5 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Zero Waste Hero

5 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Zero Waste Hero

5 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Zero Waste Hero (Image: Freepik.com)

Zero Waste atau yang disebut juga sebagai bebas sampah dalam bahasa Indonesia, merupakan suatu gerakan untuk mengurangi produksi sampah dengan cara mengurangi konsumsi, memanfaatkan kembali barang, mendaur ulang, dan bahkan membuat kompos sendiri. Zero Waste ini mempunyai tujuan untuk membuat sistem di mana semua sumber daya dapat sepenuhnya dikembalikan ke lingkungan alam.

Menjadi pahlawan bebas sampah atau zero waste hero merupakan suatu hal yang mudah jika kamu mempunyai tekad yang kuat, kamu hanya perlu menerapkan prinsip 5R Zero waste, yaitu Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Rot. Jika kamu menerapkan prinsip 5R ini, kamu dapat mengubah gaya hidup bebas sampah dan dapat memaksimal sumber daya alam secara bijaksana. 

Dengan demikian jika kamu ingin menjadi zero waste hero kamu perlu menerapkan prinsip tersebut dan memperhatikan hal lainnya. Lalu, hal apa saja yang perlu kamu persiapkan jika kamu menjadi zero waste hero? Yuk simak dan ikuti 3 langkah dibawah ini! 

 

  • Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Plastik sekali pakai merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar di dunia. Kamu bisa mulai mengurangi penggunaan kantong plastik, sedotan plastik, atau kemasan apapun yang hanya bisa gunakan sekali pakai. Gantilah dengan opsi ramah lingkungan seperti tas kain, sedotan logam atau kaca, dan menggunakan wadah yang bisa digunakan berulang kali. Dengan mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari, kamu dapat menjadi pahlawan untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah. 

 

  • Mengelola Sampah Dengan Bijak

Menyortir atau memilah dan memilih sampah secara benar merupakan langkah awal untuk bisa mewujudkan jika kamu ingin menjadi pahlawan bebas sampah. Kamu perlu menyadari mana sampah organik dan non-organik untuk dipisahkan. Mulailah mengelola sampah organik dengan membuat kompos untuk meminimalisir jumlah sampah yang banyak dan mengurangi sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir atau TPA. 

 

  • Kurangi Konsumsi Barang Sekunder

Mengonsumsi barang sekunder merupakan faktor jangka panjang penyumbang sampah. Kamu perlu membeli barang yang memiliki umur pakai lebih lama dan memiliki produk kemasan yang minimalis sehingga bisa di daur ulang. Jika kamu sudah mulai mengurangi konsumsi barang sekunder kamu tidak hanya mengurangi sampah namun kamu juga mengurangi dampak lingkungan dari produksi barang yang kamu konsumsi. 

 

Menjadi seorang pahlawan bukanlah tugas yang sulit, kamu hanya perlu menerapkan langkah-langkah diatas dan menerapkan hidup yang sederhana. Kamu bukan hanya mengurangi jumlah sampah, namun kamu juga dianggap berkontribusi untuk Indonesia yang lebih hijau. Jika kamu mempunyai tekad yang kuat menjadi zero waste hero mari berkomitmen untuk berkontribusi pada Indonesia bebas sampah. 

 

Sumber Foto: Freepik.com