamu coba.

Mencari Informasi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Oxford merupakan salah satu kampus Ivy League dunia
Oxford merupakan salah satu kampus Ivy League dunia | Sumber: Sidharth Bhatia

Kalau kita lihat di media sosial, nggak sedikit anak bangsa yang justru bisa melejit setelah gagal diterima di kampus dalam negeri. Mereka termotivasi untuk bisa mengenyam bangku kuliah di luar negeri dan diterima, lo. Kerennya lagi, banyak yang mendapatkan beasiswa full tuition untuk kuliah, sehingga SohIB dapat lebih fokus belajar.

So, saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk patah semangat. Masih banyak celah dan jalan yang dapat kamu ikuti sampai mendapatkan tempat belajar yang diidamkan.

Pertimbangkan untuk Gap Year

Pernahkah SohIB berada di persimpangan seperti ini? Banyak anak muda yang merasa terlalu lelah setelah belajar habis-habisan demi mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional.

Dari situlah, terkadang akan muncul beberapa ide di pikiran, apakah ingin melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi, langsung bekerja, atau ingin istirahat sejenak? Kondisi inilah yang sering disebut sebagai gap year.

Gap year tidaklah seburuk yang dibayangkan, kok. Justru, banyak orang berpendapat bahwa penundaan tersebut memiliki manfaat yang besar. Mereka merasa jadi lebih paham tentang dirinya, memberikan kesempatan pada diri untuk melakukan hal lain yang diimpikan, sampai menghindarkan kita dari pemilihan keputusan yang kurang tepat. Wow, super banget, ya?

Yuk, bangkit lagi, SohIB! Yakinlah bahwa ini hanyalah satu dari sekian proses yang harus dihadapi untuk mendapatkan garis akhir yang diharapkan. Bahkan, Tuhan lebih tahu apa yang terbaik untuk hidup kita, termasuk di kampus mana kita akan belajar atau rencana lainnya. Semangat!

Jangan Takut Gap Year, Ini Definisi dan Keuntungan yang Diperoleh

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)