10 Provinsi Indonesia yang Masyarakatnya Berumur Panjang, Ada Daerahmu?

10 Provinsi Indonesia yang Masyarakatnya Berumur Panjang, Ada Daerahmu?

Angka harapan hidup di Indonesia meningkat | Sumber: Unsplash (Carles Rabada)

Beberapa negara di dunia dinobatkan memiliki masyarakat dengan harapan usia tertinggi di dunia, misalnya Jepang, Korea Selatan, Swiss, Norwegia, Italia, Vatikan, hingga Singapura.

Nah, dilansir dari GoodStats, menurut data yang dirilis World Bank pada tahun 2020, Indonesia memiliki Angka Harapan Hidup sebesar 71,91. Dengan jumlah tersebut, negara kita berada di peringkat ke-115.

Namun, kabar baiknya, Angka Harapan Hidup (AHH) penduduk Indonesia semakin meningkat, nih. Saat ini, rata-rata usia harapan hidup orang Indonesia per tahun 2022 adalah 60-75 tahun. Hal itu dipublikasikan dari Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS mencatatkan bahwan angka harapan hidup masyarakat kita sebesar 73,6 tahun pada 2022. Angka ini meningkat 0,1 tahun dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 73,5 tahun.

Akan tetapi, jika dilihat dari perkembangannya, angka usia masyarakat akan terus mengalami peningkatan di masa depan. Super banget!

Rahasia Orang Jepang Bisa Berumur Panjang, Hidup Sehat!

Barometer Penilaian Angka Harapan Hidup

Angka Harapan Hidup masyarakat Indonesia meningkat
Angka Harapan Hidup masyarakat Indonesia meningkat | Sumber: Indonesia Baik

FYI nih SohIB, jumlah penduduk dan angka harapan hidup penduduk setiap negara merupakan hasil estimasi yang merujuk pada data sensus yang dilakukan setiap negara.

Misalnya di Indonesia, ada Sensus Penduduk (SP) 2020 yang mengolah data-data ini. Estimasi tersebut memperhatikan perubahan tingkat kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk.

Selain itu, AHH adalah perkiraan rata-rata jumlah tahun seseorang dapat hidup sejak lahir. AHH juga merupakan metrik untuk menilai kesehatan suatu masyarakat. 

10 Provinsi dengan Masyarakat Panjang Umur

Di negara kita, tentunya angka harapan hidup penduduknya berbeda-beda di setiap daerah. Namun,  data Badan Pusat Statistik Nasional (BPS) menunjukkan bahwa angka harapan hidup masyarakat Indonesia terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ada 10 provinsi di Indonesia yang masyarakatnya rata-rata berumur panjang. Di mana saja?

  1. Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat sebagai provinsi dengan AHH tertinggi di Indonesia baik untuk laki-laki (73,28 tahun) maupun perempuan (76,93).
  2. Kalimantan Timur mencatatkan AHH 72,80 tahun untuk laki-laki dan 76,52 tahun untuk perempuan.
  3. Jawa Tengah dengan 72,71 tahun untuk pria dan 76,53 tahun untuk wanita.
  4. Jawa Barat meraih posisi ke-4 dengan 71,77 tahun untuk laki-laki dan 75,48 untuk wanita.
  5. DKI Jakarta menempati posisi ke-5 dengan angka 71,45 tahun pada laki-laki dan 75,22 pada perempuan.
  6. Kalimantan Utara dengan usia 70,70 tahun untuk pria dan 74,54 untuk wanita.
  7. Bali dengan 70, 69 tahun golongan laki-laki dan 74,53 tahun golongan perempuan.
  8. Sulawesi Utara untuk pria (70,16 tahun) dan wanita (74,04 tahun).
  9. Riau untuk pria (70,03 tahun) dan wanita (73,90 tahun).
  10. Jawa Timur memiliki usia 69,81 untuk laki-laki dan 73,71 untuk perempuan.
Provinsi dengan Angka Harapan Hidup tertinggi di Indonesia
Provinsi dengan Angka Harapan Hidup tertinggi di Indonesia | Sumber: Indonesia Baik
Masih Remaja Sudah Jompo? Kenali Penyebab dan Solusinya!

6 Rahasia Berumur Panjang ala Jepang

Sudah menjadi rahasia umum bila orang Jepang memiliki usia yang relatif panjang. CNBC Indonesia menyebutkan, salah satu kota di Negeri Sakura tersebut, yakni Okinawa, mempunyai penduduk centenarian (orang dengan usia di atas 100 tahun) tertinggi. Rata-rata usia mereka adalah 80-an tahun lo, SohIB!

Bahkan, di tahun 2022 lalu, Jepang melahirkan pencapaian tertingginya dalam populasi centenarian, yakni sebanyak 86.510 jiwa. Artinya, setiap 1.450 individu, ada satu orang yang usianya mencapai tiga digit tersebut. Wah, mengesankan sekali!

Nggak hanya itu, meskipun berumur lebih tua, produktivitas di negara ini tidak main-main. Tentunya semua orang tahu betapa disiplinnya mereka bekerja, bukan?

Lantas, apa sih, rahasianya agar mereka tetap berusia ‘awet’? Mari kita cari tahu bersama-sama!

  1. Mengonsumsi makanan sehat, berserat tinggi, dan seimbang nutrisinya.
  2. Membiasakan diri dengan berjalan kaki, sebab sama saja dengan olahraga setiap hari.
  3. Senantiasa beraktivitas produktif, tidak memandang usia. Oleh karena itu, masyarakat Jepang meskipun sudah memasuki lansia, masih aktif dan tubuhnya sehat.
  4. Senantiasa berpikir positif dengan menerapkan konsep Ikigai. Bagaimana cara menemukan kebahagiaan diri kita? Ikigai memperkenalkan 4 konsep dasar, yakni: temukan apa yang kamu cintai, cari yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita, lakukan sesuatu yang bisa menghasilkan pendapatan, dan keahlian apa yang kita kuasai.
  5. Mengonsumsi teh hijau yang terkenal kaya antioksidan dan mampu menangkal resiko penyakit berat.
  6. Konsep Hara Hachi Bun Me, yakni pola makan dengan mengajak orang-orang untuk makan tidak sampai kenyang, atau sekitar 80% saja.

Bagaimana menurutmu? Apakah rahasia-rahasia di atas bisa diterapkan pada diri sendiri mulai dari sekarang?

Layanan KB yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Gratis!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)