Ujian Praktik SIM C Diubah, Makin Mudah?

Ujian Praktik SIM C Diubah, Makin Mudah?

Pembuatan sim c ada perbaruan | Sumber: Unsplash (Visual Karsa)

Tahukah kamu jika ujian praktik untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C mengalami beberapa perubahan? Yup, Korlantas Polri telah memberlakukan alih bentuk tersebut sejak tanggal 7 Agustus 2023. Lalu, apa saja materi ujian praktik pembuatan SIM C yang paling baru? Sini, cek artikel di bawah, ya!

Perubahan Ujian Praktik SIM C

Indonesia Baik menuliskan, uji praktik SIM untuk pengendara motor ini diubah dari yang tadinya ada 5 materi, menjadi 4 materi. Adapun 4 ujian tersebut adalah uji pengereman atau keseimbangan, uji u-turn, uji letter S, dan terakhir uji reaksi rem menghindar.

Untuk lebih detailnya, inilah perubahan materi ujian praktik SIM C:

  1. Ada perubahan dari yang tadinya lintasan, kini menjadi sirkuit.
  2. Materi yang paling sering dikhawatirkan peserta ujian, yakni mengendarai motor secara zig-zag atau slalom, sudah ditiadakan.
  3. Materi tes angka 8 diubah menjadi letter ‘S’ (dilakukan serempak di 468 Satpas di seluruh Indonesia).
  4. Ukuran lebar lintasan menjadi lebih lebar, dari yang tadinya 1,5 kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 kali.
ujian sim c terbaru
Ujian SIM C terbaru | Sumber: Indonesia Baik
Intip Cara Perpanjang SIM Secara Online, Langsung Sat Set 

Apa Saja Materi Tes Ujian SIM C?

Well SohIB, namanya juga ujian, tentu saja kalau kita diberikan kisi-kisi materinya, akan jadi semakin mudah, bukan? Untuk itulah, kamu harus mengetahui apa saja skema ujian praktik SIM C terbaru.

Untuk lintasan yang berubah menjadi sirkuit, nantinya peserta harus melewati tiga lintasan lurus ditambah dengan lima area berbelok. Nah, di salah satu lintasan belokan itu, akan ada yang berbentuk huruf ‘S’.

Lalu, kamu juga akan menemukan uji pengereman di sirkuit dengan lintasan 20 meter dan jarak antarpatoknya adalah 2,5 meter. Nggak hanya itu, peserta ujian juga akan menjumpai uji kemampuan berbelok di bagian u-turn yang panjang lintasannya mencapai 10 meter.

Penguji telah menyediakan lintasan sepanjang 2 meter untuk tikungan saat berbelok dan jarak antarpatoknya adalah 3 meter.

Ujian terakhir adalah uji reaksi rem menghindar yang dilaksanakan pada sisi lintasan lurus dengan panjang 1,6 meter, panjang lintasan 4 meter, dan jarak antarpatoknya 3 meter.

Denah lintasan ujian SIM C
Denah lintasan ujian SIM C | Sumber: Indonesia Baik
Cara Membuat Sertifikat Elsimil, Mau Menikah Wajib Tahu!

Faktor Penting Kelulusan Ujian SIM C di Indonesia

Dilansir dari laman Vice, pada tahun 2021 lalu, Kepala Sub-Direktorat SIM Polri, Kombes Djati Utomo, menyebutkan bahwa sebetulnya ujian berkendara motor yang diberikan oleh pihak kepolisian sudah disesuaikan dengan standar dan peraturan perundang-undangan, nih, yaitu sesuai dengan Perkap No. 9/2012 tentang SIM, pasal 62.

Indonesia Baik juga menuliskan, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirrigident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, mengatakan posisi zig-zag dan angka delapan yang dilakukan saat ujian SIM digunakan untuk melatih kepekaan reflek pengendara jika menghadapi kecelakaan di jalan. Jadi, bukan tanpa alasan, ya!

Mengapa Kita Bisa Gagal Ujian Pembuatan SIM C?

Materi ujian SIM C
Materi ujian SIM C | Sumber: Indonesia Baik

Ada banyak alasan mengapa peserta ujian SIM C bisa gagal ketika pengetesan keterampilan motor SIM C. Di antaranya adalah kamu kurang memahami aturan yang berlaku, menurunkan kaki di ujian yang dilarang, mengerem di materi uji yang dilarang, atau jatuh dan menyentuh patok materi tes.

Intinya, SohIB memang akan benar-benar diuji tak hanya pengetahuannya soal rambu-rambu lalu lintas dan dan kelengkapannya, tetapi juga skill bermotormu. Ingat, ilmu tanpa praktiknya kan, bagaikan lampu tanpa cahaya. Kurang lengkap dan manfaatnya tidak terlalu luas. Betul tidak?

Beli Kendaraan Listrik Dapat Subsidi dan Intensif, Cek Faktanya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)