Intip 10 Cara Mudah Mulai Networking untuk Fresh Graduate

Intip 10 Cara Mudah Mulai Networking untuk Fresh Graduate

Networking untuk Fresh Graduate | Sumber: Freepik (rawpixel.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Selain CV dan portfolio, networking juga penting, lo! Sebagai orang yang baru lulus atau fresh graduate, networking membuka peluang untuk mendapatkan pengalaman baru. Baik untuk mencari rekan kerja maupun membangun karir. Pada dasarnya, networking adalah berkenalan dan berhubungan dengan orang baru untuk mengembangkan skill profesional dan kontak sosial.

Selain dilakukan secara profesional, networking juga bisa dilakukan secara kasual dan melalui media sosial. Nah, kira-kira bagaimana, ya, cara mudah memulai networking untuk fresh graduate? Daripada penasaran, langsung saja scroll ke bawah untuk mendapatkan jawabannya! 

1. Berteman dengan Siapapun

Memulai networking dengan membangun pertemanan
Memulai networking melalui jaringan pertemanan. | Sumber: Pexels (This Is Zun)

Sederhananya, arti dari networking tidak jauh dari definisi pertemanan. Sejak di bangku kuliah, kamu perlu mencoba berkenalan dan berteman dengan mahasiswa lain di luar jurusan ataupun fakultas. Tidak hanya itu, jelajahi juga komunitas, organisasi, atau perkumpulan lainnya hingga di luar kampus. Selain menambah wawasan dan teman baru, networking juga bisa membantu meningkatkan peluang mencari kerja melalui rekomendasi teman. 

2. Jadi Diri Sendiri

Saat berkenalan dengan orang baru, cobalah untuk jadi diri sendiri. Jangan berpura-pura menjadi orang lain untuk masuk ke lingkungan baru, sebab orang lain dapat merasakan energi yang kamu bawakan.

Tipsnya, kamu bisa memulai pertemanan itu senyaman mungkin dengan membuka topik-topik percakapan yang bisa mencairkan suasana. Ingat, kamu juga perlu berhati-hati dengan candaan yang sewajarnya. Selain itu, perhatikan juga lawan bicara, apakah dia nyaman atau tidak dengan perbincangan tersebut.

3. Mulai dari Orang Terdekatmu

Membangun networking dengan orang terdekat
Membangun networking dengan orang-orang terdekat di sekitarmu. | Sumber: Freepik (tirachardz)

Dalam networking, jangan lupa untuk mencari seseorang ataupun lingkungan yang benar-benar bisa mendorong agar kamu berkembang. Ini bisa berbentuk pertemanan yang positif dan saling mendukung. Kamu bisa melihat sekeliling pada orang-orang terdekat yang kamu anggap lebih berpengalaman. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk di Pertemanan yang Sering Dilakukan, Please Stop!

4. Jalin Networking dengan Tulus

Sebelum mulai networking, setiap individu pasti memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapai. Namun, cobalah untuk membangun pertemanan itu dengan tulus untuk mengenal dan mencari pengalaman baru. Singkirkan sejenak tujuanmu dan fokus pada proses mengenal satu sama lain. 

5. Kenali Value yang Kamu Punya

Networking memang penting, tapi kamu juga harus punya pendirian dalam nilai-nilai diri pendirian atau value. So, cobalah untuk menggali nilai-nilai penting yang kamu punya agar networking yang kamu bangun menjadi lebih berarti.

6. Ikut Komunitas

Ada berbagai cara untuk melakukan networking. Pertanyaannya, bagaimana cara mulainya? Tipsnya, kamu bisa mulai dari bergabung di komunitas. Namun sebelum itu, kamu perlu menggali minat ataupun hobi agar komunitas yang akan kamu ikuti sesuai dengan tujuanmu. Nah, ini bisa kamu lakukan dari mengikuti kelas, seminar, atau event lainnya.

7. Connect melalui Media Sosial

Networking dengan media sosial
Manfaatkan media sosial untuk memulai networking. | Sumber: Pexels (Tobias Dziuba)

Selain ikut komunitas, banyak yang mendapatkan teman via media sosial. Kamu bisa mengembangkan jejaring sosial dari sana. Kendati demikian, kamu perlu tetap berhati-hati. Jangan sembarangan mengajak bertemu temanmu di dunia maya yang tidak kamu kenal dengan baik.

Jangan lupa pula untuk membagikan konten-konten positif yang bisa memperlihatkan kompetensimu di media sosial. Tidak jarang orang mendapatkan kerja melalui media sosial karena melihat kreasi kontennya.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kecemasan saat Berinteraksi dengan Orang Asing

8. Jadi Connector

Dalam proses networking, ada beberapa situasi di mana kamu mendapat kenalan dari teman-temanmu. Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi connector networking ke orang lain. Dengan ini, koneksimu akan semakin meluas. 

9. Jangan Malu untuk Meminta Bantuan

Tidak semua orang nyaman dengan networking, apalagi untuk individu yang cenderung tertutup dan pemalu. Kalau kamu ingin mulai networking, tapi tidak nyaman dengan kesendirian, kamu bisa mengajak teman dekat untuk menjadi emotional support (pemberi dukungan dan rasa nyaman).

Selain itu, jangan sungkan untuk meminta bergabung ke jaringan pertemanan orang lain. Proses ini akan lebih mudah dan tidak canggung karena ada satu orang sebagai kunci yang bisa mengenalkan kamu dengan orang baru.

10. Jaga Hubungan

Membangun networking untuk fresh graduate
Teman kuliah ataupun sekolah adalah peluang untuk memasuki dunia karir. | Sumber: Pexels (Visual Tag Mx)

Sebagai fresh graduate, teman-teman kuliah merupakan salah satu aset terkuat untuk memasuki dunia karir dan membangun networking. Teman kuliahmu bisa menjadi salah satu orang yang merekomendasikanmu ke pekerjaan tertentu maupun menjadi rekan usaha di kemudian hari. Karena itu, kamu harus menjaga hubungan dengan teman kuliah maupun teman sekolahmu dulu. So, tetaplah terkoneksi dengan mereka.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Diterima Kerja Tanpa orang Dalam via LinkedIn

Bagaimana, sudah siap memulai networking? Memang ini bukanlah hal yang mudah. Namun, networking sangat penting terutama buat kamu yang baru memasuki dunia kerja. Semakin luas koneksi yang kamu miliki, semakin banyak peluang karir yang bisa kamu jelajahi. 

Kamu juga bisa memulai networking dengan bergabung di Komunitas Sohib. Di sini kamu akan mendapatkan banyak teman baru dari seluruh Indonesia. Selain itu, komunitas persembahan Indonesia Baik ini juga rutin mengadakan workshop dan pelatihan yang pastinya bermanfaat untuk mengembangkan skill-mu. Tunggu apa lagi, join sekarang, kuy!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah