Kereta Tercepat di Dunia, Siapa yang Paling Sat Set?

Kereta Tercepat di Dunia, Siapa yang Paling Sat Set?

Shinkansen, kereta tercepat di dunia saat ini | Sumber: Unsplash (Fikri Rasyid)

Hai, SohIB! Kamu sudah tahu belum, kalau sebentar lagi, Indonesia akan mempunyai Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan akan segera dioperasikan pada 18 Agustus 2023 mendatang, lo!

Btw, teknologi industri perkeretaapian cepat memang bukanlah hal baru. Sebetulnya, di sejumlah negara lain, kereta berkecepatan tinggi sudah ada dan telah lama diterapkan. Lantas, di mana saja? Check this out!

Shinkansen Seri L0, Jepang

Kalau berbicara tentang kereta cepat, tak bisa dipungkiri bahwa Shinkansen akan menjadi yang pertama dalam pikiran, betul tidak? Hal tersebut bukanlah mengherankan, apalagi memang kereta ini masih menjadi high-speed rail tercepat di dunia.

Dengan kecepatan maksimal hingga 602 km/jam, jarak tempuh yang ratusan kilometer saja bisa dicapai ‘hanya’ kurang dari setengah hari. Well, hal menarik lainnya dari Shinkansen adalah ia dioperasikan tanpa awak kemudi. Bahkan, apabila mengalami kegagalan sistem, kereta tersebut tetap bisa dikendalikan secara jarak jauh. 

Jadi Negara Pengguna Motor Terbanyak ke-3, Berapa Jumlah Penduduk Indonesia?

TGV POS, Prancis

Sebetulnya, kereta yang satu ini punya nama yang cukup panjang lo, SohIB, yakni Train a grande vitesse. Kendaraan super cepat tersebut dikembangkan oleh Alstom dn SNCF, duo perusahaan terkemuka di Eropa. Kecepatan TV POS mencapai 320 km per jam dalam sehari-harinya dan maksimal 575 km/jam.

Oiya, TGV POS kini tidak hanya menjadi kereta antarkota saja, melainkan juga antarnegara. Ada Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Spanyol, hingga Belanda. Kemudian, ada juga kereta TGV yang dibuat khusus untuk pengiriman surat dari Paris-Lyon saja.

Shanghai Maglev, China

China tentu saja adalah negara yang tidak pernah ketinggalan masalah teknologi. Shanghai Maglev disebut-sebut menyaingi Shinkansen sebagai high-speed rail ter-sat-set di jagat raya.

Mulai dibangun sejak 2001 lalu, jalur kereta Shanghai Maglev dibuat untuk menghubungkan antara Bandara Internasional Pudong dan pinggiran pusat Pudong. Gramedia menuliskan, hingga sekarang, Shanghai Maglev masih menjadi kereta melayang tertua yang masih beroperasi sampai sekarang.

HEMU-430X, Korea Selatan

Kalau SohIB sedang berkunjung ke Negeri Ginseng ini, cobalah kereta super cepat mereka yang bernama HEMU-430x. Menjadi kebanggaan warga Korea Selatan, negara yang kuat dengan budaya, kesenian, dan teknologi tersebut adalah negara keempat dunia yang turut mengembangkan high-speed rail.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Indonesia

Bandung dan Jakarta adalah dua kota besar nan produktif yang jaraknya berdekatan. Biasa ditempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan kereta, tetapi dengan adanya pengembangan KCJB ini, SohIB hanya perlu 30-44 menit untuk bepergian antarkota tersebut. Wow, secepat itu, ya?

Diinformasikan dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), kereta tersebut dapat menampung hingga 601 penumpang dan disediakan ruang khusus untuk difabel. Akan menjadi high-speed rail pertama di tanah air, KCJB akan sangat ditunggu-tunggu masyarakat nih, ya!

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

ICE3, Jerman

Diwartakan dari Indonesia Baik, ICE3 memiliki kecepatan maksimal 330 km/jam. Kereta ini menghubungkan antara kota Cologne-Frankfurt yang berjarak 180 kilometer. ICE3 memiliki body yang berwarna putih dengan garis tengah berwarna merah. Seperti halnya kereta cepat lainnya, ia mempunyai moncong yang agak panjang ke depan menyerupai robot antariksa.

Al Boraq, Afrika

Afrika juga nggak mau ketinggalan dalam inovasi kendaraan publik. Adalah Al Boraq, kereta berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya milik Afrika yang beroperasi hingga sekarang. Ia menghubungkan antara Tangier dan Casablanca di Maroko sejak peresmiannya di tahun 2018 lalu.

Rekomendasi Destinasi Wisata Thailand, Tertarik Berkunjung?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)