Landmark Negara ASEAN, Wajib Masuk List Kunjunganmu!

Landmark Negara ASEAN, Wajib Masuk List Kunjunganmu!

Landmark dunia yang menyimpan historis mendalam | Sumber: Unsplash (Brandon Mowinkel)

Hai, SohIB!

Setiap negara pasti memiliki sebuah simbol yang menjadi ciri khas-nya untuk dikenal oleh masyarakat serta dunia. Ikon ini biasa disebut sebagai landmark. Simbol ini bisa berupa bangunan apa saja, misalnya tempat ibadah, jembatan, patung, menara, sampai gedung pencakar langit. Ia menyimpan nilai sejarah dan makna mendalam di balik keindahanya.

Di negara-negara yang tergabung dalam ASEAN sendiri juga mempunyai landmark memukau yang perlu kamu ketahui, nih. Apa saja?

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin (Brunei Darussalam)

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin | Sumber: Wikimedia Commons

Masjid ini merupakan masjid kerajaan Kesultanan Brunei yang letaknya di tengah ibukota negara Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan. Gaya arsitektur masjid tersebut terinspirasi dari mughal yang bergaya Renaissance, Italia. Tentu saja, karena perancangnya pun berasal dari negara itu.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin berdiri dengan megah di atas kolam buatan, di tepi sungai Brunei, Kampong Ayer. Yang lebih keren lagi, kubahnya terbuat dari emas murni, lo. Jika SohIB berkunjung di sini, kamu bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian melalui puncak menara yang bisa diakses dengan lift.

Dari Tari Geol Manis Sampai Jajanan Lokal, KTT Ke-43 ASEAN Penuh Ragam Budaya Indonesia

Trump Tower (Filipina)

Trump tower
The Trump International Hotel and Tower di Chicago | Sumber: Unsplash (Gautam Krishnan)

Di Makati, Metro Manila, terdapat sebuah bangunan yang menjulang tinggi yang baru dibuka tahun 2012 lalu. Yup, dari namanya, mungkin SohIB sudah bisa menebak bahwa gedung ini berkaitan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Trump Tower memang dikembangkan oleh Trump Marks Philippines, yang tak lain dan tak bukan adalah lisensi milik Donald Trump.

Monumen Nasional (Indonesia)

Monumen Nasional Indonesia
Monumen Nasional Indonesia | Sumber: Michael07 (English Wikipedia)

Jika SohIB menaiki KRL dari Stasiun Gambir atau Stasiun Gondangdia, maka kamu akan dengan mudah menjumpai sebuah menara yang tinggi menjulang dengan mahkota serupa dengan lidah api di bagian atas. Itulah Monas atau Monumen Nasional yang dibangun pada tahun 1961 atas perintah Presiden Soekarno.

Monas didirikan sebagai pengingat perjuangan rakyat Indonesia ketika merebut kemerdekaan dari zaman kolonialisme. Perancangnya adalah Friedrich Silaban, yang ‘ditemukan’ dari sayembara perancangan Monumen Nasional tahun 1955.

Angkor Wat (Kamboja)

Angkor Wat

Angkor Wat | Sumber: Wikimedia Commons (Bjørn Christian Tørrissen)

Angkor Wat adalah candi yang berlokasi di Siem Reap dan disebutkan sebagai candi yang paling terawat dan masih dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan keagamaan di Kamboja. Masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO, gugusan candi ini masuk sebagai salah satu lambang negara, tercantum dalam bendera resmi Kamboja, dan merupakan kebanggaan masyarakat di sana.

Pha That Luang (Laos)

Pha That Luang

Pha That Luang | Sumber: Wikimedia Commons (Aaron Smith)

Di Laos, ada sebuah candi Buddha besar berlapis indah yang sangat indah, namanya adalah Pha That Luang. Menurut sejarah nih, Pha That Luang sudah mulai dibangun pada masa abad ketiga oleh bangsa kekaisaran Maurya dan lima biarawan Arahata.

Pada perkembangannya, candi ini sempat dirampok berkali-kali oleh bangsa lain, sampai akhirnya sempat dihancurkan di tahun 1828 oleh invasi Thailand. Meskipun kemudian sempat diupayakan untuk direvitalisasi kembali oleh Prancis, tetapi usaha itu sempat gagal.

Menara Kembar Petronas (Malaysia)

Menara kembar Petronas
Menara kembar Petronas | Sumber: Wikimedia Commons (MichaelJ)

Disebut juga sebagai The Twin Towers sebab memang menara ini merupakan gedung pencakar langit yang kembar. Hingga tahun 2004, Menara Petronas masih dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia sebelum akhirnya burj Khalifa, Willis Tower dan Taipei 101 mengambil gelar tersebut.

Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Kuala Lumpur tidak pernah melewatkan berswafoto dengan menara ini, SohIB. Di dalamnya adalah kantor-kantor yang disewakan untuk berbagai perusahaan, termasuk Al Jazeera, Bloomberg, dan Microsoft. Kemudian, ada juga taman KLCC yang terkenal akan pertunjukan air mancurnya dan Suria KLCC sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar di negara melayu tersebut.

ASEAN-Indo-Pacific Forum Jadi Mitra Kerja Sama yang Saling Menguntungkan

Pagoda Shwedagon (Myanmar)

Pagoda Shwedagon

Pagoda Shwedagon | Sumber: Wikimedia Commons (Vyacheslav Argenberg)

Pagoda Shwedagon adalah sebuah pagoda berlapis emas yang ada di Yangon. Ia dianggap sebagai stupa Buddha paling suci karena menyimpan berbagai relik Buddha di masa lampau, termasuk beberapa helai rambut Siddharta Gautama, jubah Kassapa, dan tongkat Kakusandha. Pengunjung pagoda ini biasanya melakukan doa di sana untuk mengingat Dhamma Sang Buddha dan saling berbuat kebaikan.

Merlion (Singapura)

Merlion di Singapura | Sumber: Wikimedia Commons (Ank Kumar)
Merlion di Singapura | Sumber: Wikimedia Commons (Ank Kumar)

Merlion adalah sebuah patung singa laut yang sangat ikonik bagi turis-turis yang berkunjung ke Singapura. Ia berdiri dengan apik di seberang Fullerton Hotel, yang sebelumnya berada di Merlion Park.

Merlion juga menjadi merek dagang bagi oleh-oleh khas Singapura, seperti desain kaos, gantungan kunci, hingga lainnya. Merlion merupakan gabungan antara mermaid (ikan duyung) dan lion (singa).

Grand Palace (Thailand)

Grand Palace Bangkok
Grand Palace Bangkok | Sumber: Wikimedia Commons (Song Songroov)

Grand Palace adalah kompleks bangunan istana yang terletak di Bangkok, Thailand. Meskipun merupakan istana, raja di Thailand tidak lagi tinggal di bangunan tersebut, melainkan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan keagamaan, upacara istana, dan kantor pemerintahan. Jika SohIB menyusuri sungai Chao Phraya, kamu akan bisa melihat keindahan Grand Palace di tepiannya.

Landmark 81 (Vietnam)

Landmark 81 di Vietnam
Landmark 81 di Vietnam | Sumber: Wikimedia Commons (Christine und Hagen Graf)

Di kota Ho Chi Minh, ada sebuah gedung pencakar langit yang dibangun di tepi sungai Saigon. Namanya adalah Vinhomes Central Park Landmark 81 atau biasa disingkat sebagai Landmark 81. Simbol ini dibangun pertama kali tahun 2015 dan selesai berdiri di tahun 2018. Terbilang masih muda, ya?

KTT Ke-43 ASEAN 2023 Resmi Ditutup, Apa yang Menarik?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

 

#Makin Tahu Indonesia