Rumah Sakit Terapung di Indonesia, Ada di Mana?

Rumah Sakit Terapung di Indonesia, Ada di Mana?

Rumah sakit apung di Indonesia sudah menjangkau puluhan pulau di seluruh wilayah negeri kita | Sumber: DoctorSHARE

Melihat kapal yang terapung di atas laut, tentu adalah pemandangan normal. Namun, kalau ada rumah sakit yang terapung, kamu sudah pernah dengar belum?

Yes, di Indonesia, kita sudah memiliki beberapa rumah sakit yang didirikan di atas kapal. Rumah sakit apung diciptakan terutama bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pedesaan dan terpencil yang menghadapi berbagai kendala yang berhubungan dengan aksesibilitas, ekonomi, dan mobilitas.

Berbeda dengan kita yang tinggal di daerah perkotaan atau yang mudah menerima layanan kesehatan yang baik, banyak lo, saudara-saudara kita yang mendiami wilayah masih sulit transportasi dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai. Untuk itulah, RSA hadir untuk memenuhi kebutuhan faskes yang kurang merata ini. 

RSA terbilang cukup lengkap meskipun berlayar di atas air lo, SohIB. Mereka mempunyai fasilitas pemeriksaan kesehatan, termasuk perawatan gigi, dokter spesialis, USG, bidan,  laboratorium, apotek, bahkan bedah minor dan mayor sekalipun.

Lebih Dari 90% Penduduk Indonesia Terlindungi dari BPJS Kesehatan, yuk, Daftar!

Plusnya lagi, negara kita sebagian besar terdiri dari perairan. Sehingga, tentu saja kondisi geografis itu bisa dimanfaatkan oleh rumah sakit semacam ini untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dilewati dengan lebih maksimal.

Lantas, di mana sajakah rumah sakit terapung yang ada di Indonesia?

Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan

Melansir dari doctorSHARE, RSA dr. Lie Dharmawan adalah rumah sakit apung swasta pertama dan paling kecil di dunia, nih! Setara dengan rumah sakit darat dengan tipe D, RSA yang didirikan sejak 2013 ini sudah melayani 863 pasien dan berlayar mengarungi perairan Indonesia dari barat hingga ke timur, nih.

Bahkan, mereka juga sudah melakukan ratusan operasi mayor dan minor, serta membantu memberikan perawatan kesehatan bagi ribuan penduduk setempat. Seperti namanya, inspirator pertama RSA adalah dr. Lie Dharmawan yang kala itu didatangi seorang pasien dan menjalani operasi di atas kapal yang berlayar.

Hebatnya lagi, rumah sakit tersebut juga memberikan pelatihan dan pendidikan kesehatan dasar untuk masyarakat dari wilayah 3T. Mereka rata-rata berlayar delapan kali setiap tahun dengan layanan medis sekitar 7—10 hari. Sayangnya, dikabarkan rumah sakit tersebut sudah karam. Beruntung, seluruh awak kapal selamat.

Jaga Kesehatan di Tengah Kualitas Udara Buruk, Apa yang Harus Dilakukan?

RSA Nusa Waluya II

Masih dari yayasan doctorSHARE, RSA Nusa Waluya II adalah rumah sakit berbentuk tongkang pertama yang telah berlayar sejak tahun 2018. Mereka memulai perjalanan awalnya untuk merawat pasien-pasien dari bencana alam tsunami dan gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Dalam proyeksi jangka panjangnya, RSA itu akan menjadi faskes tingkat lanjut di Kepulauan Tanimbar dan dapat menangani pasien rujukan dengan kondisi medis khusus dari Puskesmas setempat.

Berdasarkan laman resminya, RSA Nusa Waluya II mempunyai layanan kesehatan yang lengkap, seperti UGD, Apotik, ECG, USG, Laboratorium, Radiologi, 2 Kamar Bedah, ICU, Ruang Resusitasi, Ruang Konsultasi, Klinik Gigi, Klinik Mata, Ruang Pemeriksaan Pasien, dan 50 Ranjang Rawat Inap.

3. Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga

RSA selanjutnya berasal dari Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya. Berdiri sejak tahun 2017, para kru memulai perjalanan medis rumah sakit itu dari Pulau Bawean, kemudian berlanjut ke Pulau Kangean, Kalimas Surabaya, Pulau Sapeken, dan lainnya.

Selama pelayarannya, RSTKA sudah membantu 16.000 pasien poli umum, ribuan operasi bedah, mengunjungi 69 pulau, dan mempunyai ribuan relawan. Bahkan, ada beberapa bayi yang dilahirkan di sana dan diberi nama ‘Ksatria Airlangga’ sebagai wujud rasa syukur mereka. Keren banget, ya?

Manfaat Makan Pedas Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Diet!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

Sumber:

https://rstka.id/tentang-kami/

https://www.doctorshare.org/program-jangka-panjang/rs-apung-nusa-waluya-ii

https://www.doctorshare.org/program-jangka-pendek/rs-apung-dr-lie-dharmawan