Penyakit dengan Klaim BPJS Kesehatan Terbanyak, Jaga Kesehatan, yuk!

Penyakit dengan Klaim BPJS Kesehatan Terbanyak, Jaga Kesehatan, yuk!

Stetoskop adalah salah satu alat kesehatan | Sumber: Unsplash (Hush Naidoo Jade Photography)

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melaporkan, bahwa beberapa penyakit diketahui ‘mengambil porsi’ klaim paling besar selama program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan.

Bahkan, diwartakan dari Indonesia Baik, 8 penyakit dengan klaim tertinggi ini menelan biaya sampai Rp24,06 triliun untuk 23,27 juta kasus sepanjang 2022, lo! Duh, apa saja?

Waspada, 6 Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan!

Penyakit dengan Klaim BPJS Kesehatan Terbesar

Penyakit dengan klaim BPJS Kesehatan terbesar
Penyakit dengan klaim BPJS Kesehatan terbesar | Sumber: Indonesia Baik

Berdasarkan data yang dihimpun dari Data Indonesia, inilah daftar 8 penyakit yang klaim BPJS Kesehatannya paling banyak di Indonesia:

  1. Jantung: 12.144 miliar rupiah untuk 15.495.666 kasus.
  2. Kanker: 4.501 miliar rupiah untuk 3.147.895 kasus.
  3. Stroke: 3.235 miliar rupiah untuk 2.536.620 kasus.
  4. Gagal ginjal: 2.156 miliar rupiah untuk 1.322.798 kasus.
  5. Hemofilia: 650 miliar rupiah untuk 116.767 kasus.
  6. Talasemia: 615 miliar rupiah untuk 305.269 kasus.
  7. Leukemia: 429 miliar rupiah untuk 146.162 kasus.
  8. Sirosis hati: 330 miliar rupiah untuk 193.989 kasus.

Jika dilihat dari daftarnya, penyakit yang menguras kantong BPJS Kesehatan terbesar adalah golongan penyakit berat dan berhubungan dengan organ penting tubuh, seperti jantung, ginjal, dan atau yang bersinggungan dengan darah.

Mendapatkan musibah sakit memang bukan pilihan kita. Namun, adalah pilihan kita untuk senantiasa berupaya dalam menjaga kesehatan. So, ada baiknya SohIB memproteksi diri dengan pola makan dan hidup yang sehat.

Cara Klaim Alat Kesehatan dari BPJS, Ini Detailnya!

Cara Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Cara menjaga kesehatan organ tubuh, mulai dari diri sendiri
Cara menjaga kesehatan organ tubuh, mulai dari diri sendiri | Sumber: Unsplash (Gabin Vallet)

SohIB, kebanyakan penyakit saat ini terjadi karena ‘kesalahan kita’ yang kurang memerhatikan kebutuhan tubuh. Tidak peduli dengan kebersihan makanan, asupan gizi yang masuk, malas bergerak, hingga tidak teratur dalam beristirahat turut memicu seseorang yang berbadan sehat menjadi sakit.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh!

1. Rajin Minum Air Putih

Siloam Hospitals menerangkan, air putih memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan ginjal. Sebab, selain tugasnya untuk menyaring darah, ginjal berhubungan dengan proses produksi urine. Sehingga, jika kita rajin minum air putih, maka proses pembuangan zat beracun pada ginjal bisa lebih maksimal dan beban kerja organ tersebut bisa lebih ringan.

2. Hindari Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang kurang baik untuk dilanjutkan. Sebab, aktivitas itu dapat menyebabkan berbagai penyakit berat yang berhubungan dengan jantung, paru-paru, ginjal, sampai kanker. Bahkan, kerusakan otak hingga kematian juga turut membayang-bayangi para perokok.

3. Rajin Berolahraga

Olahraga hampir tidak memiliki resiko yang buruk bagi kesehatan, selama dilakukan dengan aman, tidak berlebihan, dan lebih baik dalam pantauan ahli. SohIB dapat memilih jenis workout yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan diri, misalnya berenang, jogging, bermain basket, atau lainnya. Lakukan secara berkala dan nikmati perubahan besarnya yang positif.

4. Mengelola Waktu Istirahat dan Stres

Laman Direktorat Jenderal Kemenkeu menuliskan, manfaat tidur yang teratur sangat besar bagi tubuh. Sebab, tidur menjadi kunci dari tingginya kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, dan pengendali nafsu makan. Karena itu, perhatikan anjuran waktu tidur yang disarankan sesuai usia. Hindari aktivitas yang akan membuatmu sulit atau terganggu jam tidurnya.

Tak lupa juga, jangan lupa untuk mengelola tekanan pikiran. Hal ini karena orang yang mengalami stres justru mudah terserah penyakit. Dalam dunia kesehatan, stres terbukti bisa mengurangi kemampuan hormon kortisol yang berperan dalam melawan peradangan dan penyakit dan mengganggu sistem imunitas.

5. Perhatikan Asupan Makanan Beserta Gizinya

Siapa pun pasti sepakat, bahwa jajanan masa kini kebanyakan tidak memerhatikan kaidah gizi makanan. Selama itu enak di lidah dan terjangkau, banyak orang justru mengabaikan kebutuhan tubuh yang satu ini. Padahal, harga ketika seseorang sakit bisa lebih mahal daripada ketika dia makan, lo!

Oleh karena itu, lebih baik mulai dari sekarang, SohIB tahan hawa nafsu untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan, seperti mengandung pemanis yang tinggi, gorengan, atau dari tepung-tepungan yang tinggi kalori. Seimbangkan asupanmu dengan yang berserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan. Sesekali jajan sih, boleh-boleh saja. Namun, jangan jadikan itu sebagai kebiasaan untuk self-reward, ya.

Lebih Dari 90% Penduduk Indonesia Terlindungi dari BPJS Kesehatan, yuk, Daftar!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)