3 Rekomendasi Buku Bacaan Wajib bagi Mahasiswa Baru Sejarah, Apa Saja?

3 Rekomendasi Buku Bacaan Wajib bagi Mahasiswa Baru Sejarah, Apa Saja?

3 Rekomendasi Buku Bacaan bagi Mahasiwa Baru Sejarah | Pexels (Maisie Kane)

Buku merupakan salah satu hal yang tidak akan bisa dilepaskan dari dunia akademik perkuliahan, apalagi bagi SohIB yang menekuni bidang ilmu sejarah.

Ilmu sejarah erat kaitannya dengan penulisan narasi dari sebuah peristiwa yang biasanya diwujudkan dalam bentuk buku maupun artikel jurnal.

Banyak hal yang bisa SohIB ketahui ketika membaca sebuah buku, mulai dari kejadian yang ada di masa lampau hingga pemikiran seorang penulis atau peneliti terhadap peristiwa tersebut.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap mahasiswa sejarah untuk rajin membaca buku agar bisa memahami berbagai konteks dari sebuah peristiwa di masa lalu.

Bagi SohIB para mahasiswa baru yang akan mulai mempelajari ilmu sejarah, berikut buku yang bisa dibaca sebelum menggeluti dunia perkuliahan.

Baca juga: Mari Kenali Empati, si Operator Kecil Hati

1. Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah

Buku pertama yang bisa dibaca oleh mahasiswa baru sejarah adalah Pengantar Ilmu Sejarah yang ditulis oleh Kuntowijoyo.

Bagi para mahasiswa baru, buku yang ditulis oleh guru besar Universitas Gadjah Mada ini bisa diibaratkan sebagai gerbang awal sebelum memahami ilmu sejarah lebih mendalam.

Dalam buku ini SohIB akan bisa mengetahui berbagai hal dasar dari ilmu sejarah, mulai dari pengertian hingga metode yang akan digunakan ketika melakukan penelitian di kemudian hari.

Pembahasan tersebut bisa menjadi pondasi awal bagi setiap mahasiswa sebelum melakukan sebuah penelitian sejarah.

Baca juga: Content Writer vs Copywriter, Apa Perbedaannya?

2. Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah

Buku kedua yang bisa SohIB baca masih berasal dari tulisan Kuntowijoyo, yakni Metodologi Sejarah.

Jika dalam Pengantar Ilmu Sejarah SohIB akan memahami tentang berbagai hal dasar sejarah, buku Metodologi Sejarah akan memberikan informasi yang lebih lanjut tentang ilmu ini.

Seperti namanya, buku Metodologi Sejarah akan memberikan pemahaman tentang metodologi dan batasan-batasan yang akan digunakan bagi seorang sejarawan dalam menulis sebuah tulisan sejarah.

Selain itu, dijabarkan juga beberapa pendekatan yang bisa digunakan dalam melakukan penulisan sejarah, seperti sejarah lisan, sejarah sosial, sejarah seni, sejarah politik, dll.

Hal ini bisa SohIB gunakan sebagai pemahaman awal sebelum menentukan tema tulisan yang akan ditulis untuk tugas akhir nantinya.

Baca juga: UMP 2024 di 38 Provinsi di Indonesia, Kalau Melanggar Ada Sanksi!

3. M.C. Ricklefs, Sejarah Indonesia Modern 1200-2008

Setelah memahami berbagai hal teknis dari ilmu sejarah dari dua buku sebelumnya, bacaan selanjutnya yang bisa dibaca oleh mahasiswa baru adalah Sejarah Indonesia Modern 1200-2008 karya M.C. Ricklefs.

Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Serambi ini merupakan terjemahan dari tulisan M.C Ricklefs dengan judul yang sama, yaitu A History of Modern Indonesia Since c. 1200.

Dengan membaca buku ini SohIB bisa memahami perjalanan panjang dari sejarah Indonesia, setidaknya dari periode 1200-2008.

Berbagai peristiwa penting yang terjadi di Indonesia, mulai dari masuknya agama Islam, perjuangan kemerdekaan Indonesia, hingga peristiwa reformasi 1998 dijelaskan dengan rinci dalam buku tersebut.

Selain membaca Sejarah Indonesia Modern 1200-2008, SohIB juga bisa memahami sejarah Indonesia dengan memahami buku lainnya, seperti Sejarah Nasional Indonesia dan Indonesia dalam Arus Sejarah.

Meskipun demikian, SohIB harus mengumpulkan beberapa seri dari buku tersebut karena baik Sejarah Nasional Indonesia dan Indonesia dalam Arus Sejarah dituliskan dalam beberapa edisi cetakan yang terpisah, berbeda dengan Sejarah Indonesia Modern 1200-2008 yang merangkum sejarah Indonesia dalam satu cetakan saja.

Itulah tiga buku wajib yang bisa dibaca oleh mahasiswa baru ilmu sejarah untuk menambah wawasan sebelum memulai bangku perkuliahan.

Terus membaca agar ilmu dan pengetahuan yang dimiliki terus bertambah ya, SohIB!