Bentuk Tiket Fisik Kereta Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Bentuk Tiket Fisik Kereta Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

LRT di Indonesia yang semakin berkembang | Sumber: Unsplash (Anisetus Palma)

Happy weekday, SohIB!

Indonesia telah memiliki kereta cepat untuk jalur perjalanan Jakarta dan Bandung, namanya adalah Whoosh. Kereta Cepat Whoosh mengadaptasi teknologi dan sistem kereta api berkecepatan tinggi China serta bisa melaju hingga kecepatan 350 km per jam.

Whoosh melayani jalur Jakarta menuju Bandung dengan perkiraan waktu tempuh 56—44 menit. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan kereta api biasa yang lama perjalanannya sekitar 3—3,5 jam, bukan?

Beroperasi dengan 14 perjalanan, Whoosh melayani penumpang dari tiga stasiun menuju Stasiun Bandung, yaitu Stasiun Halim, Padalarang, dan Tegalluar. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menaiki kereta cepat ini sebesar Rp300 ribu dengan layanan KA feeder gratis.

Judi Online Merajalela, Ini lo, Bahayanya!

Cara Membeli Tiket Kereta Whoosh

Terdapat tiga cara yang bisa SohIB pilih untuk membeli tiket Whoosh. Kamu bisa menyesuaikan dengan mana yang menurutmu lebih mudah untuk mendapatkannya:

  1. Membeli secara daring melalui aplikasi ‘Whoosh Kereta Cepat’, Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.
  2. Membeli tiket melalui website ticket.kcic.co.id. Namun, harap diingat bila pemesanan tiket bisa dilakukan mulai H-7 sampai maksimal satu jam sebelum jam keberangkatan. Adapun untuk pembayarannya, SohIB bisa memanfaatkan berbagai kemudahan pembayaran seperti QRIS, dompet digital, transfer bank, kartu kredit, sampai dengan gerai retail. Kamu akan mendapatkan kode QR di sini, sehingga tidak perlu menukarkannya menjadi tiket fisik.
  3. Membeli tiket di Ticket Vending Machine yang tersedia di stasiun keberangkatan dengan QRIS. Kamu bisa memesan tiket Whoosh dari H-7 sampai 30 menit sebelum keberangkatan dan SohIB akan menerima tiket fisiknya.
Bentuk tiket fisik kereta Whoosh
Bentuk tiket fisik kereta Whoosh | Sumber: Indonesia Baik

Bentuk Tiket Fisik Kereta Whoosh

SohIB, kamu sudah tahu belum, seperti apa penampakan fisik Kereta Cepat Jakarta-Bandung? Sini-sini, cek di bawah!

Well, ketika kamu menerima tiket fisik Whoosh, di dalamnya kamu akan mendapatkan beberapa informasi penting, seperti:

  • Waktu keberangkatan
  • Stasiun keberangkatan
  • Nomor perjalanan
  • Nomor kereta dan kursi
  • Stasiun tujuan
  • Waktu ketibaan
  • QR Code ID penumpang
  • Kelas pelayanan
  • Nomor registrasi
  • Tarif tiket
  • Nama dan Nomor ID penumpang

Hal ini dimaksudkan agar penumpang bisa mengetahui dengan mudah informasi penting yang dibutuhkan, selain agar tidak ada kasus berebut kursi yang dikehendaki.

Namun, tentu saja mempunyai tiket versi QR Code Ticket mempunyai keunggulan yang dapat SohIB pertimbangkan. Sebab, kamu tidak perlu repot-repot mengantre di mesin pencetak tiket fisik yang mungkin memerlukan waktu lebih lama.

Btw, QR Code ticket berlaku hanya satu kali, ya, sesuai dengan informasi yang sudah kamu input. Kemudian, jika SohIB tetap menginginkan adanya tiket fisik, tiket versi digital-mu sudah tidak akan terbaca kembali.

6 Tanda Organisasi Kampus yang Kamu Ikuti Red Flags, Jangan Memaksakan Diri!

Fasilitas Penumpang Kereta Cepat Whoosh

Berdasarkan situs KCIC, kereta modern tersebut akan menghadirkan tiga kelas dengan kapasitas total mencapai 601 penumpang. Mereka juga menyediakan ruang khusus untuk difabel, pramugari, foot rest khusus di tiap kursinya, WiFi, dan fitur Cabin Noise yang lebih optimal dalam meredam getaran.

Arti Nama Whoosh

Pemilihan nama Whoosh tidak sembarangan lo, SohIB. Nama tersebut adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat. Sejalan dengan identitas kereta cepat ini bukan? Tak hanya itu, disebutkan juga kata “Whoosh” mirip dengan suara yang identik dengan lesatan kereta cepat.

Nah, untuk logonya sendiri, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) beberapa waktu lalu telah membuat sayembaranya melalui Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia. Ada tiga logo yang dijadikan calon pemenang. Masyarakat dapat memilih desain mana yang menarik.

Alhasil, logo berwarna merah dengan menyerupai huruf ‘W’ lah yang dipilih. Yang mendesain adalah studio desain Visious.

Menurut Indonesia Baik, logo dan jenama “Whoosh” diilhami dari efek riak kereta cepat dan secara langsung mendefinisikan manfaat besar kereta ini kepada masyarakat Indonesia. Warnanya yang kontras, mencolok, dan berkarakter tegas mengekspresikan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi masa depan.

Dengan demikian, visual logo tersebut akan membawa perubahan positif yang signifikan bagi kemajuan Indonesia.

Cara Membuat Paspor Anak, Mau Liburan Kemana, Nih?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)