5 Top Kampus Asia Timur yang Sediakan Beasiswa: Siap Daftar?

5 Top Kampus Asia Timur yang Sediakan Beasiswa: Siap Daftar?

Ilustrasi mahasiswa yang berkuliah di universitas | Freepik (jcomp)

Melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi di luar negeri mungkin menjadi impian banyak orang. Tak ayal, kampus-kampus kenamaan dunia berlomba-lomba untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional.

Nah, kampus-kampus bereputasi internasional di Kawasan Asia juga membuka kesempatan bagi calon mahasiswa luar negeri untuk berkuliah di institusi mereka.

Buat SohIB yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya ke daerah Asia, khususnya Asia Timur, berikut rekomendasi 5 kampus kenamaan Asia Timur beserta beasiswanya yang bisa kamu pilih:

1. Seoul National University

Perpustakaan SNU
Perpustakaan SNU | Seoul National University (en.snu.ac.kr)

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan universitas nomor satu di Korea Selatan ini. SNU menjadi salah satu tujuan pelajar dari seluruh dunia yang ingin belajar sekaligus menikmati suasana khas Korea Selatan bak drama.

Sebagai kampus kenamaan, SNU mempunyai lingkungan riset yang super canggih, loh, SohIB. SNU juga berhasil mencetak ratusan alumni luar biasa yang berkarir di berbagai bidang, salah satunya aktris Kim Tae Hee. Keren banget, ya!

Kalau SohIB ingin menjadi salah satu bagian dari SNU, do not worry! SNU menyediakan beasiswa fully funded bagi calon mahasiswa asal Indonesia lewat Global Korea Scholarship (GKS).

SohIB akan mendapatkan biaya kuliah penuh, tiket pesawat pulang dan pergi, tunjangan hingga Rp13 juta per bulan, dan biaya penelitian. Wow! Kamu juga akan difasilitasi dengan asuransi kesehatan, biaya untuk pengerjaan skripsi/disertasi, dan kursus bahasa Korea.

Beasiswa ini sedang dibuka sampai akhir September 2023 untuk jenjang S1. Informasi selengkapnya bisa kamu lihat di laman resmi GKS, overseas.mofa.go.kr, ya!

Manfaat Mengikuti Internship, Peluang Jenjang Karier?

2. Hokkaido University

Hokkaido University
Hokkaido University | Hokkaido University (global.hokudai.ac.jp)

Hokkaido University di Jepang ini menjadi salah satu universitas paling bergengsi di Asia Timur, serta sangat unggul dalam bidang penelitian dan pendidikan.

SohIB, berdasarkan QS World University Rankings 2023, Hokkaido University menempati posisi 141 global. Universitas ini juga menjadi salah satu tujuan peneliti dunia untuk belajar.

Kampus ini juga menawarkan berbagai macam beasiswa yang bisa kamu coba, salah satunya beasiswa MEXT yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang.

MEXT Scholarship masih dibuka untuk jenjang S2 dan S3 sampai 27 Desember 2023 nanti, nih! Kamu bisa mendapatkan biaya kuliah penuh dan tunjangan tiap bulan hingga Rp14 juta. Tentu saja tunjangan ini berbeda untuk tingkat atau jenjang pendidikan, ya!

Kamu juga bisa mendapatkan tiket pulang-pergi dan bebas biaya pengurusan visa. Untuk informasi selengkapnya, SohIB bisa cek di id.emb-japan.go.jp.

3. Taiwan National University

NTU
Taiwan National University | NTU (admissions.ntu.edu.tw)

Bukan rahasia lagi kalau Taiwan National University merupakan universitas terbaik di Taiwan dan termasuk dalam jajaran kampus terbaik dunia. Bahkan, alumni NTU pernah meraih Nobel Prize dan Turing Award, loh!

Dengan fasilitas yang sangat memadai, universitas bergengsi ini mempunyai reputasi kuat di bidang teknologi, teknik, ilmu alam, ilmu sosial, dan humaniora. NTU dikenal dengan peralatan teknologi canggih yang mendukung kegiatan akademik dan riset seluruh sivitas akademika di sana.

Sebagai salah satu universitas terkenal, NTU juga menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa asal Indonesia. SohIB bisa mengambil beasiswa MOE yang disediakan Kementerian Pendidikan Taiwan.

Kamu bisa mendapatkan uang kuliah sampai Rp19 juta dan biaya hidup sebesar Rp7 juta per bulan tergantung dari jenjang pendidikan yang diambil. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan jaringan atau koneksi dengan alumni yang luar biasa.

Untuk pendaftaran beasiswa ini, kamu bisa menunggu awal tahun depan, ya! Informasi selengkapnya bisa dilihat di taiwanscholarship.moe.gov.tw.

Kuliah S2 Pendidikan Bakalan Ngapain Aja, sih?

4. Peking University

Peking University
Peking University | PKU China (english.pku.edu.cn)

Universitas kebanggaan China ini memiliki segudang fasilitas di bidang sains dan humaniora. Cocok untuk SohIB yang ingin melanjutkan studi di bidang pengembangan penelitian.

Kerennya, nih, Peking University memiliki kontribusi luar biasa ke China dalam Gerakan Budaya Baru, Demonstrasi Tiananmen 1989, Gerakan 4 Mei, dan sebagainya. Wah, mantap!

Kampus ini juga masuk di jajaran institusi terbaik dunia. Peking University bahkan menyediakan asrama khusus bagi mahasiswa. Tentu saja, SohIB juga bisa mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di sini.

Chinese Government Scholarship (CGS) menjadi alternatif pemburu beasiswa di negeri Tirai Bambu ini. Beasiswa ini diperuntukkan bagi jenjang S1-S3, ya!

SohIB bisa mendapatkan yang saku hingga Rp5 juta dan akan berbeda di setiap jenjang pendidikan. Kamu juga akan mendapatkan biaya kuliah, akomodasi, asuransi kesehatan, hingga buku. Informasinya bisa SohIB akses di chinesescholarshipcouncil.com.

5. University of Hong Kong

University of Hongkong
University of Hongkong | HKU (hku.hk)

Kampus unggulan ini adalah institusi terbaik sekaligus tertua di Negeri Mutiara dari Timur dan memiliki alumni yang berasal dari berbagai negara.

HKU menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di perkuliahan, loh. Selain itu, kampus ini sangat maju di bidang penelitian ilmiah.

Kampus ini memiliki fakta unik dan keren, nih, SohIB. Tim peneliti mereka menjadi tim pertama di dunia yang berhasil mengisolasi virus corona beberapa tahun silam. Keren banget, ya!

Kalau SohIB tertarik untuk berkuliah di sini, terutama bagi kamu yang ingin meraih gelar Doktor, terdapat beasiswa khusus mahasiswa S3. Hong Kong PhD Fellowship Scheme bisa menjadi pilihan kamu.

7 Tools AI yang Memudahkan Perkuliahan, Mahasiswa Wajib Tahu!

Kamu bisa mendapatkan beasiswa sebesar Rp6 juta dan berbagai tunjangan pendidikan lainnya. Ada yang tertarik? Informasinya bisa SohIB akses di cerg1.ugc.edu.hk.

Itu tadi rekomendasi kampus top Asia Timur bagi kamu para pemburu beasiswa. Semoga bermanfaat!

 

Referensi:

  • https://www.schoters.com/id/beasiswa?utm_source=Blog
  • https://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2707/view.do?seq=761548
  • https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rsu.html
  • https://taiwanscholarship.moe.gov.tw/web/pages.aspx
  • https://www.chinesescholarshipcouncil.com/
  • https://cerg1.ugc.edu.hk/hkpfs/index.html