Tips Untuk Kamu dalam Memulai Workout

Tips Untuk Kamu dalam Memulai Workout

Memulai Workout | Unsplash.com (Victor Freitas)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Hai SohIB, kamu sangat jarang bahkan tidak pernah berolahraga beberapa tahun ini? Atau mungkin kamu terlalu sibuk hingga tidak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga? Apakah sebabnya karena berat dan terlalu malas untuk memulai? Berikut adalah jawaban dari berbagai macam pertanyaan itu.

Sebenarnya, olahraga merupakan hal yang cukup penting untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita loh. Banyak alasan untuk kita mengapa olahraga sangatlah penting, berikut manfaatnya:

  1. Meminimalisir resiko timbulnya penyakit.
  2. Menjaga kesehatan tubuh hingga kesehatan mental.
  3. Menjaga berat badan untuk lebih ideal dan percaya diri.
  4. Meningkatkan semangat untuk beraktifitas sehari-hari.
  5. Memperkuat kemampuan otot dan tulang dalam jangka waktu lebih lama.

Dari berbagai manfaat tersebut, apakah kamu masih enggan untuk memulai berolahraga? Atau kamu masih bingung bagaimana cara memulainya? Tenang SohIB, bukan hanya kamu kok, yang merasa seperti itu.

Terutama setelah kita lulus dari sekolah yang setiap minggunya masih ada pelajaran olahraga. Memang kita pasti pernah merasa bingung ingin memulai darimana karena sama halnya kita baru mulai mencoba lagi. Berikut adalah tips untuk kamu untuk memulai workout.

Cari Referensi Workout dan Mulai Mencoba

Reference and Act | Unsplash.com (Logan Weaver)

Kamu dapat mencari terlebih dahulu referensi workout yang ingin kamu jalani. Hal ini juga untuk membentuk semangatmu ke depannya dan mempersiapkan segala kebutuhan yang kamu perlukan. Setelah kamu rasa telah cukup, kamu harus segera memulainya sebelum niat itu hilang kembali. SohIB bisa memulainya step-by-step sesuai kemampuan kamu.

Fokuslah Kepada Proses Dibanding Tujuan

Berfokus pada Proses | Freepik.com (Freepik)

Pasti kamu terkadang masih berpikir untuk apa tujuan kamu memulai workout bukan? Itu wajar kok, tetapi hal ini juga dapat menghambat niat kamu yang telah terkumpul, loh.

Contohnya ketika kamu memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, tetapi kamu selalu merasa belum terlihat perkembangan secara jelas. Hingga akhirnya kamu selalu enggan untuk memulainya bahkan melanjutkannya. Berfokuslah kepada proses yang sedang kamu jalani, pasti ada perkembangan yang mungkin tidak kamu sadari. Setelah kamu jalani dengan rutin, semua proses itu akan terbayarkan.

Dokumentasikan Setiap Prosesmu

Dokumentasi Proses Workout | Unsplash.com (LJ Lara)

Kamu boleh mengabadikan setiap proses yang kamu jalani untuk dirimu sendiri bahkan kamu akan merasa sangat bangga terhadap prosesmu. Hal ini juga bertujuan untuk membentuk semangatmu kedepannya. Setelah kamu jalani dengan penuh keyakinan dan percaya diri, proses itu akan semakin terlihat.

Kamu dapat membagikan setiap prosesmu apabila kamu telah merasa sangat percaya diri terhadap seluruh proses yang kamu jalani dan mereka yang melihatnya akan percaya bagaimana perjuangan kamu.

Cara Andal dalam Menyebarkan Kabar Baik Menggunakan Media Digital

Carilah Partner atau Komunitas

Komunitas untuk Workout | Unsplash.com (Gabin Vallet)

Kamu akan semakin bersemangat apabila terdapat seseorang yang ikut menemani prosesmu bukan? Kamu juga dapat terbantu dengan segala masukan dan referensi yang lebih banyak untuk mendukung usahamu dalam membentuk setiap otot tubuhmu. Hal ini juga tak jauh beda dalam meningkatkan semangat untuk semakin berusaha lebih giat dalam melakukan workout.

Terus Mengasah Kemampuan di Luar Batas

Pushing The Limits | Unsplash.com (Logan Weaver)

Semakin rutin kamu menjalani workout, tubuhmu akan merasa semakin terbiasa. Ketika hal itu telah kamu rasakan, kamu perlu terus mengasahnya agar tubuhmu semakin terasa kuat. Hal ini sangatlah wajar dan sangat menguntungkan bagimu.

Tubuhmu akan selalu merasa bugar setiap harinya setelah terbiasa terhadap semua latihan yang kamu jalani. Meskipun terkadang akan merasa sakit, hal itu tidaklah lama dan usahamu telah terbayarkan untuk membentuk tubuhmu menjadi lebih sehat ke depannya.

Bentuk Jadwal Rutin Setiap Minggunya

Jadwal Workout yang Sesuai | Freepik.com (Freepik)

Kamu bisa menyusun jadwal workout sesuai waktu yang kamu miliki dan bahkan sesuai porsi kemampuan tubuhmu. Kamu memerlukan jadwal agar kamu dapat tetap menjaga badanmu tetap ideal dan bahkan tetap membuat perkembangan dengan melakukan latihan workout secara rutin. Berikut rekomendasi yang tepat untuk kamu sebagai pemula dalam menyusun jadwal workout secara rutin.

  • Basic

SohIB dapat menyusun jadwal untuk 1 hari hingga 2 hari dalam seminggu. Kamu juga dapat menyesuaikan dengan minat, bahkan tujuan tipe latihan seperti apa yang ingin dijalani. Anjuran yang tepat adalah untuk melakukan tipe workout full body ataupun cardio agar ke depannya kamu bisa dapat mengatur nafas lebih baik dan tidak terlalu berat dengan tipe workout yang bervariasi.

  • Intermediate

Dengan kemampuan tubuhmu yang cukup terbiasa, kamu dapat meningkatkan intensitas workout hingga 3 sampai 4 hari dalam seminggu. Kamu juga dapat mencoba berbagai variasi workout yang lebih berat dan seimbang untuk tubuhmu.

  • Advanced

Dengan kemampuan tubuhmu yang sangat baik, kamu dapat meningkatkan intensitas workout yang bervariasi untuk 5 bahkan 6 hari dalam seminggu. SohIB akan merasa semakin puas dalam berproses hingga hasil yang kamu harapkan.

Jadwal tersebut tentu perlu disesuaikan dengan proses adaptasi tubuhmu dalam meningkatkan level yang tepat. SohIB juga dapat berkonsultasi dengan trainer jika memilikinya. Kamu juga dapat menyesuaikannya dengan waktu yang dimiliki dan tujuanmu ingin mengasah bagian tubuh tersebut.

 

Apakah sekarang kamu sudah ada niat untuk memulai workout SohIB? Tidak ada kata menyesal dalam menjalani Workout. Setiap prosesnya akan semakin terlihat apabila kamu menjalaninya secara rutin dan bersungguh-sungguh.