5 Pantai yang Terkotor di Indonesia, Ada yang Jadi Projek Pandawara Group

5 Pantai yang Terkotor di Indonesia, Ada yang Jadi Projek Pandawara Group

Ilustrasi pantai yang penuh dengan sampah | Sumber: Unsplash (Anastasia Nelen)

Sedih banget deh, kalau mendengar masalah sampah di lingkungan sekitar. Terlebih lagi, kebanyakan problem ini memang sudah mengganggu, baik dari segi pemandangan, kesehatan, hingga keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di sekitarnya. Nggak heran, isu sampah ini selalu menjadi list atas yang perlu banget dibenahi bersama. Bagaimana caranya agar kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan terus digalakkan.

Berbicara tentang tempat yang mudah tercemari sampah, pantai menjadi salah satu objek lokasi yang berpotensi menjadi ‘tempat pembuangan sampah’. Tentu saja, sebab pantai sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Bayangkan apabila orang-orang yang berlibur di sana kemudian tidak membuang sampah pada tempat yang disediakan. Dalam seminggu saja, apabila ada 20 orang dalam satu hari membuang sampah sembarangan, nggak heran lama-lama akan menjadi gunungan sampah bukan?

Berikut ini adalah 5 pantai yang didapuk sebagai pantai kotor di Indonesia. Namun, sepertinya salah satu di antaranya akan keluar nominasi nih, setelah beberapa waktu lalu menjadi clean up project Pandawara Group bersama warga dan institusi pemda setempat. Bisa tebak yang mana?

Pandawara Group Gerakan Anak Muda Tangguh Melawan Sampah

Pantai Marunda, Jakarta

Pantai yang satu ini masih terletak di wilayah Ibukota, tepatnya di muara Kanal Banjir Timur, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Kondisi pantai ini dikatakan sangat memprihatinkan, karena sampah yang berserakan sudah sampai memenuhi daratan. Dari sampah organik seperti kayu dan dedauan, hingga plastik kemasan yang sulit terurai, semuanya membaur menjadi satu.

Dilansir dari Tribun Jakarta, berdasarkan wawancara dengan seorang nelayan, sampah-sampah ini sebetulnya bukan berasal dari hasil buangan warga sekitar, SohIB. Hanya saja, ketika musim angin barat bertiup, ‘ampas’ tersebut terbawa hingga ke area Pantai Marunda. Bahkan, para nelayan juga mengeluhkan karena sampah sering tersangkut pada baling-baling kapalnya.

Pantai Sukaraja, Lampung

Baru-baru ini, sebuah movement dilakukan sekelompok pemuda dari Pandawara Group. Mereka mengajak warga Lampung bekerja sama dalam membersihkan Pantai Sukaraja yang disebut sebagai pantai terkotor nomor dua di Indonesia.

Nggak tanggung-tanggung, sebanyak 3700 volunter saling bergotong-royong untuk mengubah pantai yang letaknya di Jalan Ikan Selar ini menjadi pantai yang lebih bersih. Diwartakan dari berbagai sumber, dalam aksi yang berjalan selama dua hari ini berhasil mengangkut sekitar 300 ton sampah dan melibatkan hingga 50 unit truk pengangkut sampah.

Itu saja, Pantai Sukaraja masih memerlukan waktu dan tenaga untuk benar-benar memulihkan kebersihannya. Bisa dibayangkan betapa kotornya pantai ini?

Pantai Kuta, Bali

Lagi-lagi, sampah kiriman menjadi problem besar bagi salah satu tempat wisata terkenal dari Bali ini. Berdasarkan pantauan dari TikTok, banyak yang membuat konten tentang bagaimana kondisi pantai tersebut sejak tahun ini. Tidak sedikit ranting-ranting pohon dan plastik bekas kemasan makanan berserakan.

Namun, sebenarnya situasi itu tidak setiap bulan terjadi, melainkan pada beberapa waktu saja. Hanya saja, turis mancanegara dikabarkan sudah tidak ada yang berjemur di pesisir pantai saking kotornya. Duh, miris sekali!

Mengenal Urgensi World Water Forum 2024 bagi Dunia

Pantai Labuan, Banten

Ditilik dari TikTok Pandawara, Pantai Labuan di Banten pernah dikatakan sebagai pantai terkotor di Indonesia. Terlihat betapa banyaknya sampah yang didominasi oleh kemasan, plastik, hingga barang bekas rumah tangga.

Pada bulan Mei 2023 lalu, Pandawara Group juga telah mengajak masyarakat luas untuk turut dalam membersihkan Pantai Labuan. Setelah kampanye ini berhasil dijalankan, perubahan signifikan terlihat dari tempat tersebut.

Nggak hanya nyaman dipandang, tentu saja hal ini membawa dampak yang baik bagi kehidupan makhluk hidup di sekitarnya, baik di air maupun daratan. Uniknya, beberapa sampah tampak dibiarkan masih berada di pinggiran pantai sebagai antisipasi bila terjadi abrasi.

Pantai Cipta, Semarang

Pantai Cipta dulunya banyak dijadikan sebagai pilihan liburan bagi warga dan turis lokal ketika berkunjung ke Semarang. Selain itu, mereka senang memancing ketika berada di sini. Sayangnya, memori itu sudah berlalu. Sebab, pantai ini sekarang dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Banyak sampah berserakan, bahkan di antaranya ada bangkai ikan juga.

Yang lebih membuat sedih, kalau dilihat dari atas, disebutkan dari beberapa sumber, pantai Cipta seperti pantai yang berpasir warna-warni. Padahal, itu hanya karena beraneka rupa sampah yang tercampur dengan limbah lain. Hiks, kapan bersihnya ya, pantai ini?

Jika SohIB tinggal di sekitar pantai atau sedang berkunjung ke wisata alam seperti ini, yuk, jangan lupa jaga kebersihan! Bawalah tempat penampung sampah pribadi apabila tidak ada tempat pembuangan yang memadai ketia berada di sana. Intinya, menyayangi alam sama saja dengan menyayangi diri.

Kalau kata Pandawara Group ketika sedang membersihkan Pantai Sukaraja, “Ini bukan hanya tentang, tapi ini tentang Indonesia tercinta.”

Mengapa Dunia Krisis Air Bersih?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)