Manfaat Makan Pedas Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Diet!

Manfaat Makan Pedas Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Diet!

Ilustrasi makanan pedas | Freepik (KamranAydinov)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Tidak mengherankan jika Indonesia masih memasok kebutuhan rempah di luar negeri sejak dulu hingga saat ini.

Banyaknya macam rempah di negeri ini membuat hampir seluruh masakan di Nusantara memiliki rasa yang khas. Mulai ujung barat hingga timur Indonesia, masyarakat memanfaatkan kekayaan hayati ini sebagai penunjang bahan masak mereka.

Salah satu rempah yang umum sekali digunakan adalah cabai. Berbagai olahan berbahan cabai mampu diciptakan oleh masyarakat, bahkan terus dan akan tetap menjadi primadona.

Cabai menjadi salah satu bumbu masak wajib yang ada di berbagai olahan makanan. Tak heran jika mayoritas orang di negeri Zamrud Khatulistiwa ini gemar mengonsumsi hidangan pedas.

Nah, ada yang menganggap kalau makanan pedas dapat membantu meningkatkan mood, terutama bagi wanita. Banyak sekali hidangan pedas yang dijual bebas atau dapat dibuat sendiri di rumah. Apakah SohIB salah satunya?

rempah khas indonesia
Ilustrasi rempah-rempah khas Indonesia | freepik (freepik asset)

Beberapa bahan atau rempah yang dapat menghasilkan rasa pedas selain cabai adalah paprika, pala, dan merica. Bahan-bahan ini sering dipakai untuk menambah cita rasa pedas dalam masakan.

Berbagai macam nutrisi dapat ditemukan di dalam makanan pedas. Tentu saja ini sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan kita. Beberapa kandungan aktif seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan magnesium berperan aktif untuk menjaga tubuh agar tetap berstamina.

5 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Kita, Nomor 3 Belum Banyak yang Tahu

Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas

SohIB, ternyata memakan makanan yang bercita rasa pedas punya segudang manfaat, loh! Berikut manfaat makanan pedas bagi kesehatan, dikutip dari laman resmi halodoc:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan A yang terkandung di dalam cabai mampu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua jenis vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

2. Menjaga kesehatan jantung

Makanan pedas ternyata mempunyai kemampuan untuk memecah lemak dalam tubuh, loh! Hal ini berkaitan dengan penurunan potensi terjadinya kolesterol tinggi dan hipertensi, sehingga jantung dapat terjaga dengan baik. Wah! Mantap!

3. Meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus

Kandungan capsaicin atau zat bioaktif cabai yang menimbulkan rasa pedas membantu untuk menumbuhkan bakteri baik yang diperlukan di usus manusia. Bakteri-bakteri ini berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan.

4. Mencegah perkembangan kanker

SohIB, capsaicin dalam cabai lagi-lagi punya manfaat lain bagi tubuh manusia. Zat ini dapat membantu untuk menghambat bahkan mematikan pertumbuhan sel kanker. Uniknya, capsaicin ini hanya akan menghambat sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat lainnya. Bahkan, terdapat anggapan bahwa kamu bisa mencegah kanker dengan mengkonsumsi makanan pedas. Unik, ya!

5. Menurunkan berat badan

Manfaat yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Capsaicin dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membantu untuk memecah lemak. Pecahan lemak ini akan membentuk energi yang digunakan untuk beraktivitas.

Nah, menariknya, kandungan aktif capsaicin turut membantu untuk menurunkan nafsu makan dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, loh! Cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, nih, SohIB!

Kiat Sehat dalam Menyantap Makanan Cepat Saji

Efek Samping Mengonsumsi Makanan Pedas yang Berlebihan

Dibalik segudang manfaat yang baik untuk tubuh, makanan pedas juga bisa berdampak buruk jika kamu memakannya dalam jumlah yang tidak wajar.

Salah satu efek samping yang bisa terjadi jika mengonsumsi pedas berlebihan adalah diare, terutama bagi kamu yang memiliki perut sensitif. Selain itu, jerawat, eksim, insomnia, dan iritasi tenggorokan juga bisa menghantui kesehatan SohIB jika terus mengonsumsi santapan pedas berlebihan. Waduh!

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, ya, SohIB. Jaga kesehatan dan jangan lupa jaga pola makan, ya!

 

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-makanan-pedas-dan-risiko-kesehatan-yang-mengintai

https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-dan-bahaya-makanan-pedas-untuk-kesehatan