Memulai Branding di Media Sosial, Begini Langkahnya!

Memulai Branding di Media Sosial, Begini Langkahnya!

Digital sebagai Media Penyebaran Kabar Baik | Sumber: Unsplash (Patrik Michalicka)

Memulai branding untuk media sosial kita memang gampang-gampang susah, tetapi bukan berarti SohIB nggak bisa melakukan hal tersebut, ya.

Dilansir dari Toffeedev, social media branding adalah sebuah proses menyamakan persepsi masyarakat terhadap produk, bisnis atau profil seseorang, sesuai dengan ekspektasi kita melalui sosial media.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Sebab, jika audiens salah memaknai pesan yang akan kita sampaikan atau tawarkan, maka apa yang SohIB upayakan akan sulit untuk mencapai keberhasilan.

AI Untuk Digital Marketing: Kegunaannya dan Rekomendasi Tools

Media sosial sendiri penting sebagai sarana pengenalan identitas tersebut. Sebab, dilihat dari statistiknya, pengguna berbagai platform sosmed memang mendominasi dan sangat menjamur.

Coba SohIB di sini, siapa yang tidak punya akun, minimal satu platform, seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan yang sejenis? Jarang sekali yang benar-benar bebas dari terpaan media sosial tersebut, bukan?

Dengan demikian, social media branding bisa menjadi senjata yang ampuh bagi perusahaan atau individu dalam memasarkan produk atau jasanya, karena bisa menjangkau pengguna secara luas.

So, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memulai branding di media sosial? Yuk, cari tahu di sini!

Temukan Main Idea

Langkah pertama yang perlu SohIB lakukan adalah menemukan ide utama tentang brand kita. Mulailah pertanyaan seperti, “Apa yang mau disebarluaskan oleh audiens? Apa yang mau kita lakukan?”

Semakin SohIB mampu memetakan main focus tersebut di awal, maka kamu akan lebih mudah menyusun strategi kampanye yang tepat untuk diterapkan. Ide yang sudah mengerucut bisa lebih fokus dan optimal. Step pertama ini seperti jika kamu menentukan tema tulisan sebelum membuat sebuah berita.

Tentukan Maksud dan Tujuannya

“Apa yang ingin calon konsumen rasakan, pikirkan, atau lakukan?”

Menentukan maksud dan tujuan mempunyai beberapa kepentingan, antara lain ingin memperkenalkan produk atau merek, promosi, meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand, dan atau membangun relasi dengan konsumen. So, bagaimana konten akan dibuat, inilah yang akan menjadi goals-nya.

SohIB Berkelas" TikTok Marketing: Membuat Konten TikTok untuk Pemasaran

Siapa Sasaran Pasar Kita?

Ketika SohIB sudah menemukan beberapa butir dasar dalam branding sosial media, kamu akan secara otomatis mulai membayangkan audiens yang cocok untuk kamu tuju. Kita perlu memahami poin ini dengan sangat detail, agar pendekatan kampanye akan berjalan sesuai dengan yang sudah divisikan.

Untuk lebih memahaminya, kamu bisa mencoba memposisikan diri seolah-olah kamu adalah audiens-mu sendiri. “Apa produk ini layak dibeli? Platform apa yang sesuai sebagai media ‘jual’ target pasar kita, dan lain sebagainya.” Perluas sudut pandang SohIB agar proyek tersebut tidak menjadi karya idealis semata.

Di Mana Media Distribusi Kontennya?

Konten bisa dikatakan sebagai garda depan agar identitas yang mau kita jual tersampaikan kepada masyarakat, sesuai dengan harapan kita. Oleh sebab itu, SohIB perlu mempelajari lebih lanjut lagi, misalnya karakteristik tipe pengguna media sosialnya seperti apa? Lakukan riset untuk menemukan jawaban ini. 

Jika sasaranmu adalah wanita berusia 40 tahun ke atas misalnya, mungkin lebih suka menggunakan Facebook. Atau laki-laki lebih senang berbelanja di Tokopedia. Jika ingin membagikan konten dalam bentuk teks, mungkin Twitter lebih disukai. Poin ini dapat membantu SohIB untuk membangun strategi pengenalan identitas lebih baik.

Form atau Bentuk Konten

Dari sini, kita mulai bisa menyesuaikan tipe kontennya sesuai dengan platform yang dipilih. Kalau kamu ingin mem-branding produk atau diri di Instagram, konten berbau audiovisual akan menjadi pemikatnya. Lalu, bagaimana dengan ukuran konten, style design, panjang durasi, dan lainnya, itu juga perlu diriset lagi. 

Bagaimana SohIB, sudah siap membangun branding di media sosial?

5 Pekerjaan Digital Marketing Selain Digital Marketer

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

Sumber:

https://sasanadigital.com/social-media-branding/

https://toffeedev.com/blog/ads/social-media-branding/#Mengapa_Social_Media_Branding_Penting