Mengenal Museum Penerangan, Belajar Sejarah Perjuangan Indonesia

Mengenal Museum Penerangan, Belajar Sejarah Perjuangan Indonesia

Tampak depan gedung MUSPEN di tahun 2020 | Sumber: dokumentasi muspen

SohIB, sudahkah kamu mengunjungi Museum Penerangan? Terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Muspen adalah tempat edukasi tentang histori penyiaran komunikasi dan media di Indonesia. Beragam benda, ratusan alat komunikasi dari masa ke masa, dan diorama bersejarah ada di sana, loh! Bila SohIB tertarik untuk berkunjung ke sana sembari berakhir pekan, simak artikel ini untuk menambah informasimu!

Museum Penerangan, Sarana Belajar Sejarah Komunikasi di Indonesia

Diinformasikan dari Direktori Pariwisata yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Museum Penerangan adalah salah satu media untuk  mengumpulkan, mempelajari, menggelar, dan merawat objek sejarah penerangan dan komunikasi, sekaligus merupakan media komunikasi masa keenam setelah tatap muka, radio, TV, film dan pers.

Pada perayaan Harkitnas ke-105 dan ulang tahun Museum Penerangan ke-20 tahun 2013, Kepala Pusat Museum Penerangan, Lukman Hakim mengatakan bahwa Muspen didirikan untuk memberikan gambaran tentang kehidupan dan negara indonesia melalui sejarah perjuangan penerangan di negara kita.

"Saya mengajak dan menghimbau masyarakat untuk lebih mencintai museum sebagai tempat peninggalan sejarah bangsa. Bangsa yang besar adalah mereka yang tak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri," kata Lukman, seperti yang dikutip dari Kominfo.

Indonesia Baik Adakan Workshop Series 2, Berkolaborasi dengan Museum Penerangan

Untuk Apa Muspen Didirikan?

Bagian pers dan grafika di Muspen
Bagian pers dan grafika di Muspen | Sumber: dokumentasi MUSPEN

Berdasarkan buku profil Museum Penerangan yang diterbitkan tahun 2022 lalu, bangunan tersebut memiliki tugas pokok sebagai tempat pelaksanaan pelestarian dan pelayanan kepada masyarakat tentang benda bernilai sejarah dan ilmiah di bidang komunikasi dan informatika.

Lebih spesifiknya, berikut adalah tujuan Museum Penerangan berdiri!

  1. Penyusunan program pelestarian benda bernilai sejarah dan ilmiah di bidang komunikasi dan informatika;
  2. Pelaksanaan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat mengenai benda bernilai sejarah dan ilmiah di bidang komunikasi dan informatika;
  3. Pelaksanaan sarana diseminasi informasi;
  4. Pelaksanaan konservasi dan restorasi benda bernilai sejarah dan ilmiah di bidang komunikasi dan informatika;
  5. Pelaksanaan urusan penyusunan rencana, program, evaluasi, laporan, dan kerja sama, serta urusan tata usaha, keuangan, kepegawaian, perlengkapan, dan rumah tangga, serta hubungan masyarakat.

Bangunan Museum Penerangan yang Penuh Makna

Eh, tahu tidak SohIB, di balik desain arsitektur gedungnya yang sangatlah unik, ternyata gaya tersebut dibuat demikian karena mempunyai maknanya tersendiri, lo! Diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto dan disahkan oleh Presiden Soeharto di tahun 1993, bangunan ini berbentuk bintang bersudut lima, yang merupakan representatif dari Pancasila dan lima unsur penerangan.

Bagian puncak gedungnya berbentuk silinder dengan menara antena, sebagai gambaran untuk kenthongan (unsur penerangan tradisional) dan menara antena (unsur penerangan modern).

Selain itu, di halaman depan museum, terdapat sebuah tugu yang tampak menyangga lambang penerangan, sebagai simbol dari “Api nan Tak Kunjung Padam”. Tugu ini dikelilingi oleh lima patung juru penerang (Jupen) dan air mancur.

Sejarah Gedung Sate di Bandung: Bangunan Ikonis yang Sudah Berusia Lebih dari 100 Tahun

Adanya pertemuan antara air dari atas tugu dengan air yang memancar dari bawah, mendefinisikan bahwa ada hubungan timbal balik antara pemerintah, masyarakat, dan media massa. Wow, maknanya dalam banget, ya!

Museum Penerangan terdiri dari tiga lantai, di mana menjadi simbol dari “masa lalu, masa kini, dan masa depan.” Setiap lantai menyimpan berbagai koleksi bersejarah yang berkaitan dengan media informasi dari sejak kemerdekaan Indonesia, misalnya diorama operasional penerangan, mesin ketik huruf Jawa, berbagai relief, sampai studio mini RRI, TVRI, dan PFN.

Oiya, di antara ratusan benda bersejarah itu, terdapat koleksi sumbangan dari tokoh-tokoh nasional Indonesia, seperti Adam Malik, Ismail Marzuki, dan Djamaludin Adinegoro. Pihak pengelola menempatkan barang-barang tersebut di ruang istimewa. Namun, peran dan partisipasi masyarakat luas tentu diperlukan dalam mengembangkan tempat ini.

Salah satu sudut Museum Penerangan
Salah satu sudut Museum Penerangan | Sumber: dokumentasi MUSPEN

Berkunjung ke Museum Penerangan Bisa Setiap Hari

Jika SohIB membuka website Museum Penerangan, di sana akan tercantum beragam informasi penting yang bisa kamu dapatkan mengenai tempat ini. Misalnya virtual tour, jadwal event yang diselenggarakan di Muspen, koleksi-koleksi yang tersedia, hingga melakukan reservasi online sebagai pengunjung.

Btw, Museum Penerangan dibuka setiap hari ya, dari SeninーMinggu, pukul 09.00ー15.00 WIB. Pengunjung tidak akan dibebankan biaya masuk karena gratis. Kamu hanya perlu membuat pemesanan daring yang tersedia di laman Muspen dan mengisi data sesuai yang diminta, yakni nama, nomor telepon, jumlah peserta, e-mail, dan nama instansi. Jangan lupa, pastikan bahwa tanggal kunjungan yang SohIB pilih sudah benar, ya.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengecek Museum Penerangan dari berbagai media sosial mereka, yaitu Instagram, TikTok, Twitter, website, Facebook, dan YouTube.

Sejarah Penerangan di Indonesia

Museum Penerangan dibuka setiap hari
Museum Penerangan dibuka setiap hari | Sumber: dokumentasi MUSPEN

Adalah Ibu Tien Soeharto, sosok penting di balik terciptanya Museum Penerangan. Pada tanggal 20 April 1993, Presiden Soeharto meresmikan tempat tersebut untuk mengenalkan sejarah layanan informasi dan komunikasi Indonesia.

Dinamakan ‘penerangan,’ sebab pada proklamasi kemerdekaan, Kementerian yang berperan penting dalam penyebaran informasi positif tentang kemerdekaan Indonesia bernama Departemen Penerangan.

Lembaga tersebut dibentuk untuk menyelenggarakan penerangan melalui media penerangan (komunikasi), seperti radio, film, foto, percetakan, kendaraan, mesin stensil, dan mesin ketik. Intinya, mereka inilah yang akan menjadi wakil bicara pemerintah.

Dalam perkembangannya, institusi tersebut berganti nama beberapa kali. Hingga akhirnya, sejak tahun 2010 hingga sekarang, terbentuklah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Tugasnya pun semakin berkembang menyesuaikan era komunikasi terkini, termasuk merumuskan berbagai kebijakan yang berhubungan dengan telekomunikasi, penyiaran, layanan multimedia, dan diseminasi informasi.

Asyiknya Belajar Sejarah Indonesia di Ruang Imajinasi ImersifA Museum Nasional

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)