Interview Kerja Online Punya 5 Keuntungan Ini, Apa Saja?

Interview Kerja Online Punya 5 Keuntungan Ini, Apa Saja?

Ilustrasi beberapa orang sedang melakukan zoom meeting | Sumber: Pexels (Anna Shvets)

Pandemi COVID-19 nyaris berlalu setelah hampir dua tahun lamanya. Peristiwa memilukan ini menyisakan beberapa new normal era yang hingga kini terus digaungkan, salah satunya adalah interview kerja secara online.

Senada dengan hal itu, dunia pun memang sedang mengalami pergeseran dari cara yang konvensional menuju digital. Jadi, nggak heran suatu saat nanti kamu akan lebih terbiasa dengan wawancara kerja daring daripada yang tatap muka.

Biasanya, tahap yang harus dilalui jobseeker tersebut akan menggunakan media seperti  Zoom Meeting atau Google Meet, meski sebagian kecil lagi ada yang memilih WhatsApp Video. Wawancara bisa terdiri antara HRD dengan calon karyawan, atau perwakilan perusahaan lain seperti user, team leader, atau klien.

Lantas, sebenarnya apa saja sih, keuntungan yang dimiliki apabila interview saat ini dilakukan melalui platform online? Sini-sini, kita simak poin-poinnya bersama-sama, ya!

Baca juga: 5 Trik Mudah Menghadapi Pertanyaan Interview Kerja yang Sulit, Nggak Boleh Panik!

1. Interview Kerja Online Bikin Efisiensi Waktu

Yup, tentu saja yang satu ini ada di daftar urutan pertama! Jika interview tatap muka, kamu biasanya akan diminta hadir lebih awal dari jam yang ditentukan. Belum lagi apabila lokasi pertemuanmu cukup jauh dari rumah. Berapa banyak waktu yang harus dihabiskan di jalan?

Dengan melakukan wawancara kerja daring, SohIB bisa menggunakan waktu tersebut untuk hal-hal yang ‘lebih’ penting, seperti menyiapkan peralatan meeting, merapikan tampilan, atau sekadar me-review jawaban-jawaban potensial yang akan diutarakan. Performamu akan semakin baik dan harapannya kamu dapat semakin percaya diri.

2. Hemat Biaya

tips interview kerja online
Hemat diongkos karena tidak perlu pergi ke lokasi | Sumber: Pexels (Karolina Grabowska)

Di mana-mana, yang namanya pergi ke suatu tempat pasti membutuhkan biaya minimal untuk transportasi, kecuali kamu adalah anak sultan yang bisa membeli jalan sendiri! Nah, di sinilah letak keuntungannya apabila proses rekrutmen dilakukan secara online. Kamu tinggal duduk manis di depan laptop atau handphone-mu yang jaraknya hanya beberapa langkah kaki.

Bagi yang menjalankan prosesnya untuk melamar perusahaan yang dari luar kota atau luar negeri, ini benar-benar sangat membantumu menghemat cost transportasi, tempat tinggal, dan makan, bukan?

Baca juga: Agar Presentasi Lancar, Lakukan 5 Tips Ini!

3. Menjangkau Orang Dari Mana Saja

Thanks to internet, sekarang berkomunikasi dengan orang mau sejauh apapun akan tetap terasa dekat. Selama pihak perusahaan tidak memintamu untuk bertemu langsung, maka kamu sangatlah mujur.

Namun, SohIB perlu memastikan kembali zonasi waktumu, apakah sudah sama atau lebih cepat atau lebih lambat dari undangan. Masa iya sih, sudah dipermudah dengan wawancara daring, kamu masih akan terlambat?

4. Fokus ke Value Diri dan Kemampuan yang Dimiliki

fokus ke diri agar sukses menghadapi interview kerja online
HRD tidak akan tahu gerakan tubuhmu selama tidak nampak di layar laptop | Sumber: Pexels (Greta Hoffman)

Mungkin akan ada lebih banyak hal yang perlu kamu persiapkan manakala wawancara tatap muka dilakukan, misalnya riasan wajah, pakaian rapi, gesture tubuh, dan lainnya. Semua ini juga akan diidentifikasi oleh HRD saat melihatmu secara langsung, sehingga fokusnya bisa jadi tidak cuma tentang kamu, tetapi juga penampilanmu.

Kekuatan interview kerja online ada di sini, di mana karena gambaranmu tidak akan terlihat seluruhnya (hanya setengah badan), mereka akan lebih berpusat pada value diri dan kemampuan yang kamu punyai. Bahkan, meskipun bagian atas sangat rapi, tetapi SohIB memakai celana piyama untuk bagian bawah, itu tidak akan menjadi masalah!

Kita juga bisa menyembunyikan gerak tubuh yang mungkin bagi kita menenangkan atau gerak tanpa sadar, tetapi ter-notice oleh perekrut. Misalnya, meremas tangan, kaki bergerak-gerak, mengetuk jari, hingga melipat kaki.

5. Memudahkan HRD untuk Me-review Kandidatnya

Sangatlah mungkin bagi perekrut untuk mewawancarai calon karyawannya lebih dari satu. Artinya, mereka akan butuh review ulang untuk memastikan siapa saja yang cocok untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

Aplikasi untuk online meeting saat ini hampir semuanya sudah dibekali fitur dapat melakukan recording alias merekam video selama pertemuan sedang berlangsung. So, bila ingin meyakinkan diri, tinggal buka saja rekaman tersebut.

So, itulah dia 5 keuntungan melakukan interview kerja online. Bagaimana, apakah ini relate untukmu? Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan diri, memanfaatkan waktu dengan baik, dan latih keterampilan bicara agar tidak mudah nervous dengan orang baru. Semoga lancar, ya!

Baca juga: 7 Penyebab Gagal Interview yang Sepele, Bisa Dianggap Tidak Sopan!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)