Organisir Liburanmu Dengan 8 Aplikasi Ini, Yang Hobi Travelling, Yuk Merapat!

Organisir Liburanmu Dengan 8 Aplikasi Ini, Yang Hobi Travelling, Yuk Merapat!

Aplikasi Untuk Travelling | Sumber : Canva-Annastills

Hai SohIB, selamat datang ke dunia yang penuh dengan petualangan dan perjalanan! Jika kamu adalah penggemar travelling yang senang mengeksplorasi tempat baru, kamu pasti tidak sabar untuk merencanakan liburan untuk masa mendatang.

Perkembangan teknologi saat ini dapat membuat liburanmu jauh lebih menyenangkan dan terencana, mulai dari mengelola detail perjalanan, mencari akomodasi, menavigasi tempat baru, hingga menyiapkan budget. Bagi SohIB yang hobi travelling, ayo merapat dan intip rekomendasi aplikasinya!

1. Aplikasi untuk Perjalanan

Aplikasi untuk Perjalanan | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi untuk Perjalanan | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Aplikasi perjalanan adalah salah satu jenis aplikasi yang dapat membantu kamu dalam merencanakan dan mengorganisir perjalanan. Aplikasi ini memiliki fitur seperti pencarian tiket transportasi, reservasi penginapan, rekomendasi tempat wisata, peta navigasi, dan informasi tentang transportasi di tempat tujuan. Persiapan segala kebutuhan liburan menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi ini.

Untuk merencanakan liburan, beberapa aplikasi seperti Tiket.com, Trivago, Pegipegi, dan Traveloka, dapat diakses melalui situs web dan aplikasi mobile. Tiket.com menawarkan lebih banyak layanan, seperti transportasi darat dan tiket acara.

Sementara Traveloka dan Pegipegi lebih terfokus pada pemesanan tiket pesawat, hotel, dan paket liburan. Sebaliknya, Trivago membantu membandingkan harga hotel dari berbagai sumber.

2. Aplikasi Untuk Penginapan

Aplikasi Untuk Penginapan | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi Untuk Penginapan | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Aplikasi seperti Bobobox dan Agoda merupakan beberapa pilihan lain yang dapat kamu gunakan saat mencari penginapan atau tempat tinggal sementara selama perjalanan. Salah satu perbedaan utama antara Agoda dan Bobobox adalah Agoda merupakan salah satu situs booking hotel online terbesar di dunia dengan jangkauan global.

Agoda menawarkan pencarian dan pemesanan hotel dari seluruh dunia, mulai dari harga tertinggi hingga terendah. Sebaliknya, Bobobox adalah penginapan dengan konsep kamar tidur masa depan yang inovatif yang menggunakan teknologi IoT (Internet of Things). Ini adalah kamar tidur kapsul yang memiliki fitur modern seperti kontrol suhu, pencahayaan otomatis, dan akses ke aplikasi Bobobox.

3. Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi Transportasi Online | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi Transportasi Online | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Transportasi umum sangat penting bagi kamu yang liburannya tidak membawa kendaraan pribadi. Namun, jangan khawatir, semua masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan aplikasi transportasi online.

Aplikasi ini memungkinkan kamu memesan kendaraan baik mobil atau motor secara langsung melalui smartphone. Aplikasi yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah Gojek dan Grab, aplikasi hijau ini pasti sudah tidak asing lagi dan mungkin sering kamu gunakan untuk bepergian.

Kedua aplikasi ini juga menawarkan layanan pembelian makanan untuk pengguna mereka saat mereka bepergian. Gimana nih, SohIB kamu tim Gojek atau Grab?

4. Aplikasi Digital Payment

Aplikasi Digital Payment | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi Digital Payment | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Beberapa aplikasi digital payment yang paling populer untuk melakukan pembayaran dan transaksi keuangan dalam kehidupan sehari-hari adalah Dana, OVO, Gopay, Shopeepay, dan Flip. Kamu dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah hanya dengan beberapa ketukan pada layar ponsel.

Perbedaan utama antara aplikasi ini adalah platform atau perusahaan yang mengembangkannya, fitur yang mereka tawarkan, dan bagaimana mereka dapat diintegrasikan dengan layanan atau ekosistem lainnya. Selain itu, kebijakan harga, promosi, dan program loyalitas antara aplikasi-aplikasi ini juga dapat berbeda.

Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang informasi tentang masing-masing aplikasi dan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum memilih untuk menggunakan salah satu diantaranya.

5. Aplikasi Penunjuk Arah Atau Navigasi

Aplikasi Penunjuk Arah Atau Navigasi | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi Penunjuk Arah Atau Navigasi | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Tidak perlu lagi takut tersesat saat liburan. Aplikasi penunjuk arah atau navigasi dapat membantu kamu menemukan rute yang harus dilalui, berapa lama perjalanan, jam buka destinasi wisata, restoran yang ingin kamu kunjungi, dan informasi lainnya.

Aplikasi yang dapat kamu gunakan antara lain Google Maps dan Waze. Google Maps lebih cocok untuk fitur navigasi yang lengkap dan informasi tentang transportasi umum, sementara Waze lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan pengalaman sosial yang lebih terintegrasi dan laporan lalu lintas yang lebih real-time.

6. Asisten Virtual

Asisten Virtual | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Asisten Virtual | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Asisten virtual memiliki banyak fitur yang dapat membantu penggunanya melakukan berbagai macam aktivitas. Dengan perintah suara, SohIB bisa melakukan berbagai tugas sehari-hari. Google Assistant dan Siri adalah dua asisten virtual yang dapat digunakan; yang pertama dikembangkan oleh Google, sedangkan yang terakhir dikembangkan oleh Apple.

Memiliki ekosistem yang lebih luas dan dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi pihak ketiga, Google Assistant memungkinkan pengguna mengontrol perangkat pintar mereka, mengirim pesan, memesan makanan, memesan tiket, dan melakukan banyak hal lainnya. Siri juga mendukung integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, tetapi dalam skala yang lebih terbatas.

7. Aplikasi Manajemen Atau Pengelolaan Anggaran

Aplikasi Manajemen Atau Pengelolaan Anggaran | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi Manajemen Atau Pengelolaan Anggaran | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Mengatur rencana perjalanan mulai dari menentukan barang bawaan hingga persiapan budget merupakan hal yang sangat penting. Untuk SohIB yang merasa tidak ingin mengalami over budget selama liburan dan sering mengalami kesulitan memilih barang bawaan saat bepergian, kedua aplikasi ini dapat menjadi solusi, yaitu: PackPoint dan Trabee Pocket: Travel Expense.

PackPoint adalah aplikasi khusus yang membantu kamu dalam menyusun daftar barang bawaan. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memasukkan tujuan perjalanan, durasi, dan aktivitas yang akan dilakukan, serta memberikan saran tentang barang apa yang harus dibawa.

Sementara itu, Trabee Pocket: Travel Expense merupakan aplikasi untuk memonitor berbagai biaya yang dikeluarkan selama liburan. Selama liburan, aplikasi ini memungkinkan kamu mencari rekomendasi dan mengatur budget untuk makanan, transportasi, belanja dan penginapan.

8. Aplikasi Penerjemah Bahasa dan Pengingat Waktu Ibadah

Aplikasi Penerjemah Bahasa dan Pengingat Waktu Ibadah | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari
Aplikasi Penerjemah Bahasa dan Pengingat Waktu Ibadah | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Perbedaan bahasa adalah hambatan saat bepergian ke luar negeri. Seringkali kita tidak tahu apa arti yang ditulis di papan jalan, poster, atau menu restoran. Kamu dapat menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan aplikasi Google Translate. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur pemindai foto, sehingga kamu hanya perlu memotret tulisan yang ingin kamu ketahui artinya, dan aplikasi ini akan menerjemahkannya secara instan.

Agar para traveller yang kebetulan beragama Islam tidak melewatkan waktu untuk beribadah bahkan saat liburan, mengunduh aplikasi Muslim Pro ini wajib dilakukan. Aplikasi ini akan menunjukkan arah kiblat dan waktu sholat di dimanapun kamu berada.

Teknologi membuat akses ke semua kebutuhan menjadi semakin mudah. Jadi, para pecinta traveling, jangan ragu lagi, mari kita eksplorasi dunia dengan bantuan aplikasi canggih ini. Siapkan diri kamu untuk petualangan yang tidak akan dilupakan!