Kota dengan Penduduk Terpadat di Dunia, di Mana Aja?

Kota dengan Penduduk Terpadat di Dunia, di Mana Aja?

Kepadatan penduduk di dunia | Sumber: Unsplash (tien vu ngoc)

Hey, SohIB, kamu tahu nggak, kalau pada bulan November 2022 lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat bahwa populasi manusia di dunia telah menyentuh angka hingga 8 miliar, lo. Tentunya, jumlah tersebut akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang. Bahkan, pada abad ke-22, diprediksi populasi dunia akan mencapai 10 miliar.

Namun, tentunya pertumbuhan penduduk nggak merata di setiap wilayah, sebab ada beberapa faktor yang memengaruhinya, termasuk juga adanya urbanisasi. Dilansir dari Goodstats, PBB menulis bahwa saat ini, sebanyak 55 persen populasi dunia tinggal di perkotaan.

Lantas, di mana saja ya, kota-kota yang mempunyai penduduk sangat banyak? Apakah Jakarta masuk ke dalam list tersebut? Tanpa berlama-lama lagi, inilah 5 kota yang penduduknya sangat tinggi kepadatannya!

Fakta Unik GAMA: Roket Pertama Indonesia

Tokyo, Jepang

Tokyo, kota yang tak pernah tidur
Tokyo, kota yang tak pernah tidur | Sumber: Unsplash (Jezael Melgoza)

Tokyo, sebagai ibukota dari Negara Sakura, menempati posisi teratas dengan angka 37,194 juta penduduk. Hal ini sebetulnya cukup mengherankan, pasalnya kota metro tersebut mengalami penurunan pertumbuhan penduduk sampai dengan 0,21 persen dari tahun 2022. Beberapa alasannya karena rendahnya kelahiran dan pernikahan pada generasi mudanya.

Btw, SohIB sudah mendengar belum, saking padatnya Tokyo, pemerintah Jepang sampai menawarkan imbalan uang pada warganya yang mau pindah ke kota lain. Pemberian tersebut kalau dirupiahkan setara dengan Rp118 juta per anak di dalam satu keluarga, per April 2023.

New Delhi, India

New Delhi dan kepadatan bangunannya
New Delhi dan kepadatan bangunannya | Sumber: Unsplash (Hakan Nural)

India, tepatnya di New Delhi, menjadi kota terpadat nomor dua secara global dengan jumlah penduduk hingga 32,94 juta jiwa. Dari sebuah laporan World Population Review, pada tahun 2001, pertambahan jumlah penduduk di ibukota India ini meningkat, didominasi oleh faktor kelahiran dan migrasi.

Nama Orang Indonesia Terpopuler, Ada Nama Kamu, Nggak?

Shanghai, China

Shanghai dan keindahannya jika dilihat dari pemandangan di atas
Shanghai dan keindahannya jika dilihat dari pemandangan di atas | Sumber: Unsplash (Zhou Xian)

Sudah menjadi rahasia umum jika China adalah salah satu negara yang jumlah penduduknya terbanyak di dunia. Tentu saja, jika berbicara tentang kota mana yang paling padat secara global, maka Shanghai bertengger di peringkat ketiga tidaklah mengagetkan. Di tahun 2023, Shanghai sebagai mempunyai total penduduk lebih dari 29 juta jiwa.

Disebut-sebut sebagai kota tersibuk di Tiongkok, kota ini mempunyai tingkat kemacetan yang sangat tinggi, melebihi Beijing sebagai ibukota. 

Dhaka, Bangladesh

Dhaka, Bangladesh | Sumber: Unsplash
Dhaka, Bangladesh | Sumber: Unsplash (Tanvir Islam)

Di kawasan Asia Selatan, ada kota Dhaka, di Bangladesh, yang mempunyai populasi hingga 23,20 juta penduduk. Dengan mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam, kota ini terletak di paling timur, dekat Teluk Benggala. Dhaka adalah pusat industri, bisnis, dan administratif di negara tersebut.

Sayangnya, berbagai masalah penduduk yang padat juga menghantui Bangladesh, dari kemacetan, tingkat kriminalitas yang tinggi, dan pengangguran.

São Paulo, Brazil

Sao Paulo, Brazil
Sao Paulo, Brazil | Sumber: Unsplash (Renan)

Brazil, tepatnya di São Paulo, menjadi kota terbesar dan juga terpadat dengan jumlah penduduk sebanyak 22,260 juta. Kota ini terkenal akan hutan beton dan hutan hujan Atlantik. Banyak spot eksotik yang bisa dipilih oleh para wisatawan yang berkunjung untuk diabadikan.

Namun, kamu perlu berhati-hati SohIB. Karena di balik keindahannya, São Paulo juga menyimpan sisi kelamnya, seperti kota yang tingkat kejahatannya tinggi dan reputasi buruk akan kekerasan seksual.

5 Pantai yang Terkotor di Indonesia, Ada yang Jadi Projek Pandawara Group

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

Sumber:

  • https://www.liputan6.com/health/read/2064638/sisi-kelam-sao-paulo-brasil?page=2
  • https://www.beautynesia.id/life/6-kota-ini-jadi-yang-terpadat-di-dunia-tahun-2022-ada-jakarta-nggak-ya/b-262172
  • https://www.jawapos.com/properti/012423844/daftar-10-kota-terpadat-di-dunia-dari-tokyo-hingga-mumbai
  • https://narasi.tv/read/narasi-daily/kota-terpadat-di-dunia