Kemenparekraf Membuat Acara Squad Game Indonesia, Isinya Permainan Tradisional!

Kemenparekraf Membuat Acara Squad Game Indonesia, Isinya Permainan Tradisional!

Kemenparekraf mengadakan acara Squad Game Indonesia | Sumber: Kemenparekraf

Tahu nggak SohIB, kalau di Indonesia ada Squad Game, lo! Bentar-bentar, jangan panik dulu ya, guys. Permainan yang diadaptasi dari sekuel asal Korea Selatan yang berjudul Squad Game ini hanya mengusung konsepnya saja, kok. Jadi, tidak benar-benar ditembak kalau kalah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Barekraf), akan menggelar acara tersebut yang melibatkan berbagai jenis permainan tradisional nusantara pada Sabtu (9/12/2023) pukul 09.00—16.00 WIB.

Pemerintah bekerja sama dengan Dealls Jobs, menghadirkan berbagai aktivitas seru tersebut di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam penjelasannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa acara ini akan menjadi ajang permainan tradisional terbesar di Indonesia, sekaligus event offline terbesar juga di tahun 2023.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, mengapresiasi adanya inisiasi tersebut. Sebab, jarang sekali permainan tradisional dimainkan secara masif dan dipertontonkan ke publik.

Namun, ia mengimbau untuk seluruh tim penyelenggara memperhatikan aspek CHSE, mengingat Squad Game Indonesia diperkirakan akan dipadati sekitar 3 ribu orang dari seluruh tanah air.

Ini 6 Manfaat Bermain Video Game, Tak Selamanya Berdampak negatif

Squad Game Indonesia 2023

Well SohIB, berdasarkan informasi dari Kemenparekraf, masyarakat yang ingin mengikuti Squad Game Indonesia 2023 telah diberikan waktu untuk mendaftar melalui laman website dealls.com/squadgame. Calon peserta hanya perlu mengisi data diri dan menunggu jika lolos seleksi. Sedangkan pengumuman sudah dilaksanakan pada 1 Desember 2023 pukul 21.00 WIB. Nantinya, akan ada technical meeting yang akan dilakukan secara online.

Acara tidak dipungut biaya apapun, termasuk bagi mereka yang dari luar Jabodetabek akan mendapatkan gratis transpor PP, penginapan, kostum, dan lainnya. Warga yang bisa menjadi peserta adalah mereka yang berusia 16 sampai dengan 40 tahun. Apakah kamu salah satunya, guys?

Squad Game Indonesia akan menghadirkan 48 public figure atau influencer sebagai ketua tim yang akan bermain bersama, di antaranya adalah Dwi Handa, Ibnu Wardani, Stanley Hao, Dita Kerang, Emil Mario, dan Willie Salim.

Yang bertindak sebagai Gamemaster adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Semua peserta akan bersaing untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp256 juta dengan trophy dan medali. Namun, jika SohIB termasuk yang kalah, akan tetap mendapatkan uang sebesar Rp5.2 juta.

Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing, Serasa Main Game!

Apa Saja Permainan dalam Squad Game Indonesia 2023?

Dalam satu tim yang berjumlah 8 orang, akan dipandu satu ketua kelompok yang merupakan public figure atau influencer. Kemudian, terdapat tiga babak dan satu babak final, yaitu:

Babak 1: Individu (Lampu Merah Lampu Hijau), mirip dengan yang ada di serial Squad Game.

Babak 2: Tim (Kuis Pengetahuan Umum), misalnya menyebutkan 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa.

Babak 3: Tim (Kemampuan Fisik & Strategi), lomba akan diumumkan pada hari H.

Babak Final: Tim (Strategi & Keberanian), jika menang, akan mendapatkan Rp100 juta, jika kalah, mendapatkan Rp.5,2 juta.

Selain itu, akan ada beberapa kategori khusus yang masing-masing akan mendapatkan uang sebesar Rp1 juta, yakni Paling Lucu, Paling Favorit, Paling Cerdas, Paling Kuat, Paling Pantang Menyerah, Paling Gesit, dan Paling Jago.

Bangganya Indonesia Berhasil Menjadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023 untuk keempat Kali!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

Sumber referensi:

  • https://dealls.com/squadgame
  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-squad-game-indonesia-2023-siap-digelar-di-gbk-hadirkan-permainan-tradisional-nusantara-2