9 Tips Kembali Produktif Setelah Long Weekend, Tetap Semangat

9 Tips Kembali Produktif Setelah Long Weekend, Tetap Semangat

Berlibur adalah ajang untuk kita bisa bersenang-senang dan refleksi diri | Sumber: Unsplash (Vidar Nordli Mathisen)

Satu hari lagi, tepatnya pada tanggal 23—26 Desember 2023, SohIB yang beragama Kristen akan merayakan hari Natal dan cuti bersama. Karena tanggal merah tersebut bertepatan dengan hari Senin dan Selasa, sebagian orang cukup beruntung mendapatkan long weekend apabila hari Sabtu diliburkan.

Nah, mendapatkan waktu istirahat panjang hingga tiga hari seperti ini tentunya menjadi masa yang menyenangkan bagi kita semua. Sebab, kita mendapatkan kesempatan untuk melepas penat sedikit lebih lama dari minggu-minggu lainnya. Namun, meskipun kamu sedang ber-long weekend ria, jangan sampai ketika sudah mulai masuk hari kerja, SohIB malah jadi malas, lo!

Agar kamu tidak mengalami sunday blues dan siap produktif kembali di hari Rabu dengan semangat, ada baiknya SohIB untuk membaca tips-tips di bawah ini!

Selesaikan Pekerjaan Sebelum Hari Libur Tiba

Ingat, namanya liburan tentu saja jangan sampai membawa pulang pekerjaan kantor. Usahakan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu sebelum long weekend tiba. SohIB bisa bernegosiasi dengan rekan kerja mengenai hal ini. Atau jika memang terpaksa perlu ada yang dibawa, ‘habiskan’ pekerjaanmu di hari yang sama sebelum tanggal merah dimulai.

Trik Sukses Hadapi Interview Bahasa Inggris, Jangan Panik Dulu!

Liburan Bukan untuk Bermalasan

liburan jangan bermalasan
Jangan hanya rebahan saja selama liburan | Sumber: Unsplash (Shane)

Melakukan unproductive activity di hari libur sah-sah saja, selama tidak sampai berhari-hari. Alih-alih bermalas-malasan, lebih baik SohIB memanfaatkan momen jam kosong tersebut untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai atau belum sempat diwujudkan.

Misalnya saja, mengendarai mobil offroad, berkebun, main bersama keluarga, dan sebagainya. So, dengan demikian, tidak hanya energimu saja yang kembali pulih, tetapi juga mentalmu.

Rencanakan Kegiatan dengan Matang

Sebagian orang mungkin akan sedikit kesulitan dengan yang  namanya planning atau to-do-list. Padahal, sebetulnya ini baik lo, untuk dirimu sendiri. Karena liburan seharusnya dihabiskan untuk hal yang menyenangkan, rasanya mungkin tidak terlalu sulit deh, untuk SohIB, merencanakan hal-hal yang fun selama tiga hari ke depan.

Buatlah daftar aktivitas yang mau kamu tunaikan di long weekend ini. Namun, susunlah dengan realistis dan sesuai budget, ya. Jangan sampai kamu bokek begitu hari libur telah usai.

Hindari Menghamburkan Uang

uang
Jangan habiskan uangmu untuk kesenangan sesaat | Sumber: Unsplash (Alexander Grey)

Senada dengan poin di atas, atur keuanganmu agar pengeluaran tidak membengkak. Untuk itulah mengapa membuat planning liburan itu penting. Agar kamu juga bisa menerka-nerka berapa jumlah uang yang harus kamu gelontorkan untuk long weekend.

Ingat, ini hanya 3 hari saja lo, SohIB dan sebentar lagi masih ada lebaran. Jangan sampai kamu over budget dan membuatmu kesulitan sendiri di kemudian hari.

Ciri Obat Tidak Layak Konsumsi Lagi, Kamu Harus Hati-hati!

Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih awal akan mendapatkan banyak kebaikan. Selain pikiranmu makin fresh, udara di sekitar juga biasanya lebih sejuk karena masih terbebas dari polusi. Kamu jadi memiliki waktu yang panjang juga untuk memulai hari.

Mood bisa semakin baik dan bersemangat. Bahkan, bengong menyaksikan matahari terbit saja bisa terasa sangat menenangkan. Coba saja!

Jaga Kesehatan

Sekali lagi, jangan sampai ketika libur yang ‘hanya’ tiga hari justru berlalu dengan kamu yang jatuh sakit. Duh, rugi banget, ya! Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga stamina tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, dan bila perlu minum vitamin.

Hindari Olahraga Ekstrem

Sebenarnya poin ini adalah opsional, ya. Untuk kamu yang memang terbiasa dan senang dengan olahraga ekstrem dan membutuhkan banyak energi, silakan saja dilakukan.

Namun, untuk menghindari kelelahan yang teramat sangat, bagi SohIB yang tidak familiar dengan kegiatan seperti itu, lebih baik dihindari saja. Adapun olahraga ekstrem yang dimaksud seperti lari marathon, naik gunung, panjat tebing, atau highlining.

Lebih Santai di Hari Terakhir Libur

Karena Senin sudah masuk kerja seperti biasanya, maka akan lebih aman jika di hari Minggu SohIB sudah berada di rumah dan memulihkan tenaga setelah 2 hari libur sebelumnya masih terus beraktivitas.

Lakukan kegiatan yang bisa melepaskan stres dan merilekskan tubuh, misalnya bermeditasi, melukis, jalan-jalan dengan pemandangan alam, atau nonton film.

Jaga Kerapian Tempat

jaga kerapihan tempatmu
Jaga kebersihan diri dan lingkungan untuk kesehatan bersama | Sumber: Unsplash (Toa Heftiba)

Menjadi orang yang senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian tempat tinggal nggak pernah merugikan kok, guys. Justru, kita akan semakin bahagia dan tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menata sana-sini. Biarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah dan nikmatilah ruangan kita yang sudah cantik dan tidak berantakan.

Itulah tadi 9 tips kembali produktif setelah long weekend. Kamu pun bisa mulai menerapkannya dari sekarang, sehingga ketika hari libur tiba, SohIB sudah siap dengan berbagai agenda menyenangkan yang menyenangkan. Dijamin, hari Rabu pun akan terasa ringan dan siap untuk bertugas kembali!

Self-Deprecation, Humor Buruk Meremehkan Diri Sendiri

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)