3 Drama Netflix tentang Kedokteran, Ada yang Menjadi Favoritmu?

3 Drama Netflix tentang Kedokteran, Ada yang Menjadi Favoritmu?

Ilustrasi seseorang bekerja sebagai dokter | Sumber: Unsplash (Usman Yousaf)

Film dan drama tentang kedokteran memang hampir tidak pernah gagal menarik perhatian penggemar hiburan berbentuk audio-visual. Tak terhitung berapa banyak karya series bertemakan dunia kesehatan yang diputar di beberapa penyedia streaming video, salah satunya Netflix.

Drama-drama ini tidak hanya menyuguhkan cerita menarik tentang keseharian tenaga medis, tetapi juga banyak yang berhasil memberikan visual yang tampak real pada beberapa hal. Sebut saja gambaran organ dalam manusia, proses operasi, luka-luka, hingga metode-metode yang digunakan dalam pengobatannya.

Entah itu nyata atau tidak, dari sini, SohIB yang tertarik berkuliah di jurusan kesehatan bisa melihat reka ‘simulasinya’ dengan menonton series-series tersebut. Berikut adalah rekomendasi drama Netflix tentang kedokteran yang dapat kamu pilih sebagai hiburan sekaligus edukasi!

Baca juga: Cloud Engineer, Profesi Viral yang Bisa 'Mengatur Awan'

1. Doctor Stranger (2014)

Drama ini memang terbilang cukup lama karena sudah ada sejak tahun 2014 silam. Namun, animo masyarakat yang menikmati series dengan 20 episode ini masihlah tinggi.

Doctor Stranger bercerita tentang Park Hun bersama ayahnya yang seorang dokter dijebak oleh pemerintahnya sendiri Korea Selatan, dan terpaksa tinggal di Korea Utara. Mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun hingga saatnya Hun yang juga meneruskan profesi sang ayah akhirnya berhasil melarikan diri dari Korea Utara.

Kembali ke negaranya sendiri dan mendapat banyak penolakan, ia membuktikan diri bahwa kualitasnya sebagai dokter bedah dari ‘pembelot’ tidak kalah saing dengan tenaga medis top lainnya. Sebagai informasi, Hun diterima bekerja di salah satu rumah sakit terbaik di Seoul berkat rekomendasi dari salah satu petinggi di sana.

Sebenarnya, Doctor Strange memiliki konflik utama, yakni cinta segi empat antar sesama dokter dan bagaimana Park Hun bisa menemukan kekasihnya yang ditahan di kamp penyiksaan Korut. Kamu juga akan melihat bagaimana ketegangan antara dua Korea yang sebenarnya masih berlanjut hingga kini.

Namun, visual-visual khas kedokteran yang ada pada drama tersebut sangatlah ‘nyata’. Penonton diberikan ‘pertunjukan dramatik’ mengenai prosedur rumit medis, seperti operasi Bypass, donor organ, caesar, dan yang sudah lama tidak digunakan sekalipun. Semuanya diperlihatkan dengan jelas letak organ dalam, darah, proses menjahit, jantung yang berdegup, dan masih banyak lagi. Siap menonton?

Baca juga: Berprofesi Sebagai PNS, Ini Sederet Keuntungannya!

2. Descendant of the Sun (2016)

Kemunculan DOTS benar-benar meledak kala itu. Bahkan, sampai sekarang drama yang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Song Joong Ki ini masih masuk dalam jajaran serial romantis terbaik dari Korea Selatan, lo!

Memiliki panjang 16 episode, Descendant of the Sun mengisahkan tentang hubungan rumit seorang tentara berpangkat tinggi, Si Jin, dengan dokter bedah berbakat yang cantik, Mo-yeon. Ketika mereka sedang dalam keadaan putus karena perbedaan filosofi, keduanya dipertemukan kembali pada misi kemanusiaan yang cukup berbahaya di Afghanistan.

SohIB tidak akan ‘melihat’ secara riil penampakan organ tubuh manusia, tetapi di sini kamu akan mendapatkan pelajaran yang sangat dalam mengenai tugas seorang dokter di lapangan yang ‘sebenarnya’. Dengan segala keterbatasan di daerah berkonflik, Mo-yeon yang terbiasa menangani pasien VIP dan fasilitas medis yang lengkap harus fokus dan berjuang untuk mengobati pasien-pasiennya dalam kondisi yang sangat berbeda.

Banyak potongan cerita yang mengharukan dan mengiris hati. Misalnya adegan tolong-menolong antara paramedis dari Korsel dengan pasien Uruk meskipun terkendala bahasa, adanya wabah mematikan yang nyaris merenggut nyawa, kesedihan mendalam salah seorang dokter yang gagal menyelamatkan pasien gempa bumi, hingga cara Mo-yeon dan Si Jin memberikan edukasi tentang cuci tangan pada anak-anak korban perang.

Meskipun cukup membuat kita menitikkan air mata, dialog-dialog lucu nan ringan dijamin akan mengocok perut SohIB hingga tertawa terpingkal-pingkal. Dengan DOTS, kamu bisa menyadari bahwa menjadi dokter itu nggak melulu di sarana yang mudah dan serba terjamin. Ada kalanya kamu akan di tempat yang terpencil dan menguji komitmenmu dalam menjalani profesi yang mulia ini.

3. The Good Doctor (2020)

The Good Doctor diadaptasi dari serial Korsel ternama, ‘Good Doctor’. Dibintangi oleh Freddie Highmore sebagai pemeran utama, drama ini menceritakan tentang dokter bedah anak, Shaun Murphy yang menderita penyakit autis dan savant syndrom. Banyak yang menyepelekannya karena keterbatasan Murphy dalam berkomunikasi dan diterimanya Murphy di rumah sakit terkenal berkat campur tangan kepala rumah sakit tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Shaun membuktikan bahwa penderita autis sepertinya mampu berkembang menjadi tenaga medis yang tidak hanya berkompeten, tetapi sangat cerdas. Rupanya, syndrom sarvant yang diderita Shaun membuatnya bisa membayangkan visual organ tubuh dan penyakit hanya dari pikirannya, sesuatu yang nyaris mustahil dilampaui orang normal. Ia juga sangat teliti dan sering memecahkan teka-teki masalah dari kondisi pasiennya, yang biasanya terlewatkan begitu saja.

Di sini, kita sama-sama disadarkan bahwa menggapai impian terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, dengan kegigihan, daya juang, dan dukungan dari orang-orang yang menyayangimu, semua sangatlah mungkin.

Tentu saja, The Good Doctor juga tak kalah ciamik dalam memperlihatkan visual operasi yang ‘nyata’, organ tubuh, jalur pernapasan, dan sebagainya. Namun, disarankan kamu tidak sedang makan sesuatu saat menikmati dramanya atau kamu akan kehilangan selera.

So, bagaimana dengan 3 rekomendasi di atas, ada yang sudah menjadi favorit sobat? Bila kamu mempunyai saran film atau drama Netflix lainnya tentang kedokteran, kirim komentarmu di bawah, ya!

Baca juga: INFJ, Ini 5 Profesi yang Cocok Untukmu

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)