Nama Orang Indonesia Terpopuler, Ada Nama Kamu, Nggak?

Nama Orang Indonesia Terpopuler, Ada Nama Kamu, Nggak?

Anak indonesia sedang bercanda gurau | Sumber: Unsplash (Charlein Gracia)

Setiap orang pasti memiliki nama sebagai identitas diri. Tentu saja, nama diberikan dengan maksud sebagai doa yang baik bagi penerimanya, sehingga punya makna yang mendalam. Nah SohIB, kamu udah tahu belum, Indonesia Baik mewartakan bahwa dari data Forebears bahwa ada beberapa nama yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia di tahun 2022. Masing-masing berjumlah 10 orang untuk laki-laki dan perempuan. Duh, penasaran, nih!

Nama Populer di Indonesia Versi Perempuan

Forebears menuliskan, Siti adalah nama yang paling banyak digunakan sebagai nama wanita di Indonesia tahun 2022. Nggak tanggung-tanggung, orang yang bernama Siti mencapai 4,2 juta orang, lo. Artinya, setiap 60 orang pasti ada 1 orang yang namanya Siti. Wow banget!

Adapun, untuk nama lainnya yang juga menempati 10 posisi teratas nama perempuan terpopuler di Indonesia, yuk, simak berikut ini!

  1. Siti: 7,27 juta orang.
  2. Sri: 2,59 juta orang.
  3. Nur: 1,60 juta orang.
  4. Ni: 1,40 juta orang.
  5. Dewi: 735,7 ribu orang.
  6. Endang: 555,3 ribu orang.
  7. Maria: 477,4 ribu orang.
  8. Ida: 470,9 ribu orang.
  9. Nurul: 433,1 ribu orang.
  10. Wayan: 418,8 ribu orang.

Nama Populer di Indonesia Versi Laki-Laki

Adapun untuk nama laki-laki, berdasarkan data yang dihimpun dari Forebears dari Indonesia Baik, nama dengan antusiasme tertinggi di Indonesia dipegang oleh Muhammad. Sebanyak 1,9 juta orang mempunyai nama tersebut, lo. Bagaimana dengan nama yang lain yang juga ramai digunakan?

  1. Muhammad: 1,90 juta orang.
  2. Ahmad: 1,45 juta orang.
  3. Agus: 1,45 juta orang.
  4. Abdul: 1, 17 juta orang.
  5. Mohamad: 827,5 ribu orang.
  6. Haji: 798 ribu orang.
  7. Muhamad: 689,5 ribu orang.
  8. Ade: 649,6 ribu orang.
  9. Asep: 590,7 ribu orang.
  10. Slamet: 770, 7 ribu orang.
Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, Cek Daftarnya di Sini!

7 Nama Unik yang Pernah Viral di Indonesia

Setiap orang tua dalam memberi nama anaknya tentu mengandung doa yang terbaik. Namun, ada juga yang menamai buah hati mereka karena berkaitan dengan kejadian yang terjadi ketika kelahiran mereka atau terinspirasi dari sosok yang diidamkan. Nah, berikut ini adalah beberapa nama yang sempat viral di tanah air!

1. Andy Go To School

Melansir dari IDN TIMES, seorang warga asal Magelang, Jawa Tengah diketahui memiliki nama unik, yakni Andy Go To School. Namun, sepertinya hal tersebut bukanlah hal luar biasa bagi keluarganya. Sebab, pria yang berprofesi sebagai polisi tersebut diketahui masih mempunyai dua saudara yang tak kalah istimewanya, yaitu Happy New Year dan Rudi A Good Boy.

2. Satria Baja Hitam

Di masa lalu, sebuah serial terkenal dari Jepang, yakni Kamen Rider Black atau Ksatria Baja Hitam ramai digandrungi remaja, tak terkecuali di Indonesia. Mungkin saja, inilah yang menginspirasi sepasang suami istri dari Lampung Selatan yang menamai putra mereka dengan Satria Baja Hitam. Btw, nggak apa-apa banget, ya. Karena Kamen Rider sendiri diceritakan sebagai sosok pahlawan super yang berusaha menggagalkan konspirasi sekelompok orang jahat.

3. Selamet Dunia Akhirat

Seorang pria kelahiran Purbalingga diketahui memiliki nama yang tak biasa, yakni Selamet Dunia Akhirat. Berasal dari bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, makna nama tersebut bagus banget, loh, yaitu agar anak tersebut selamat dari urusan dunia dan juga akhiratnya. Bahkan, kata “Selamat dunia akhirat” sering digunakan dalam rangka penutup doa, agar yang didoakan atau sedang dalam majelis itu mendapatkan keselamatan

4. Honda Suzuki Impalawati

Yes SohIB, seorang pelajar dari Temanggung mempunyai nama yang nggak main-main, yakni Honda Suzuki Impalawati. Mirip dengan brand besar kendaraan, bukan? Kira-kira, mengapa orang tuanya memberikan nama unik ini, ya? Mungkin karena Honda dan Suzuki adalah raja merek besar di seluruh dunia, harapannya anak tersebut akan seagung kedua brand ini.

5. Royal Jelly

Di dunia kesehatan, royal jelly mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti penyembuh luka dan peradangan, menjaga kesehatan kulit, mencegah terjadinya penuaan di kulit, dan masih banyak lagi. Bisa jadi, hal tersebutlah yang diharapkan orang tua dari seseorang bernama Royal Jelly, yakni agar kelak ia bermanfaat bagi banyak orang. Duh, jadi terharu, ya?

UMP 34 Provinsi Terbaru di Indonesia, Bisa Menabung Banyak, nih!

Mengapa Orang Indonesia Memberikan Nama yang Unik untuk Anaknya?

Well SohIB, Indonesia berasal dari berbagai budaya dan kepercayaan. Sehingga, terkadang hal tersebut juga mempengaruhi individu hingga kelompok tertentu dalam pemberian nama bagi buah hati. Setidaknya, inilah 5 alasan orang tua di Indonesia memilihkan nama bagi anak-anaknya:

  1. Nama tersebut memang memiliki arti yang baik dan menjadi harapan untuk masa depannya kelak.
  2. Mengagumi sosok yang menginspirasi mereka, misalnya penamaan dari nama presiden, seniman, pahlawan revolusi, hingga sosok yang fiksi atau tidak nyata.
  3. Ada orang tua yang menamai anaknya sesuai dengan apa yang sedang terjadi ketika sang anak tersebut lahir atau mendekati kelahirannya. Sebagai contoh, dinamai Fitri atau Ramadan karena lahir bertepatan saat bulan puasa atau Septi karena lahir di bulan September.
  4. Diambil dari bahasa asing dan mempunyai makna indah. Oleh sebab itu, nggak heran jika SohIB melihat ada banyak anak-anak jaman sekarang yang namanya mungkin agak sulit dieja atau bukan dari bahasa Indonesia.
  5. Bermimpi ‘mendapatkan wahyu’ untuk memberi nama anak dengan nama tertentu. Hal ini sebetulnya lebih kurang berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual ya, guys.
Habis di PHK, Apa yang Harus Aku Lakukan?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)