Diet Saat Liburan? Masih Bisa Konsisten, kok!

Diet Saat Liburan? Masih Bisa Konsisten, kok!

Berlibur tetap diet bukan hal yang tidak mungkin | Sumber: Unsplash (Boxed Water Is Better)

Siapa bilang liburan itu bisa menggagalkan diet yang sedang kamu jalani? Asalkan tahu triknya, menjaga tubuh agar berat badan tetap ideal atau dalam kondisi loss fat meski sedang berwisata bukan hal yang nggak mungkin. Cek dulu tips-tipsnya di bawah ini! Dijamin, kamu akan tetap happy, anti tersiksa, dan no gagal-gagal club!

1. Pilih Destinasi Liburan yang Banyak Jalan Kaki

Dengan kecanggihan teknologi masa kini, mencari transportasi yang bisa disewa sewaktu-waktu seperti ojol bukan lagi hal yang sulit. Tinggal klik saja, kamu dapat segera pergi ke lokasi yang kamu mau kunjungi, meski di luar kota sekalipun. Belum lagi dengan promosi menarik yang sering ditawarkan penyedia, tidak ada alasan untuk sulit liburan, bukan?

Namun, hal ini memiliki efek buruknya, yakni kita jadi malas ‘bergerak’. Banyak orang yang lebih memilih memanfaatkan ojol karena dinilai lebih mudah dan cepat.

Salah satu kunci dari kesuksesan program diet adalah kita aktif melakukan banyak gerakan. So, apabila berlibur tidak memungkinkan untukmu berolahraga seperti biasanya, lakukan banyak jalan kaki sebagai penggantinya. Berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar kurang lebih 150 kalori, lo! Belum lagi jika kamu mendaki gunung, bayangkan berapa banyak yang bisa dibakar dari aktivitas berat tersebut?

Jika halte transportasi umum terlampau jauh dari kamu menginap, SohIB dapat mengatur titik lokasi penjemputan ojol agar agak jauh dari dirimu berada. Sehingga, kamu ‘terpaksa’ harus berjalan kaki menuju tempat penjemputan.

Baca juga: 5 Tanda Workout Kamu Berhasil, Makin Semangat Sehat!

2. Bawa Air Putih dan Tumbler

tumbler berwarna orange
Terkadang, beberapa merchant memberikan potongan harga untuk yang membawa tumbler | Sumber: Unsplsh (Martin Sanchez)

Gula menjadi salah satu ‘musuh’ terbesar pada orang yang sedang menjalankan diet. Kamu boleh-boleh saja mengonsumsi gula, asalkan jangan berlebihan. Nah, jika SohIB berlibur bersama orang lain dan sulit untuk mengatur makanan sendiri, alternatif yang bisa dipilih adalah pilih air putih ketika makan. Sehingga, kalori yang masuk sumbernya hanya dari makananmu saja.

Membawa tumbler untuk bisa mengisi ulang air juga akan lebih baik, sebab selain hemat, kamu juga secara tidak langsung mendukung kampanye ramah lingkungan. Terlebih lagi, sekarang banyak botol-botol lucu yang tersedia di online shop atau toko offline.

3. Pilih Hidangan

Liburan di luar kota atau luar negeri yang belum dikunjungi tentu saja mengasyikkan. Segalanya terasa berbeda dan super exciting, tak terkecuali kulinernya. Sayangnya, nggak semua hidangan itu diet-friendly, bahkan mengandung kalori yang tinggi.

Nggak mungkin juga kita terus-menerus sibuk menghitung kalori sebelum makan. Bisa-bisa, rasanya semakin tertekan! Namun, tenang saja, kita masih bisa menikmati hidangan lokal atau viral ketika sedang berwisata, kok!

Caranya adalah dengan ‘memilih’ makanan yang akan disantap. Misalnya, kalau kamu akan makan gudeg komplit yang perkiraan kalorinya adalah 1000, hindari menambahkan kerupuk, gorengan, dan es teh sebagai pelengkap.

Kenikmatannya memang akan berkurang, tetapi nggak akan terlalu signifikan. Daripada kamu nanti sulit tidur karena ngidam gudeg atau bersalah karena makan terlalu banyak, lebih baik dinikmati dengan cara pintar saja, bukan?

Baca juga: 7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

4. Kurangi Porsi yang Dikonsumsi

makanan sehat
Jangan makan milik temanmu atau kamu akan menambah kalori yang masuk ke tubuhmu | Sumber: Unsplash (Louis Hansel)

Beberapa destinasi wisata di Indonesia tidak hanya terkenal karena pemandangan dan makanan lokalnya, tetapi juga jajanannya yang beragam. Mostly, negara kita memang menyukai makanan yang diolah menjadi gorengan, yang mana kita tahu harus dihindari ketika sedang berdiet. Akan tetapi, tentu di dalam hati akan merasa rugi, apabila sudah jauh-jauh datang, tidak bisa bebas mencicipi makanannya!

Nah, trik ampuh yang dapat SohIB terapkan adalah kurangi porsi yang akan disantap atau lebih mudahnya, makan dengan ukuran icip-icip. Pilih hanya satu buah di setiap menu yang kamu ambil dan biarkan lidahmu menikmati lezatnya hidangan tersebut meski hanya sedikit. Selain mengolah diri agar tidak kalap, tentunya kita menjadi lebih bersyukur dengan makanan yang terasa “sangat mahal dan sulit didapatkan” itu.

5. Jangan Begadang

Meskipun sedang liburan, tetapi mengatur jam istirahat tidak boleh diabaikan begitu saja. Agar metabolisme tetap bekerja dengan baik dan kondisi tetap prima, paksakan diri untuk tetap bangun pagi dan tidak tidur terlalu malam.

Bagaimana jika wahana yang akan dikunjungi dibuka saat malam saja? Poin kelima ini bukan berarti menjadi aturan yang harus strict dilaksanakan, sesekali melanggar boleh, tetapi jangan terlalu sering.

6. Beri Jeda Sebelum Menyantap Hidangan Selanjutnya

mencicip makanan
Makanan tidak serta merta membuat cepat kenyang, karena itu jangan terburu-buru makan yang lain | Sumber: Unsplash (Icons8 Team)

Hati yang bahagia terkadang membuat seseorang merasa lebih mudah lapar. Apalagi, ketika liburan di tempat baru, semuanya terasa baru juga. Cara agar SohIB tidak terlalu kalap saat makan, berilah jeda selama 5一10 menit sebelum beranjak ke menu selanjutnya.

Merasa kenyang yang cukup jauh lebih baik daripada kenyang di belakang, tetapi perut serasa mau meledak. Btw, usahakan memesan menu buah-buahan sebagai camilan ringan, ya!

Nggak ada yang nggak mungkin selama kita mau berusaha. Berlibur saat sedang diet? Jangan lagi panik dan takut gagal, okay?

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)