7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

Travelling sering membuat kita jadi lapar | Sumber: Unsplash (Willian Justen De Vasconcello)

Membawa makanan atau minuman saat bepergian memang biasa dilakukan. Terlebih lagi, ketika travelling sangat mungkin bagi kita untuk mudah lapar atau makan karena bosan. Namun, ternyata nggak semua makanan boleh dibawa lo, baik di transportasi umum maupun ketika bepergian sendiri. Ada beberapa yang sangat tidak direkomendasikan untuk kita santap di tengah perjalanan atau hanya akan membuat SohIB makin kerepotan. Duh, apa saja, ya?

Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

1. Makanan Berbau Menyengat

Ada sebab mengapa buah durian tidak diperbolehkan untuk dimasukkan ke dalam pesawat. Rupanya, ini disebabkan karena baunya yang bisa mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Begitu juga dengan kamu ketika sedang travelling. Sebaiknya hindari makanan yang berbau tajam, sebab aromanya bisa saja menempel pada tubuh SohIB juga.

2. Kemasan Mudah Tumpah atau Bocor

Makanan yang dibungkus kurang aman seperti mudah bocor, tersobek, berplastik tipis, hingga tutup mudah copot tentunya bisa membawa problematika tersendiri selama perjalanan. Lebih baik, berikan pengaman ganda pada kemasan makanan dan minuman, misalnya dengan tumbler anti tumpah, plastik yang kuat, atau wadah berpenutup rapat.

3. Makanan Cepat Basi atau Kedaluwarsa

Momen travelling terkadang sulit kita duga. Bisa saja, kita berniat mau menyantap nasi dan sayuranmu di tengah perjalanan, jalanan yang dilalui malah penuh goncangan yang membuat aktivitas makan jadi sulit. Jika demikian, makanan yang hanya tahan kurang dari sehari bisa saja batal dikonsumsi dan malah mubazir.

Hindari kudapan seperti nasi campur, sayur bersantan, telur goreng, jus buah, atau tumis-tumisan yang biasanya hanya untuk satu kali santap. Lebih baik, SohIB memilih makanan yang tahan lama, contohnya biskuit dan keripik dalam kemasan. 

4. Bungkus yang Memakan Tempat

Sebisa mungkin, membawa barang-barang yang ringkas di dalam tas selama bepergian sangat dianjurkan agar menghindari kamu kerepotan ketika berpindah-pindah tempat. Maka dari itu, jangan pilih makanan yang kemasannya menggembung, sebab akan memakan space dan rawan pecah karena gesekan. Bawa saja roti atau biskuit ringan. Biarpun mungkin beresiko penyet atau sedikit hancur, setidaknya tetap bisa disantap dan tidak ribet ketika dibawa.

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

5. Makanan yang Berpotensi Meleleh

Es batu, es krim, hingga daging beku sangat mungkin untuk meleleh di tengah perjalanan. Jadi, bila tidak ada alasan yang kuat untuk membawanya, lebih baik hindari saja, SohIB! Nanti, jika sudah mencair dan tumpah, kamu malah rempong sendiri, nih!

6. Minuman Berbotol Kaca

Membawa sirup atau minuman dengan jenis kemasan kaca sangat tidak direkomendasikan atau akan rawan pecah saat travelling. Lagipula, meskipun isinya nanti kosong, botol kaca tetap saja berat dan tidak praktis dibawa ke mana-mana. Setuju tidak?

7. Minuman Berkarbonasi

Beberapa orang menganjurkan untuk meminum minuman bersoda agar tidak merasa kembung atau mabuk perjalanan. Namun, ada baiknya SohIB mempertimbangkan saran ini lagi. Hal ini dikarenakan minuman berkarbonasi punya potensi meledak ke atas saat tutup botol atau kaleng dibuka setelah terkocok-kocok di dalam tas. Boleh-boleh saja sih, tetap membawa, tetapi langsung diminum saja, oke?

Itulah tadi 7 makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk dibawa ketika bepergian. Bagaimana menurutmu, apakah memang semerepotkan itu?

7 Hobi Baru Tanpa Gadget, Bersiap Untuk Ubah Hidupmu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)