Trik Sukses Hadapi Interview Bahasa Inggris, Jangan Panik Dulu!

Trik Sukses Hadapi Interview Bahasa Inggris, Jangan Panik Dulu!

Ilustrasi interview dengan bahasa Inggris | Sumber: Pexels (Andrea Piacquadio)

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling sering digunakan oleh manusia di dunia ini, sehingga dikenal juga sebagai bahasa global. Meskipun dewasa ini masyarakat Indonesia sudah makin terbiasa menggunakannya sebagai komunikasi kedua setelah bahasa Indonesia, tetap saja melakukan interview formal berbahasa asing adalah hal yang berbeda.

Bagi sebagian orang, mengetahui bahwa wawancara akan berjalan dengan bahasa Inggris tetap membuat cemas dan gelisah. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang akhirnya memilih mundur dari proses seleksi daripada malu tidak bisa berbicara. Waduh, sayang banget, deh!

Padahal, untuk memasuki perusahaan-perusahaan top, biasanya mereka tidak hanya meminta resume dan sertifikat keahlian bahasa kita, tetapi juga interview bahasa Inggris. Nggak perlu resah yang berlebihan, simak dulu trik sukses menghadapi itu semua di artikel ini!

Baca juga: Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

1. Sadari Dulu Kenapa Kamu Mau Melamar

Sadar dan pahami alasan SohIB mendaftar perusahaan tersebut, apalagi sudah tahu bahwa mereka menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi. Setiap keputusan yang kita ambil tentunya butuh tanggung jawab dan konsekuensi. Jangan nekat mendaftar bila kamu sangat ragu melangkah dan memang enggan melatih skill berbahasa Inggris.

2. Cari Tahu Tentang Calon Perusahaan

Carilah informasi yang membantumu mengenal lebih jauh tentang company yang kamu tuju. Bisa saja, perusahaan tersebut sebenarnya tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam sehari-hari, meskipun menyertakan syarat harus pandai berbahasa Inggris.

SohIB dapat mencatat hal penting dari informasi yang kamu dapatkan, seperti visi-misi, value, hingga berita-berita terkini yang relevan. Bila kamu mau, rangkailah poin-poin tersebut menjadi beberapa kalimat dalam bahasa Inggris dan hafalkan. Itu sudah bisa menjadi ‘contekan kecil’ ketika nanti ditanya perekrut seputar company.

Selain itu, untuk efek yang lebih luas, tentunya HRD akan menilai bahwa kamu memang bersemangat untuk menjadi bagian dari perusahaan dan sudah well-prepared.

3. Latih Bahasa Inggrismu Sejak Sekarang

Melatih bahasa inggris agar interview lancar
Rajinlah berlatih bahasa Inggris agar semakin lancar | Sumber: Pexels (Alex Green)

Berlatih bahasa Inggris, baik pasif maupun aktif tentu adalah hal basic yang harus dan wajib kamu lakukan secara konstan. Inti dari berjalannya interview dengan lancar memang ada pada cara kamu mempresentasikan diri, bukan?

Rajinlah menambah kosakata baru dan menjawab soal untuk meningkatkan passive english skill. Bisa juga mengikuti les bahasa asing apabila diperlukan. Akan lebih baik apabila SohIB mulai membiasakan diri untuk lebih aware berbahasa Inggris dari hobi sehari-hari, misalnya mendengarkan musik, membaca buku, mengobrol, dan lainnya.

4. Lakukan Simulasi Bersama Orang Lain

Menguasai teorinya saja tidaklah cukup, tetapi lengkapi juga dengan prakteknya. Ajaklah beberapa teman yang juga ingin melatih bahasa Inggris mereka atau sudah mahir untuk saling berdiskusi atau chatting dengan bahasa tersebut. Bisa juga join program speaking dari tutor online dan mendaftar aplikasi pertemanan bersama orang luar negeri.

Baca juga: Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Fun Banget!

5. Kendalikan Diri

Ketika wawancara akan dan sedang berlangsung, tenangkan pikiranmu dengan melakukan apapun yang bisa membantu mengatasi gugupmu tersebut. Sugesti diri bahwa kamu sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga urusan hasil serahkan pada Tuhan Semesta Alam.

Jika ada pertanyaan yang sulit dipahami, kamu boleh kok, meminta perekrut mengulang kembali pertanyaannya sampai paham. Atau apabila sulit menjelaskan dengan bahasa Inggris, carilah beberapa alternatif kata yang bisa menjadi pengganti kalimat tersebut. Intinya, buatlah HRD paham dengan jawabanmu.

Sebenarnya, perusahaan juga memberikan kelonggaran apabila karyawannya bukan berasal dari negara yang berbahasa Inggris. Dengan catatan, memang ‘hanya’ digunakan untuk komunikasi sehari-hari saja.

6. Pelajari Pertanyaan yang Kerap Muncul

Saat ini banyak lo, bocoran pertanyaan yang kerap muncul di interview kerja yang dapat kamu akses di internet secara bebas. Selain agar bisa menjawab secara lancar, sesuatu itu sebetulnya bisa karena terbiasa.

Nah, berikut adalah contoh pertanyaan yang bisa kamu prediksi keluar dan pelajari dari sekarang!

  • Tell me about yourself!
  • What are your strengths and weaknesses?
  • Why do you want this job?
  • Why should we hire you?
  • What are your salary expectations?
  • Tell me about your experience!

7. Tunjukkan Value-mu yang Lain

tunjukkan value diri saat interview bahasa inggris
Tunjukkanlah bahwa kamu mempunyai keahlian lainnya yang patut dipertimbangkan | Sumber: Pexels (SHVETS production)

Dan inilah yang terakhir, jika memang SohIB benar-benar stuck meskipun sudah belajar keras, tunjukkan ‘nilai plus’ yang bisa membuat HRD mempertimbangkan kamu di luar kemampuan berbahasa.

Tahukah SohIB bahwa ada salah satu karyawan Alibaba bernama Wu Lanqing yang hanya di-interview selama 3 menit kemudian langsung diterima dengan gaji ratusan juta? Lanqing berusia 21 tahun ketika mendatangi proses rekrutmen kerja dan ditanya HRD, “Keahlian apa yang kamu miliki?”

Tanpa banyak bicara, ia langsung mengambil laptop dan melakukan sesuatu yang membuat semua program Alibaba tertutup dan diretas!

Apabila kamu juga memungkinkan melakukan hal yang sama, menunjukkan performamu secara langsung, lakukan! Bisa jadi, keunikan proses meng-hire kamu itulah yang justru membuat SohIB diterima bekerja!

Semoga 7 tips tadi dapat membantumu dalam mendapatkan pekerjaan impianmu, ya! Semangat untuk terus berlatih dan jangan pantang menyerah!

Baca juga: Bahasa Tersulit di Dunia, Berani Terima Tantangan?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)