5 Makanan Tradisional Khas Jawa Timur, Ada yang Mendunia!

5 Makanan Tradisional Khas Jawa Timur, Ada yang Mendunia!

Makanan tradisional Indonesia | Freepik asset

Memiliki tanah dan alam yang subur, Indonesia didaulat menjadi negara dengan kekayaan rempah yang melimpah. Dari ujung paling barat hingga timur, banyak hasil alam yang digunakan masyarakat untuk menambah cita rasa olahan masakan.

Beberapa rempah khas Bumi Pertiwi, seperti lada, kayu manis, jahe, kencur, cengkeh, dan lainnya sudah menjadi primadona sejak dahulu. Bahkan, di era penjajahan, orang-orang dari luar negeri turut ingin menguasai pangsa pasar rempah Indonesia.

Olahan rempah-rempah tersebut menghasilkan makanan tradisional khas Nusantara yang sampai saat ini menjadi identitas bangsa. Berkat cita rasa yang luar biasa, tak ayal jika beberapa kuliner lokal merambah hingga menjadi favorit wisatawan mancanegara saat melancong di Indonesia.

SohIB, salah satu tempat dengan kekayaan kuliner tradisional yang lezat adalah Jawa Timur. Dengan puluhan kota dan kabupaten di dalamnya, provinsi ini memiliki beberapa makanan khas yang digemari sejuta orang.

Nah, apa saja olahan tradisional khas Jawa Timur yang selalu menjadi primadona di semua kalangan? Berikut 5 makanan tradisional khas Jawa Timur yang bisa kamu coba, mengutip dari laman Taste Atlas:

1. Soto Lamongan

ilustrasi soto
Ilustrasi soto | Freepik asset

Sesuai dengan Namanya, makanan ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Kuah kuning segar yang dipadu dengan potongan ayam dan perasan jeruk nipis menambah cita rasa otentik makanan ini.

SohIB, soto menjadi salah satu makanan Indonesia yang sangat mudah dijumpai di seluruh penjuru kota. Namun, ada satu ciri khas Soto Lamongan yang membuatnya berbeda dengan jenis soto lain. Soto ini menggunakan tambahan koya sebagai taburan dan membuat kuahnya menjadi lebih kental dan nikmat.

Fakta Tentang Rawon, Jadi Sup Daging Terenak di Dunia!

2. Pecel

pecel
Ilustrasi pecel | Freepik asset

Siapa, sih, yang tidak mengenal salad sayur lokal satu ini? Pecel dikenal sebagai salah satu makanan Indonesia yang sangat sehat karena berisi berbagai macam sayuran.

Sayur-sayuran yang digunakan biasanya adalah sayuran hijau segar seperti bayam, sawi, daun singkong, dan lainnya. Terdapat tambahan bahan lainnya, seperti tauge, timun, kemangi, tahu, dan juga tempe. Nah, yang membuat pecel semakin lezat adalah sambal kacang atau saus kacangnya.

FYI, nih, pecel didaulat menjadi salah satu salad terbaik di dunia versi Taste Atlas pada 2022, loh! Jadi laper, deh!

3. Rujak Cingur

rujak cingur
Rujak cingur khas Surabaya | Wikimedia Commons (Meutia Chaerani / Indradi Soemardjan)

Adakah di antara SohIB yang suka rujak? Salah satu jenis rujak yang sangat terkenal di Surabaya adalah rujak cingur. Rujak ini berbeda dengan jenis rujak umumnya karena menggunakan cingur (bagian mulut atau moncong sapi) sebagai bahan utamanya.

Jika kamu mengenal jenis rujak yang menggunakan buah, rujak cingur justru menggunakan sayur mayur yang direbus dan ditambah dengan sambal kacang. Uniknya, terdapat tambahan petis yang membuat cita rasa makanan Surabaya ini semakin nikmat. Tertarik mencoba?

4. Rawon

Rawon | Wikimedia Commons (Escapade)

Siapa, sih, yang tidak mengenal rawon? Olahan daging berkuah hitam ini lumrah ditemukan di warung maupun saat acara pernikahan.

Makanan asli Jawa Timur ini menggunakan daging sebagai bahan utama. Kuah hitam segarnya didapat dari buah kluwek yang merupakan tanaman lokal Indonesia. Rasanya yang segar sangat cocok disantap di cuaca yang dingin.

Kerennya, nih, SohIB, sama seperti gado-gado, rawon juga merupakan salah satu makanan Indonesia yang berhasil go international. Rawon didaulat menjadi salah satu olahan sup terbaik di dunia pada 2023 versi Taste Atlas. Wow, mantap!

10 Universitas Tertua di Indonesia, yang Mana Kampusmu?

5. Sate Madura

sate
Sate | Freepik (Jcomp)

Menyeberang sedikit ke arah Pulau Garam, SohIB akan menemukan makanan lokal Jawa Timur lainnya, yakni sate khas Madura. Sate ini berbeda dari sate pada umumnya karena dagingnya dipotong lebih tipis.

Dengan paduan saus kacang, sate ini menjadi makanan favorit banyak orang. Namun, sate ini mempunyai jenis penyajian yang berbeda, loh! Jika SohIB memesan sate ayam, maka bumbu saus yang digunakan adalah saus kacang. Sementara itu, penyajian sate kambing akan menggunakan kecap manis. Unik, ya?

Fakta Unik GAMA: Roket Pertama Indonesia

Selain itu, sate Madura lumrah disajikan bersama dengan lontong yang dibungkus dengan daun pisang. Lezatnya!

Itu tadi 5 makanan tradisional khas Jawa Timur. Selain enak, makanan-makanan asli Indonesia tersebut juga sehat. Jangan lupa dicoba, ya!

 

 

 

Referensi:

https://www.tasteatlas.com/east-java

https://www.tasteatlas.com/best-rated-food-in-east-java