Tokoh Bangsa yang Menerima Gelar Pahlawan Nasional 2023, Ada Siapa Saja?

Tokoh Bangsa yang Menerima Gelar Pahlawan Nasional 2023, Ada Siapa Saja?

Sertifikat gelar pahlawan | Sumber: Wikimedia Commons (Government of Indonesia)

Presiden Joko Widodo tahun ini kembali memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional 2023 untuk enam pejuang penting di Indonesia. Momen ini terjadi dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 tertanggal 6 November 2023, berikut adalah para pahlawan yang mendapatkan titel terhormat tersebut, SohIB!

Ida Dewa Agung Jambe dari Bali

Pahlawan pertama berasal dari Bali, yakni Ida Dewa Agung Jambe, seorang raja dari Kerajaan Klungkung tahun 1686. Beliau adalah penerus Kedinastian Gelgel yang gugur ketika Perang Puputan melawan Belanda tahun 1908.

Ida Dewa Agung Jambe diusulkan menjadi pahlawan nasional berkat kegigihannya dan semangat pantang menyerah yang ditunjukkannya ketika menghadapi musuh kolonial. Bahkan, Perang Puputan yang kini selalu diperingati sebagai ulang tahun Kota Semarapura itu disebut-sebut memiliki nilai moral untuk pembangunan kabupaten dan provinsi di Bali, khususnya pada bidang mental dan spiritual.

Ini Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan di Luar Negeri!
Pahlawan Nasional 2023 | Sumber: Indonesia Baik
Pahlawan Nasional 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Bataha Santiago dari Sulawesi Utara

Bataha Santiago adalah Raja Ketiga Manganitu yang berasal dari Sangihe Talaud. Dalam sejarahnya, Bataha adalah satu-satunya pemimpin Kepulauan Sangihe yang menolak perjanjian dagang dengan VOC Belanda dan justru malah menyatakan perang dengannya. Kala itu, VOC membahas beberapa hal, termasuk pelenyapan benda-benda yang tidak dikehendaki VOC. Bataha sangat teguh memegang prinsipnya meskipun dipaksa berkali-kali.

Menariknya, disebutkan bahwa Santiago sempat ditembak oleh regu tembak yang membela pemerintahan Belanda. Namun, upaya itu gagal. Konon, itu karena sang raja tersebut sakti dan tidak bisa ditembus oleh peluru. Karena itulah, Bataha Santiago lalu dihukum penggal.

Mohammad Tabrani dari Jawa Timur

Mohammad Tabrani Soerjowitjirto adalah seorang politisi dan jurnalis yang juga dikenal sebagai ‘Bapak Bahasa Indonesia.’ Tabrani menjadi pemimpin sejumlah redaksi harian, termasuk Pemandangan  dan Hindia Baroe, serta menjadi tokoh Jong Java.

Tabrani adalah lulusan sebuah universitas di Eropa jurusan Ilmu Jurnalistik, yang mana saat itu jarang sekali pemuda Indonesia yang mempelajari hal tersebut sampai ke luar negeri.

Selain menjadi pelopor dan ketua Kongres Pemuda I (kelak akan menjadi cikal bakal Sumpah Pemuda), berkat Tabranilah, bahasa Indonesia diusulkan menjadi bahasa pemersatu bangsa, alih-alih bahasa Melayu.

Singkatan Nama Pahlawan Indonesia, Udah Tahu Belum?
Pahlawan Nasional 2023 | Sumber: Indonesia Baik
Pahlawan Nasional 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah

Menjadi satu-satunya wanita yang mendapat gelar Pahlawan Nasional 2023, Ratu Kalinyamat adalah putri bupati di Jepara, Sultan Trenggono. Nama aslinya adalah Retna kencana, tetapi dipanggil “Kalinyamat” karena menikah dengan Pangeran Kalinyamat.

Wanita ini dikenal oleh bangsa Portugis sebagai pejuang perempuan yang sangat berani dan tidak mudah putus asa di kalangan Portugis dengan memimpin sejumlah pertempuran.

Kiai Haji Abdul Chalim dari Jawa Barat

KH Abdul Chalim merupakan tokoh dari Nahdlatul Ulama yang menjadi salah satu pengurus dalam kepengurusan pertama PBNU. Beliau disebutkan masih keturunan dari Sunan Gunung Djati. Ia dijuluki “Muharrikul Afkar” yang artinya sebagai penggerak dan pembangkit semangat perjuangan.

KH Abdul Chalim mengorganisasikan sejumlah ulama di Jawa dan Madura, untuk mencapai kemerdekaan tanah air. Dalam perjuangannya, pria yang merupakan anak dari seorang kepala desa itu turut bergerilya bersama para pejuang lainnya ketika perang 10 November 1945.

Kiai Haji Ahmad Hanafiah dari Lampung

Pahlawan Nasional selanjutnya berasal dari lampung. KH Ahmad Hanafiah namanya. Ia adalah tokoh dari Nahdlatul Ulama yang mempunyai peran signifikan dalam mempertahankan Indonesia dari jajahan musuh. Partai Masyumi dan Laskar Hizbullah adalah dua organisasi yang dipimpinnya. Selain itu, KH Ahmad hanafiyah juga turut melawan musuh pada agresi militer Belanda di Lampung tahun 1947.

Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Saatnya yang Muda yang Kreatif!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

 

#Makin Tahu Indonesia