Manfaat Mengikuti Internship, Peluang Jenjang Karier?

Manfaat Mengikuti Internship, Peluang Jenjang Karier?

Internship bisa memberikan pengalaman profesional bagi mahasiswa | Sumber: Unsplash (Flipsnack)

Mahasiswa masa kini tentunya tidak asing lagi dengan program magang atau internship? Yup, dalam pengertiannya, magang artinya proses di mana seseorang menyerap ilmu dan kompetensi yang diperlukan dengan belajar di sebuah perusahaan atau industri secara profesional.

Karena perannya dianggap sangat penting, bahkan Kemendikbud Ristek sampai mengeluarkan kebijakan Kampus Merdeka dan juga magang bersertifikasi, lo!

Nah, saat ini banyak anak kuliahan yang rajin mengikuti program semacam ini. Sebenarnya, apa sih, manfaat dari join internship? Mengapa banyak mahasiswa yang tertarik dan berbondong-bondong mendaftarkan dirinya ikut magang setiap semester?

Intip 10 Cara Mudah Mulai Networking untuk Fresh Graduate

Meningkatkan Skill yang Sudah Ada

Rata-rata, peserta magang mengikuti program yang sesuai dengan minat atau jurusan kuliahnya. Itu artinya, kamu punya kesempatan untuk mengasah potensi yang sudah dimiliki agar menjadi lebih ahli.

Misalnya, SohIB adalah seorang desain grafis dengan keahlian di tools yang dasar. Nah, biasanya supervisi akan mengajarimu cara memanfaatkan alat tersebut secara lebih maksimal. Bahkan, kamu bisa menguasai tools tambahan yang tidak diajarkan di kampus.

Pelajari hal baru yang berguna bagi kariermu di masa depan
Pelajari hal baru yang berguna bagi kariermu di masa depan | Sumber: Unsplash (Mimi Thian)

Mempelajari Hal Baru

Poin ini mengindikasikan dua hal, yakni bisa kamu belajar keahlian baru yang masih relevan dengan passion atau malah SohIB benar-benar menemukan potensi lain yang sebelumnya belum pernah kamu pikirkan.

Inilah mengapa, terkadang mentor magang bisa memberikan anak intern-nya tantangan lain di luar yang biasa dikerjakan. Siapa tahu, sebetulnya kamu memang punya kemampuan di situ, tetapi belum terasah.

Menambah Relasi yang Profesional

Tentu saja, menambah relasi di lingkup yang profesional itu no debat! Bahkan, di hari pertama bekerja saja, lazimnya pemagang sudah dikenalkan dengan beberapa anggota tim dan supervisi yang akan menjadi ‘gurunya’ selama belajar.

Hal ini tentu akan bagus sekali, sebab networking kamu di lingkungan seperti ini bagus untuk menunjang pekerjaan di kemudian hari. Bukan tidak mungkin bila SohIB suatu saat mendapatkan rekomendasi bekerja dari orang-orang yang kamu temui itu.

Tips Membuat Artikel Opini yang Baik, Perkuat dengan Data!

Belajar Beradaptasi dengan Budaya Kantor

Setiap perusahaan punya budaya yang berbeda. Di kantor A misalnya, suasana kerjanya cenderung lebih friendly dan fleksibel. Berbeda ketika intern di kantor B yang sangat disiplin, harus berpakaian profesional, dan menerapkan jam kerja yang harus dipatuhi semua karyawan.

Apapun itu, jadikan sebagai media pembelajaran, ya! Ini dapat menjadi pengalaman berharga untuk mempelajari, lingkungan kerja seperti apa yang tepat bagi kita dan mampu membedakan mana yang sehat atau kurang nyaman.

Menghargai Perbedaan

Sama halnya dengan universitas, di kantor tempat kamu mengambil magang, tentunya akan bertemu dengan beragam orang dari asalnya, kebiasaan, posisinya, dan lainnya. Mampu menghargai dan beradaptasi dengan perbedaan itu penting sebagai softskill. Dan di sinilah momen yang tepat untukmu terbiasa dengan suasana tersebut.

Lingkungan kerja yang nyaman
Lingkungan kerja yang nyaman | Sumber: Unsplash (Lycs Architecture)

Berkesempatan untuk Mendapatkan Pekerjaan Tetap

Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan anak intern-nya sebagai pegawai tetap jika dilihat performanya selama magang di sana bagus. Oleh sebab itu, dengan adanya kesempatan ini, kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Aktiflah menjadi intern yang disiplin dan bersemangat. Tampilkan performa terbaikmu demi kemudahan mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Dapat Penghasilan Tambahan

Pemagang nggak hanya punya kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan relasi baru, tetapi juga penghasilan tambahan. Nominalnya bisa jadi tidak setinggi yang kamu harapkan, tetapi lumayan kan, untuk tambahan uang saku? Pada akhirnya, meng-upgrade kapasitas diri tidak tergantikan value dan tidak bisa dibandingkan dengan uang sekalipun.

Mengenal Polyglot, Si Pintar yang Menguasai Banyak Bahasa

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)