AI Untuk Digital Marketing: Kegunaannya dan Rekomendasi Tools

AI Untuk Digital Marketing: Kegunaannya dan Rekomendasi Tools

AI untuk digital marketing (Foto oleh ThisIsEngineering/ Pexel)

Teknologi artificial intelligence bisa SohIB manfaatkan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah pemasaran digital. Buat kamu yang ingin tahu cara penerapan AI untuk digital marketing, yuk perhatikan pembahasannya berikut ini!

Kegunaan AI Untuk Digital Marketing

Menurut InterconnectDATA, ada berbagai cara kecerdasan buatan bisa bermanfaat untuk pemasaran digital. Berikut ini adalah beberapa contohnya!

1. Melayani Pelanggan

Pernah tidak saat kamu membuka sebuah situs atau mengirim pesan ke suatu bisnis, lalu muncul kalimat otomatis menanyakan, “apa ada yang bisa dibantu?”.

Itu adalah salah satu robot AI yang bertugas untuk melayani pelanggan. Dengan begitu, kebutuhan pengunjung dapat terjawab segera. Jadi, admin tidak perlu membalas pesan secara manual satu per satu.

2. Beri Pengunjung Konten yang Relevan

Tahu tidak kenapa saat kamu buka tempat belanja daring, barang - barang yang SohIB biasa cari selalu muncul di paling atas beranda? Itu karena aplikasi atau situs tersebut menggunakan machine learning untuk mempelajari kebiasaan dan apa yang pelanggan sukai. Jadi, pebisnis tidak perlu melakukan riset secara manual untuk mencari tahu barang yang pelanggan suka.

3. Buat Konten Lebih Cepat dengan Bantuan AI

Kegunaan artificial intelligence untuk digital marketing yang paling populer adalah untuk buat konten lebih cepat. Contohnya adalah ChatGPT yang bisa kasih kamu ide konten berdasarkan perintah yang kamu tulis.

4. AI Untuk Digital Marketing Bantu Prediksi Tren

Dengan data yang dimiliki oleh AI, ia bisa membuat prediksi tren ke depannya. Misalnya, dikutip dari DEV, foto yang orang - orang bagikan di media sosial dapat AI pelajari untuk membuat prediksi mode. Keren banget, ya! Dari foto bisa jadi data yang bermanfaat untuk melihat tren di masa depan.

Sekarang, SohIB sudah tahu kegunaan kecerdasan buatan untuk pemasaran digital. Namun, tahu tidak rekomendasi alat yang bisa kamu pakai untuk merasakan manfaat di atas? Yuk, cari tahu di sini!

Rekomendasi Tools AI Untuk Digital Marketing

Ada banyak alat kecerdasan buatan yang bisa SohIB pakai untuk mengerjakan projek digital marketing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jasper.ai

Buat kamu yang butuh pencerahan untuk membuat caption, artikel, konten media sosial, atau email marketing, Jasper.ai bisa membantumu. Dengan model GPT3 dari ChatGPT, konten yang dihasilkan Jasper akan terlihat natural dan humanis.

Untuk memakai alat ini, kamu harus membayar $20 untuk paket pemula dan $82 untuk mode bos. Bagaimana, tertarik buat coba?

2. Notion

Biasanya, SohIB membuat manajemen tugas di mana? Kalau kamu masih buat di catatan biasa, coba deh, pindah ke Notion. Di sini, kamu bisa buat konten kalender, konsep artikel dengan bantuan AI, dan kerja bersama teman. Jadi, SohIB bisa mengatur kerjaan dengan mudah.

Paket yang tersedia di Notion sangat beragam. Mulai dari yang gratis, organisasi, bisnis, hingga perusahaan besar pun ada. Kamu bisa melihatnya di situs resminya.

3. Canva

Alat desain satu ini pasti sudah pernah kamu pakai berkali – kali, bukan? Selain buat presentasi, SohIB juga bisa pakai Canva untuk buat konten media sosial berbentuk grafis dan video. Kerennya lagi, banyak elemen yang gratis. Jadi, kamu bisa pakai Canva tanpa harus beli paketnya.

4. Grammarly

Ingin buat caption atau artikel dalam bahasa Inggris, tapi masih takut salah tata bahasanya? Tenang, SohIB bisa pakai Grammarly buat cek kalimatmu. Tidak hanya itu, sekarang sudah ada Grammarly Go yang dibantu dengan artificial intelligence untuk memberi saran dan meningkatkan kalimat bahasa Inggrismu.

Itu dia beberapa kegunaan AI untuk digital marketing dan rekomendasi alatnya. Kemajuan teknologi ini sangat bagus untuk kamu manfaatkan dalam mengerjakan tugas kantor atau bisnis sendiri, tapi jangan lupa untuk terus asah kemampuan dan kreativitasmu! Jadi, SohIB tidak bergantung pada mesin.