Service Excellence: Cara Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

Service Excellence: Cara Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

Service Excellence, cara memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan | Pexels (ELEVATE)

Jagat dunia maya Indonesia tengah dihebohkan dengan perseteruan antara food vlogger dengan salah satu warung makan yang ada di Tangerang.

Perseteruan ini terjadi ketika akun food vlogger ini memberikan review ketika dirinya berkunjung ke warung makan tersebut.

Food vlogger tersebut memberikan review yang tidak memuaskan terhadap pelayanan yang dia dapatkan.

Pemilik warung yang tidak terima dengan review yang dia terima, serta bertambahnya akun lain yang ikut memberikan ulasan semakin memperburuk perseteruan yang banyak diperbincangkan oleh warganet ini.

Pelayanan memang menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan dalam memulai sebuah usaha, khususnya yang berhadapan langsung dengan konsumen.

Baik atau buruknya pelayanan yang kita berikan akan berpengaruh kepada keberlangsungan usaha yang tengah dijalani ke depannya.

Bukan tidak mungkin, jika konsumen tidak nyaman dengan pelayanan yang kita berikan, dirinya akan beralih ke tempat lain dan tidak kembali lagi.

Salah satu istilah yang lazim dikenal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen ini adalah service excellence.

Dikutip dari laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia, service excellence bisa diartikan sebagai seni dalam menciptakan nilai kepada orang lain.

Hal ini merujuk pada cara kita dalam memberikan pelayanan yang memberikan nilai tambah dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.

Selain itu, service excellence ini bisa berbeda-beda dalam hal penerapan dan menjadi ciri khas yang unik bagi setiap usaha.

Seberapa penting penerapan service excellence ini dalam sebuah usaha ya, SohIB?

Selamat Tinggal Pelayanan Publik yang Menyulitkan

Pentingnya Service Excellence dalam Sebuah Usaha

Pentingnya Service Excellence
Pentingnya Service Excellence | Pexels (Andrea Piacquadio)

Service excellence memegang peranan krusial dalam keberlangsungan sebuah usaha yang sedang dibangun.

Misalnya jika kita memiliki sebuah usaha rumah makan, kemungkinan orang kembali untuk datang kembali tidak hanya terletak pada kenikmatan makanan atau minuman yang dijual.

Bisa jadi, para konsumen kembali datang karena merasa mendapatkan pelayanan yang baik dari pegawai maupun pemilik usaha, sehingga merasa nyaman ketika makan dan minum di rumah makan tersebut.

Penerapan service excellence memungkinkan kita untuk memahami apa saja yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Berdasarkan hal tersebut, kita hanya perlu memastikan apa yang diinginkan bisa terpenuhi, sehingga para konsumen yang datang bisa mendapatkan kepuasan dari pelayanan yang sudah diberikan.

Jakarta Smart City : Titik Terang Masa Depan Transformasi Digital Pelayanan Publik Indonesia

Manfaat Penerapan Service Excellence

Manfaat Service Excellence
Manfaat Service Excellence | Pexels (Lukas)

Banyak manfaat yang bisa SohIB dapatkan jika menerapkan service excellence dalam sebuah usaha.

Dilansir dari Les Roches, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam penerapan service excellence:

1. Meningkatkan reputasi usaha

Penerapan service excellence bisa membangun citra baik, khususnya dalam hal pelayanan dari usaha yang sedang kita bangun.

2. Membangun loyalitas konsumen

Kenyamanan yang kita berikan dalam bentuk pelayanan yang baik bisa menarik kembali minat orang yang sudah pernah datang sebelumnya.

3. Mendapatkan konsumen baru

Penerapan service excellence juga memungkinkan datangnya konsumen baru ke tempat usaha kita.

Hal ini terjadi ketika konsumen yang sudah datang merasa puas dengan pelayanan yang diterima dan menceritakan pengalaman tersebut kepada orang terdekatnya.

Orang-orang inilah yang nantinya kemungkinan akan menjadi konsumen baru di usaha kita.

4. Meningkatkan semangat tim

Pelayanan yang baik akan berbanding lurus dengan banyaknya konsumen yang datang ke tempat kita.

Hal ini tentu bisa meningkatkan semangat kerja anggota tim, sebab semakin banyak orang yang datang, semakin banyak juga pundi-pundi uang yang akan dihasilkan.

Pentingnya Akselerasi Digital dalam Pelayanan Administrasi Kesehatan

Bagaimana Cara Menerapkan Service Excellence?

Penerapan Service Excellence
Penerapan Service Excellence | Pexels (Ketut Subiyanto)

Secara ringkas, terdapat beberapa langkah yang bisa SohIB terapkan jika ingin mempraktekkan service excellence dalam sebuah usaha.

Berikut ini cara menerapkan service excellence, seperti yang dituliskan dalam laman EHL Insight:

1. Tanamkan 'nilai' dalam usaha

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam memulai usaha adalah menanamkan nilai-nilai penting terhadap setiap anggota yang ikut terlibat.

Cara ini bisa dijalankan dengan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) yang tepat sehingga bisa dijalankan sesuai arahan.

Salah satu contoh penerapan hal ini adalah membiasakan setiap anggota untuk bersikap ramah kepada konsumen yang datang.

Jika dilakukan berulang, kebiasaan ini akan menjadi sebuah 'nilai' yang tertanam dalam usaha tersebut.

2. Mendengarkan konsumen

Hal ini penting agar kamu bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh para konsumen yang datang, sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

3. Memilih orang yang tepat

Bagi para pelaku usaha, memilih pegawai yang akan dipekerjakan merupakan salah satu poin penting yang patut diperhatikan.

Sebab, orang-orang inilah yang akan turun langsung dan berhadapan dengan setiap konsumen yang datang.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan pelatihan yang mumpuni agar kinerja pegawai bisa maksimal seperti yang diharapkan.

4. Saling menguatkan

Tidak ada usaha yang bisa berjalan dan sukses atas kekuatan satu orang saja.

Oleh sebab itu, butuh kerja sama yang solid dalam sebuah tim agar bisa menciptakan pelayanan yang baik dan sempurna kepada setiap pelanggan.

 

Referensi:
- https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-sidoarjo/baca-artikel/14853/Service-Excellent-adalah-the-Art-of-Creating-Value-for-Others.html
- https://lesroches.edu/blog/excellence-customer-service
- https://hospitalityinsights.ehl.edu/how-to-achieve-service-excellence