5 Pekerjaan Digital Marketing Selain Digital Marketer

5 Pekerjaan Digital Marketing Selain Digital Marketer

Pekerjaan dunia marketing selain dunia marketer, apa saja, ya? | Sumber: Unsplash (Diggity Marketing)

Salam teknologi, SohIB! Berkembangnya era digital saat ini, turut berkontribusi dalam melahirkan berbagai bidang spesialis baru di ranah lapangan kerja. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media sosial dan internet sebagai jembatan antara seller dan buyer.

Pandemi COVID-19 menjadi salah satu pembangkit besar dibutuhkannya mereka yang bekerja di dunia digital marketing. Saat ini, profesi tersebut memang sedang naik daun. Dalam prosesnya, pemasaran dimulai dari pembuatan konten, pengelolaan media yang digunakan untuk eksekusi, hingga pemeliharaan marketing campaign yang sedang dijalankan. Goals-nya sendiri sudah jelas, tercapainya awareness akan brand kita oleh masyarakat dan adanya pemasukan dari produk yang kita tawarkan.

Secara teori, pekerjaan digital marketing memiliki berbagai komponen pendukung dan dikerjakan oleh beberapa orang yang ahli di bidangnya. Meskipun dalam praktiknya, masih banyak perusahaan yang menjadikan beberapa bagian ini dikerjakan oleh satu dua orang saja alias satu untuk semua. Memang, tugas-tugas pekerjaan tersebut sedikit banyak mirip dan saling berkesinambungan, SohIB. Nah, apa saja ya, profesi yang turut andil dalam digital marketing?

Social Media Specialist

Posisi yang satu ini bertanggung jawab dalam perencanaan dan pembuatan strategi campaign media sosial. Karena ranahnya berfokus pada konten dan medsos, profesi tersebut harus mampu mengetahui platform yang saat ini sering digunakan audiens dan sesuai dengan perusahaan, serta memahami langkah konten media apa yang menarik untuk mereka.

Social Media Specialist akan mengelola dan mempublikasikan post yang relevan dan melakukan optimasi agar meningkatkan daya tarik target kita. Oleh karena pekerjaan ini juga memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan pengunjung medsos, maka dibutuhkan orang yang paham betul dengan produk perusahaan, ramah, bisa persuasi, informatif, dan menyukai berita terkini alias social media savvy.

Baca juga: Prospek Bekerja Untuk Kamu Yang Jurusan Fisika. Apa Saja, ya?

Content Writer

https://unsplash.com/photos/hGV2TfOh0ns Photo by Domenico Loia on Unsplash
Sebagai content writer, perlu bagi kita untuk belajar kaidah kepenulisan | Sumber: Unsplash (Domenico Loia)

Seni seorang pelukis, terletak pada imajinasi dan kuasnya. Sedangkan seni seorang penulis, ada pada kata-katanya. Content writer adalah pekerjaan dengan job desk utama, yaitu menulis artikel dan mempublikasikanya ke website atau blog. Memiliki tujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung pada laman web, profesi ini harus mengetahui paling tidak dasar-dasar search engine optimization (SEO), kaidah kepenulisan, dan kemampuan manajemen waktu yang baik. 

Content writer harus bisa melakukan penyuntingan sendiri terhadap tulisannya, karena biasanya perusahaan tidak menyediakan editor untuk pekerjaan ini. Selain itu, bila sohIB tertarik dengan bagian ini, jangan lupa untuk terus up to date dengan perkembangan tren terkini karena dunia digital marketing sangat dinamis, ya!

Paid Ads Specialist

Keahlian yang satu ini akan memiliki tugas utama sebagai perancang, analisa performa iklan, penghitungan cost per click (CPC), dan pengelola strategi periklanan pada pemasaran digital. Saat ini, terdapat beberapa platform penyedia iklan online seperti Google AdSense, Youtube Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads.

Baca juga: 4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

Web Developer

SohIB menyukai tren terkini, per-digital-an, dan komputer secara bersamaan? Web developer bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu! Profesi ini merupakan programmer yang bertugas untuk membuat, menentukan layout dan tata letak yang baik, dan mengelola website perusahaan.

Pengembang website memiliki dua bagian tugas, yaitu front end developer dan back end developer. SohIB yang ingin berkecimpung di dunia ini, wajib memahami bahasa pemrograman, framework, maupun komponen-komponen pendukung dalam sebuah laman seperti server dan database.

Content Marketing

https://unsplash.com/photos/Tk9m_HP4rgQ Photo by Adem AY on Unsplash
Content marketing akan bekerja sama dengan banyak orang di berbagai divisi untuk menghasilkan konten yang optimal | Sumber: Unsplash (Adem AY)

Melakukan riset topik, membuat strategi konten, dan efektivitas lainnya adalah tugas seorang content marketing. Secara singkat, pekerjaan inilah yang akan menjadi nahkoda dari aktivitas marketing. Oleh karena itu, dalam praktiknya, ia akan bekerja sama dengan graphic design, content writer, hingga web developer agar konten yang dihasilkan optimal.

Demikian adalah beberapa pekerjaan yang masih bersinggungan dengan dunia digital marketing. Apakah SohIB memiliki list profesi lain untuk bisa ditambahkan? Komen di bawah, dong!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)