Agar Presentasi Lancar, Lakukan 5 Tips Ini!

Agar Presentasi Lancar, Lakukan 5 Tips Ini!

Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan presentasi di kantor | Sumber: Unsplash (airfocus)

Di sekolah, kuliah, maupun tempat kerja, presentasi adalah salah satu kegiatan yang nyaris tidak bisa kita hindari. Oleh sebab itu, kemampuan public speaking sekarang menjadi bekal yang penting bagi setiap orang. Namun, sebenarnya faktor kelancaran kita saat melakukan presentasi nggak hanya dilihat dari seberapa baiknya diri saat berbicara, melainkan juga beberapa hal di bawah ini! Apa saja, ya?

Baca juga: 5 Vaksin COVID-19 yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, Apa Saja?

1. Mengetahui Tujuan Presentasi

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa seseorang yang sedang presentasi tentang produk yang dijualnya dapat tampak sangat memukau? Pada dasarnya, isi presentasi yang akan kita sampaikan haruslah mempunyai minimal satu dari 3 tujuan ini, yakni informatif, edukatif, dan atau persuasif. Dengan menentukan maksudnya terlebih dahulu, maka menyusun data untuk tampil nanti akan lebih mudah. Hal ini dapat membantu kamu untuk menekankan pokok utama yang ditulis dalam presentasi dan memaparkan penjelasan detailnya saat berbicara.

2. Mengenali Audiens

Tentu saja, mengenali siapa audiens kita haruslah dilakukan! Mengingat presentasi lazim dilakukan di berbagai tempat dan situasi, seperti sekolah, universitas, atau dunia profesional, jangan abaikan poin kedua ini. Sebagai penyampai pesan, SohIB haru pahami siapa yang diajak berbicara. Apabila pendengar merupakan usia anak-anak atau remaja, gunakan gaya bahasa yang lebih ringan dan desain materi yang kekinian. Pun saat melakukan presentasi untuk pemaparan makalah atau skripsi, topik bicara yang ilmiah dan tegas lebih disarankan. Dengan demikian, audiens dapat memahami dan menikmati penampilan yang kita bawakan.

Baca juga: Memulai Karier Sebagai Desain Grafis? Pastikan 5 Hal Ini!

3. Kuasai Materinya!

Kuasai materi adalah 60% kunci kesuksesanmu dalam presentasi | Sumber: Unsplash (Chris Montgomery)

Penguasaan materi bisa dibilang memiliki bobot 60% atas keberhasilan presentasi. Banyak lo, yang sebenarnya pandai berbicara, tetapi menjadi sulit dan tersendat-sendat karena lupa atau tidak paham topik yang akan dipaparkannya.

Buatlah catatan kecil yang bisa kamu bawa ketika tampil di depan khalayak sebagai antisipasi jika kamu lupa. Kita juga dianjurkan untuk melakukan mini simulasi dengan meminta bantuan teman atau keluarga agar SohIB lebih terbiasa dan rileks saat membawakan isi materi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah time management, jangan sampai kehabisan waktu tetapi presentasi belum selesai dan pokok utama belum disampaikan. Ingat, kepercayaan dirimu tentu akan jauh lebih besar karena sudah yakin telah memahami apa yang akan dipresentasikan. 

4. Cari Tahu Detail Presentasi

Bila kesiapan dari internal sudah cukup, jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana venue atau media apa yang akan digunakan untuk pemaparan data nanti. Saat ini, seminar bisa diselenggarakan secara tatap muka dan virtual, lo! Lokasinya pun bisa outdoor maupun indoor. Artinya, beberapa presentasi bisa saja memerlukan tools tambahan atau perhatian khusus, misalnya laptop, mic, software game, dan lainnya.

5. Body Language

Memang sih, presentasi mengutamakan konten visual dan audio, tetapi jangan abaikan komunikasi nonverbal-mu! Berpindahlah sesekali dari tempat kamu berdiri agar tidak tampak terlalu kaku dan sebagai improvisasi. Jika SohIB mengisi presentasi di acara online, gunakan gerakan tangan, anggukan kepala, atau ekspresi wajah yang bisa mendukung topik diskusi. Namun, tetap utamakan kesederhanaan, jangan berlebihan atau kamu akan dikira seperti cacing kepanasan!

Selain 5 hal di atas, begitu presentasi sudah usai, ingat-ingat atau tonton kembali rekaman penampilanmu (bila ada) tadi sebagai bahan evaluasi. Dengan demikian, pada pertemuan selanjutnya, SohIB makin baik dan dapat menampilkan diri yang lebih maksimal. Jangan takut untuk berbicara di depan umum, karena mau tidak mau akan ada masa di mana kita harus melakukan hal tersebut. Alih-alih ‘kabur’ dan menyalahkan diri karena ‘bukan passion-nya’, coba saja terus sampai kamu terbiasa. Semangat!

Baca juga: Rekomendasi Tools Design Gratis untuk Pemula

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)