Komunitas Liburan di Indonesia, Temukan Teman Jalan-Jalan Barumu di Sini!

Komunitas Liburan di Indonesia, Temukan Teman Jalan-Jalan Barumu di Sini!

Desa Panglipuran di Bali yang sangat eksotis | Sumber: Unsplash (Satria Setiawan)

Berlibur merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi semua orang. Namun, beberapa orang kesulitan untuk menemukan partner wisata yang satu minat. Nah, SohIB udah tahu belum, kalau di Indonesia, ada beberapa komunitas liburan yang memungkinkan kita untuk bertemu dan berlibur bersama orang baru.

Jenis komunitasnya pun bermacam-macam. Mau yang suka wisata yang sering dikaitkan dengan urban legend, ada! Ingin naik bus dengan teman baru sesama hobi, bisa! Ingin berjalan-jalan tapi low budget dengan tinggal di rumah sesama anggota anggota juga oke!

Sini-sini, Kak IBe kasih tahu 6 komunitas liburan di Indonesia yang direkomendasikan dari Kemenparekraf:

Diet Saat Liburan? Masih Bisa Konsisten, kok!

1. Jakarta Good Guide

Jakarta sebagai capital city di Indonesia tidak pernah berhenti menarik perhatian wisatawan domestik. Namun, tidak sedikit yang merasa gugup dan cemas karena kota tersebut tampak terlalu luas dan kebingungan memilih tempat wisata yang bisa disinggahi. Adakah SohIB yang merasa demikian?

Jika demikian, kamu perlu mengunjungi laman Jakarta Good Guide, nih. Di sini, mereka menyediakan pemandu wisata yang profesional dan berlisensi yang siap menemanimu berkeliling ibu kota dengan jalan kaki.

Btw, Jakarta Good Guide menerapkan konsep pay as you wish atau membayar sesuai kemampuan kita. Kalau kamu tertarik, silakan mengisi form di laman resmi mereka ya, SohIB.

2. Komunitas Historia Indonesia

Kamu yang suka liburan yang sarat edukasi dan nilai sejarah harus membaca poin kedua ini.

Komunitas Historia Indonesia didirikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai sejarah yang hampir terlupakan. Berbasis di Jakarta, Asep Kambali melahirkan organisasi ini pada tahun 2003.

Beragam kegiatan seru nan unik bisa kamu lakukan di KHI, tentunya yang berhubungan dengan tempat-tempat bersejarah di area Jakarta dan sekitarnya. Program mereka menarik untuk diikuti, seperti Napak Tilas Proklamasi, Historical Race, Walking Tour Soempah Pemoeda, hingga Night at The Museum atau menginap di museum. Mau mencoba?

Museum of the Linggarjati Negotiations di Kuningan
Museum of the Linggarjati Negotiations di Kuningan | Sumber: Unsplash (Mahmur Marganti)

3. Backpacker Nusantara

Seperti namanya, grup yang satu ini memungkinkan SohIB untuk keliling nusantara sembari backpacker-an bersama orang lain. Komunitas jalan-jalan tersebut sudah meluas hingga lebih dari 80 ribu anggota, loh!

Mereka secara aktif akan selalu memperbarui lokasi wisata yang sedang naik daun hingga informasi perjalanan ke luar negeri.

Organisir Liburanmu Dengan 8 Aplikasi Ini, Yang Hobi Travelling, Yuk Merapat!

4. CouchSurfing

SohIB ingin liburan dengan budget minim sekaligus menambah kenalan baru? Kamu dapat memanfaatkan komunitas yang sudah memiliki anggota sekitar 12 juta orang ini. CouchSurfing bahkan dapat memberikan rekomendasi tempat menginap yang sudah didaftarkan di kelompok mereka.

Btw, CouchSurfing berskala internasional. Sehingga kamu sangat mungkin untuk berkenalan dengan berbagai orang di seluruh dunia.

5. BisMania

Yang suka sama bus sini merapat! Sebab, ada komunitas pecinta bus terbesar di Indonesia dan punya ribuan anggota yang harus kamu join. Tak hanya saling berbagi informasi dan pengalaman seputar dunia bus, kamu juga berkesempatan untuk keliling destinasi wisata nusantara menaiki kendaraan ini. Kurang seru apa, deh?

Curug Telu Baturraden, Banyumas
Curug Telu Baturraden, Banyumas | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

6. Komunitas Wisata Mistis

SohIB suka liburan yang memacu adrenalin dengan mengunjungi tempat-tempat yang dianggap keramat? Well, Komunitas Wisata Mistis bukan berarti kita sedang mencari penampakan atau fenomena misterius.

Namun, justru mereka mengajak para anggotanya berpetualang dalam mempelajari sejarah dan meluruskan urban legend yang beredar di Indonesia. Menarik banget nggak, sih?

So, di antara beberapa komunitas rekomendasi Kemenparekraf, mana yang menurut kamu bisa dijadikan list menambah pertemanan sekaligus bersenang-senang? 2023 hampir habis, yuk jangan lupa nambahin wishlist!

Indonesia Jadi Destinasi Liburan yang Ramah Turis Muslim, Cek Faktanya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)