10 Universitas Tertua di Indonesia, yang Mana Kampusmu?

10 Universitas Tertua di Indonesia, yang Mana Kampusmu?

Universitas tertua di Indonesia | Sumber: Unsplash (Harati Project)

Data dari Statistik Indonesia di tahun 2022 menyebutkan bahwa ada 3.107 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sebagian besarnya didominasi oleh Perguruan Tinggi Swasta. Selain itu, pilihan fakultas dan program studinya juga sangat beragam. Bahkan, beberapa di antaranya adalah jurusan yang langka ditemukan.

Kondisi ini tentunya berbeda dengan masa lalu. Pada zaman kolonialisme, negara kita mempunyai universitas pertamanya di tahun 1849. Disebutkan bahwa perguruan tinggi Indonesia dimulai dengan bidang kesehatan. Lantas, di mana saja kampus-kampus yang menjadi 10 universitas tertua di tanah air?

1. Universitas Indonesia (UI)

Dulunya, UI adalah sekolah kedokteran dengan nama STOVIA. Ia berdiri di tahun 1849 di era kolonial Belanda. Dalam sejarahnya, kampus ternama ini sempat mengalami beberapa kali pergantian nama, sampai akhirnya “Universiteit Indonesia” lahir di tahun 1950.

Fakultasnya pun berkembang menjadi 5, yaitu Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta, Fakultas Teknik di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, dan Fakultas Ekonomi di Makassar.

Menariknya, rumpun studi tersebut kelak mengilhami terbentuknya perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia. Bisa SohIB tebak apa saja?

Universitas Top Dunia yang Akan Buka Cabang di Indonesia, Siapa Saja?

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perguruan Tinggi tertua kedua di Indonesia yaitu ITB. Berdiri sejak 3 Juli 1920, kampus teknik ini dibangun oleh pemerintah Belanda dengan nama de Technische Hogeschool te Bandung (TH). Sampai akhirnya di tahun 1959, pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya tempat belajar Presiden BJ Habibie. Btw guys, ITB adalah Fakultas Teknik dari pecahan Universitas Indonesia di zaman dulu.

10 perguruan tinggi tertua di Indonesia
10 perguruan tinggi tertua di Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Yogyakarta tidak hanya menyimpan banyak sejarah kemerdekaan Indonesia, tetapi juga perguruan tingginya. Universitas Islam Indonesia adalah kampus swasta pertama dan tertua di negara kita yang lahir di tahun 1945, beberapa minggu sebelum proklamasi kemerdekaan.

Dulu, namanya adalah Sekolah Tinggi Islam yang didirikan oleh Dr. Mohammad Hatta, Mohammad Natsir, Mr. Mohammad Roem, dan KH. Wahid Hasjim.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Masih di Kota Gudeg, Indonesia mempunyai Universitas Gadjah Mada yang sudah ada di tahun 1949. Salah satu kampus favorit mahasiswa Indonesia ini tadinya juga merupakan gabungan dari beberapa sekolah, yaitu Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

5. Universitas Nasional (UNAS)

UNAS adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) paling tua di Jakarta dan kedua tertua di Indonesia. Disebutkan dalam laman resminya, berdirinya UNAS tahun 1949 saat itu ditujukan untuk menampung lulusan SMA di Jakarta yang tidak mau memasuki Universitas Van Indonesia milik Pemerintah Kolonial-Belanda.

Kemudian, di tengah konflik perjuangan kemerdekaan, kampus ini juga menjadi “Benteng Terdepan” untuk para pejuang rakyat di Jakarta. Oleh sebab itu, UNAS dianugerahi gelar “Universitas Perjuangan” oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

6. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)

Beranjak ke Pulau Sumatra, tepatnya di Medan, ada UISU sebagai perguruan tinggi Islam tertua di luar Pulau Jawa. dikutip dari sejarahnya, UISU diprakarsai oleh sejumlah pemuda Islam, yaitu Bahrum Djamil, Adnan Benawi, Sariani AS, Rivai Abdul Manaf Nasution, dan Sabaruddin Ahmad di tahun 1951.

Gagal Masuk Kampus Impian? Ini Pilihan yang Bisa Kamu Ambil!

7. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Beberapa waktu setelah kemerdekaan Indonesia diumumkan, beberapa tokoh nasional sekaligus pemuka Kristen di negara kita merasa membutuhkan Dewan Gereja di Indonesia (DGI). Dari sini, salah satu perhatian yang mereka tuju adalah pendidikan dengan mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia tahun 1953 untuk menaungi cikal bakal pembentukan Universitas Kristen Indonesia (UKI).

8. Universitas Airlangga (Unair)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Universitas Indonesia mempunyai Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi di Surabaya, yang mana kelak akan dikenal masyarakat sebagai Universitas Airlangga. Unair diresmikan Presiden pertama RI Ir Soekarno pada 10 November 1954 yang secara legal sudah ditetapkan dalam PP nomor 57/1954.

Nama “Airlangga” diambil dari Nama "Airlangga" diambil dari nama seorang raja, Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewa, yang pernah memimpin Jawa Timur tahun 1019—1042. Ia juga dikenal dengan sebutan Prabu Airlangga.

Salah satu sudut Universitas Airlangga
Salah satu sudut Universitas Airlangga | Sumber: Universitas Airlangga

9. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin secara resmi memisahkan diri dari cabang Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia pada 1956. Unhas mengambil nama pahlawan nasional dari Kesultanan Gowa, Sultan Hasanuddin. Logonya yang berbentuk ayam merupakan simbol pahlawan tersebut yang berani menghadapi Belanda, layaknya ayam jago yang kuat dan tak gentar oleh musuh.

10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS berdiri di tahun 1957, tak lepas dari nama para pejuang kemerdekaan RI, yakni dr. Angka Nitisastro, Soedjasmono, Kyai Haji Yahya Hasyim, dan didukung oleh Roeslan Abdulgani.

Kampus yang terletak di Surabaya ini disahkan namanya menjadi Institut Sepuluh Nopember sesuai dengan tanggal berdirinya, yang bertepatan dengan Hari Pahlawan. namun , namanya tidak diubah menjadi “November” seperti kata baku yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. 

9 Tempat Bersejarah Bagi Kemerdekaan Indonesia, Cari Tahu di Sini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

 

Sumber referensi:

  • https://www.unhas.ac.id/sejarah/?lang=id#:~:text=Mengawali%20berdirinya%20Universitas%20Hasanuddin%20secara,127%20tanggal%2023%20Juli%201947.
  • https://www.uisu.ac.id/sejarah/#:~:text=Universitas%20Islam%20Sumatera%20Utara%20(UISU)%20didirikan%20pada%20tanggal%207%20Januari,Manaf%20Nasution%2C%20dan%20Sabaruddin%20Ahmad.
  • https://www.unas.ac.id/sejarah-universitas-nasional/
  • https://indonesiabaik.id/infografis/10-universitas-tertua-di-indonesia
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/01/jumlah-perguruan-tinggi-di-indonesia-capai-3107-unit-pada-2022-mayoritas-dari-swasta
  • https://www.ui.ac.id/tentang-ui/sejarah-ui/
  • https://ugm.ac.id/id/tentang-ugm/1356-sejarah/