8 Kesalahan dalam Public Speaking, Hindari, ya!

8 Kesalahan dalam Public Speaking, Hindari, ya!

Public Speaking | Sumber: Unsplash.com (Teemu Paananen)

Hai, SohIB!

Public speaking adalah keahlian yang semakin penting untuk dimiliki oleh kita, sebab banyak sekali yang bisa kita dapatkan dari mempelajari skill yang satu ini. Nah, biasanya, kesalahan yang dilakukan seseorang ketika berbicara di depan publik disebabkan karena rasa gugup dan sulitnya mengontrol kecemasan diri.

Namun, ketahui beberapa poin di bawah yang juga termasuk dalam kesalahan umum yang sering dilakukan ketika kita melakukan kegiatan public speaking  ini. Apa saja, nih? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini bersama-sama!

1. Tidak Paham Materi

Sedikit orang terlalu percaya diri sehingga ia tidak menganggap bahwa memahami materi itu adalah kunci. Jika poin sepenting itu tidak dipersiapkan dengan baik, maka ketika panik menyerang, kamu akan semakin sulit mengingat bahan bicara yang mau disampaikan, SohIB.

Manfaat Mengikuti Internship, Peluang Jenjang Karier?

2. Intonasi Bicara Sangat Monoton

Jaga intonasi bicara agar tetap menarik perhatian audiens
Jaga intonasi bicara agar tetap menarik perhatian audiens | Sumber: Unsplash (wonderlane)

Intonasi bicara menjadi hal pendukung yang nggak bisa diabaikan ketika berbicara. Sebab, audiens bisa merasa bosan kalau nada bicaramu sangat datar dan tanpa emosi yang pas.

Coba deh, SohIB belajar cara mengekspresikan diri lewat suara dari para penyiar radio. Mereka hebat lo, karena bisa menggugah pendengar untuk tetap setia mendengarkan, meskipun tanpa visual sekalipun.

3. Hanya Mementingkan Audiens yang Duduk di Depan

Hayo, siapa nih, yang masih berpikir bahwa yang penting adalah interaksi dengan mereka yang ada di dekat kita? Padahal, kamu juga perlu memperhatikan mereka yang duduk di belakang sekalipun untuk tetap fokus dengan yang sedang SohIB sampaikan.

Bila memungkinkan, mintalah bantuan panitia untuk menyiapkan beberapa wireless mic yang bisa dengan mudah digilir hingga ke belakang jika kamu sedang berdialog dengan penonton.

4. Tidak Berdialog dengan Pendengar

Komunikasi yang ideal adalah komunikasi dua arah dan cara untuk mengupayakan itu adalah dengan mengajak pendengar berperan aktif dalam sesi berbicara kita. SohIB bisa melontarkan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh audiens, menyisipkan permainan menarik, atau meminta testimoni langsung dari mereka.

Membiarkan pendengar bosan tanpa memberikan kesempatan mereka menjadi komunikan aktif malah akan membuat kita makin sulit menyampaikan pesan materi.

5. Tidak Mengenal Audiens

Kenali audiensmu agar presentasi lancar
Kenali audiensmu agar presentasi lancar | Unsplash (Product School)

Tidak mengetahui siapa penonton kita akan cukup merepotkan, lo. Sebab, dikhawatirkan kamu bisa melakukan hal-hal ‘konyol’ seperti melontarkan humor yang tidak tepat, menggunakan bahasa yang tidak cocok dengan mayoritas usia pendengar, dan lainnya. SohIB tentu tidak mau bukan apabila perbincanganmu justru malah tidak atraktif?

Kebiasan Baik yang Menunjang Skill Menulis

6. Intro yang Kurang Menarik

Seringkali, orang menilai jalannya diskusi ke depan dari bagaimana sang speaker membuka sesi. Apabila sudah membosankan dari perkenalan, orang biasanya tidak begitu antusias mendengarkan presentasi pembicara. 

7. Kalimat yang Dilontarkan Kurang Sesuai dengan Audiens

Sekali lagi, tidak mengenal audiens berakibat pada kesulitan diri kita untuk mempersiapkan kalimat yang cocok untuk dilontarkan, bahkan yang paling parah, pembicara bisa dianggap tidak sopan, lo

8. Berbicara Terlalu Cepat

Jangan berbicara terlalu cepat agar kalimatmu mudah dipahami
Jangan berbicara terlalu cepat agar kalimatmu mudah dipahami | Sumber: Unsplash (Edward Howell)

Menurutmu, senyaman apa sih, mendengarkan orang berbicara tergesa-gesa? Rasanya kita menjadi ikut lelah dan tidak paham dengan yang dijelaskan. Belum lagi, jika struktur kalimat menjadi kurang pas dan beberapa kata bertumpuk menjadi satu karena lidah menjadi kelu.

Karena itu, lebih baik SohIB berbicara perlahan-lahan dan jaga artikulasi agar tetap jelas. Tarik napas yang dalam apabila kamu merasa sangat gugup sampai sulit mengontrol intonasi bicara.

Bagaimana SohIB menurutmu, apakah 8 kesalahan dalam public speaking di atas cukup sering dilakukan?

6 Soft Skills yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)