Wujudkan Indeks Desa Membangun, PKBM Ibnu Rusy Luluskan 28 orang Siswany

Wujudkan Indeks Desa Membangun, PKBM Ibnu Rusy Luluskan 28 orang Siswany

Pamplet kegiatan pelulusan PKBM Ibnu Rusy | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ibnu Rusy melaksanakan penyerahan ijazah Program Kesetaraan Pendidikan Paket A, B, dan C kepada 28 peserta dari 112 peserta Kelompok Belajar (Pokjar) Tagar Motekart kelas jauh PKBM Ibnu Rusy. Penyerahan tersebut berlangsung di Gedung Olahraga Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Senin (14/8/2023).

Berbagai pejabat dan perangkat desa hadir dalam acara penyerahan ijazah, yakni Ketua Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cigombong, Ketua Katar Desa Pasir jaya, Ketua Katar Tugujaya, Jabar Bergerak, Paguyuban RW se-Ciburayut, Ketua TP. PKK Ciburayut, Babinsa Ciburayut, dan staf Desa Ciburayut.

Penyerahan ijazah diberikan oleh Ketua Katar Kecamatan, Ketua Pokjar Tagar Motekart, dan Ketua TP. PKK Desa Ciburayut kepada 28 Peserta yang dinyatakan lulus oleh Lembaga penguji PKBM Ibnu Rusy di Desa Ciburayut. Mereka didampingi oleh Tubagus Akhmad K.B, ME, sebagai Ketua Yayasan Ibnu Rusy.

Selepas acara, Ketua Kelompok Belajar (Pokjar) Tagar Motekart, Belgi Al Huda, mengatakan bahwa pembelajaran saat ini sudah menggunakan sistem yang modern dan mengikuti kurikulum Merdeka Belajar. 

Ketua TP. PKK Desa Ciburayut menyerahkan ijasah kepada siswa PKBM Ibnu Rusy kelas jauh | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

“Saat ini, modul pelajaran telah dibagikan kepada seluruh siswa dan siswi Pokjar Tagar Motekart. Saat ini juga, pihak pengelola menyediakan 2 unit komputer untuk melatih siswa menguasai ilmu di bidang komputer internet serta melatih soft skill dalam bidang lainnya, seperti seni kriya, seni baca tulis Al Qur'an dan entrepneurship. Jadi setelah lulus dari sini, mereka siap terjun di dunia kerja maupun masyarakat ,” tutur pria yang biasa disapa Belgi ini.

Lebih lanjut pria tersebut menjelaskan bahwasannya membangun itu tidak melulu harus infrastruktur dan membangun sumber daya manusia (SDM) tidak kalah penting.

"Kita hadir dalam sektor pendidikan sebagai alternatif bagi mereka yang putus sekolah untuk dapat kembali bersekolah dan juga sebagai langkah guna memberikan kontribusi dalam sebuah pembangunan di wilayah Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor," tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Ibnu Rusy, TB. Akhmad, mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lulus sebanyak 28 orang. Walaupun sudah membuka kelas Paket A, B, dan C di Kecamatan Cigombong, sekolah yang dinaungi oleh komunitas Tagar Motekart dan Katar Cigombong tersebut masih dalam proses pelegalan dalam pembentukan PKBM di wilayah Kecamatan Cigombong. Apalagi dengan melihat besarnya minat warga belajar di wilayah ini.

Karena itu, untuk sementara, program pembelajaran Tagar Motekart masih menginduk kepada PKBM Ibnu Rusy, yang sudah terakreditasi B untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dan ujian.

Terima kasih atas dukungan serta antusias warga masyarakat yang telah menyambut baik program sekolah paket ini. Semoga dapat memberikan dampak terhadap pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup, serta berkelanjutan. Sehingga dapat terus membantu masyarakat yang putus sekolah.

“Kami membuka kelas di sini, tapi masih dalam proses ke legal dalam pembentukan PKBM di wilayah Cigombong, sehingga kami masih menginduk ke PKBM Ibnu Rusy. Secara Dapodik, siswa dan siswi itu masuk ke PKBM Ibnu Rusy, karena PKBM Rusy sudah terakreditasi B. Dalam proses ke legal itu, kami tetap menyelenggarakan ujian Selanjutnya soal keabsahan ijazah, nanti akan dikeluarkan oleh PKBM Ibnu Rusy. Mudah-mudahan ke depannya dari PKBM yang Tagar Motekart sendiri yang mengeluarkan ijazahnya, setelah terealisasi izin PKBM-nya,” tandas Akhmad.