Indonesia Jadi Destinasi Liburan yang Ramah Turis Muslim, Cek Faktanya!

Indonesia Jadi Destinasi Liburan yang Ramah Turis Muslim, Cek Faktanya!

Tampak bangunan Masjid Istiqlal di Jakarta | Sumber: Unsplash (mosquegrapher)

Sekali lagi, Indonesia kembali melahirkan prestasinya di kancah global. Setelah bergulat dengan pahitnya pandemi COVID-19 sampai hampir 3 tahun lamanya, industri pariwisata kita kembali bangkit dan berkembang dengan pesat, terutama dalam satu tahun terakhir.

Indonesia Baik mewartakan, Mastercard dan CrescentRating merilis report terbarunya mengenai Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023 pada bulan Mei lalu. Hasilnya adalah Indonesia menjadi negara dengan destinasi wisata paling ramah muslim di dunia, bersama dengan Malaysia. Keduanya memperoleh peringkat teratas dengan masing-masing nilai sebanyak 73.

Lewat Puasa, Kita Belajar Membangun 7 Karakter Baik Ini, Lo!

Daftar Negara yang Ramah Pelancong Muslim

Indonesia menjadi negara paling ramah muslim di dunia | Sumber: Indonesia Baik
Indonesia menjadi negara paling ramah muslim di dunia | Sumber: Indonesia Baik

Laporan GMTI menganalisis berdasarkan 4 standar penilaian strategis terhadap 138 negara. Dilansir dari Indonesia Baik, kriteria tersebut antara lain adalah akses, komunikasi, lingkungan, dan layanan. Lantas, di mana saja negara yang masuk ke dalam 10 besar ramah pelancong muslim?

  1. Indonesia: 73 poin.
  2. Malaysia: 73 poin.
  3. Arab Saudi: 72 poin.
  4. Uni Emirat Arab: 71 poin.
  5. Turki: 70 poin.
  6. Qatar: 69 poin.
  7. Iran: 66 poin.
  8. Yordania: 66 poin.
  9. Bahrain: 65 poin.
  10. Mesir: 65 poin.

Mengapa Indonesia Jadi Pilihan Wisatawan Muslim?

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan populasi orang beragama Islam di dunia. Hal ini tentu saja membuat kita memiliki potensi yang sangat luas untuk maju di bidang pariwisata yang ramah untuk muslim. Terlebih lagi, masyarakat Indonesia sangat concern terhadap kehalalan kulinernya, kemudahan menemukan tempat beribadah, hingga penyediaan air bersih untuk bersuci.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemenparekraf, di tahun 2019, terdapat sekitar 20% dari 14,92 juta turis asing yang datang ke Indonesia dan merupakan wisatawan muslim.

Masih dalam laman yang sama, menurut laporan Global Muslim Travel Index 2019 (GMTI), kualitas wisata halal Indonesia dari segi akses, komunikasi, lingkungan, serta pelayanan berada di peringkat pertama dari 130 negara tujuan wisata ramah muslim.

Bahkan, Indonesia berhasil menyapu bersih 12 dari 16 penghargaan dalam “World Halal Tourism Award 2016” di Abu Dhabi. Wow, mantap banget nggak, tuh!

Singgah di Megahnya Masjid Islamic Center Mataram

Daftar Wilayah Wisata Religi di Indonesia yang Bisa Dikunjungi

Berbicara tentang destinasi wisata halal di negara kita, tentunya akan kurang apabila tidak menyertakan list rekomendasi tempat berlibur yang bisa dikunjungi. Tentu saja, Indonesia kan, tidak pernah kekurangan lokasi liburan yang menarik!

Kemenparekraf telah merilis 5 wilayah wisata religi di Tanah Air dalam lamannya, berdasarkan Lembaga Riset dan Sertifikasi Halal ternama, yakni Crescentrating, dan sudah tercatat pada Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019. Apa saja?

Lombok

Nggak cuma menyimpan pesona keindahan alam yang luar biasa, tetapi salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur tersebut juga sangat friendly untuk wisatawan muslim. Pulau menawan ini tercatat berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi pada World Halal Tourism Award 2016, yaitu World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan World’s Best Halal Tourism Website.

Apa saja yang dimiliki oleh Lombok hingga bisa menjadi daerah pertama yang ramah pelancong muslim? Sebut saja 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal. Masih kurang lagi? Lombok juga punya 25 situs heritage Islam, 98 dari 161 atraksi ramah muslim, 7 islamic event, dan 11 paket tour wisata halal. Lengkap, deh!

Aceh

Kayaknya sih, nggak mungkin banget kalau Aceh terlewatkan begitu saja sebagai wilayah ramah turis muslim. Dalam World Halal Tourism Award 2016, Aceh berhasil mendapatkan penghargaan World’s Best Airport for Halal Travellers - Sultan Iskandar Muda International Airport dan juga World’s Best Halal Cultural Destination. Jangan lupakan juga untuk singgah ke Masjid Raya Baiturrahman, yang tetap berdiri tegak meskipun kala itu bencana tsunami besar melanda daerah tersebut.

Sumatera Barat

Sumbar mempunyai banyak sekali tempat kuliner halal yang tidak akan membuat pelancong kebingungan untuk mencari makanan. Rumah ibadah di setiap destinasi wisata pun juga dioptimalkan demi kenyamanan turis. Nggak heran, pada World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih 3 kemenangan, yakni World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Kepulauan Riau

Kamu tertarik mengunjungi masjid super megah bernama Masjid Sultan Kepulauan Riau? Maka, SohIB harus memasukkan Kepulauan Riau sebagai tujuan liburan tahun ini. Sebab, wilayah tersebut memang menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia.

Fasilitas liburan di sana komplit, muslim friendly tourism, dan mudah dijangkau dari mana saja. Ini semua berkat adanya dua bandara internasional di Riau, 84 rute bis, dan juga area jalan sepanjang 1.374.004 km.

Jakarta

Rasanya daftar ini kurang lengkap jika kita tidak menambahkan Ibu Kota, Jakarta, sebagai salah satu tempat wisata ramah muslim. Bahkan, dalam ajang World Halal Tourism Award 2016, daerah industri utama tersebut berhasil menyabet penghargaan World’s Best Hajj & Umrah Operator. Ada sekitar 510 hotel dengan sertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah. Belum lagi dengan 7.795 masjid, 20 situs heritage Islam, dan 19 muslim friendly attraction.

Durasi Waktu Berpuasa di Berbagai Belahan Dunia, Indonesia Termasuk Pendek, lo!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)