Bangganya Indonesia Berhasil Menjadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023 untuk keempat Kali!

Bangganya Indonesia Berhasil Menjadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023 untuk keempat Kali!

Indonesia sebagai Juara Umum di ASEAN Para Games 2023 | Sumber: viva.co.id

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day, SohIB! Ada kabar membanggakan nih, dari negara kita! Setelah ikut serta dalam acara ASEAN Para Games 2023 yang diadakan dari tanggal 3—9 Juni 2023, Indonesia resmi membawa pulang gelar juara umum, lo!

Bagi kamu yang belum tahu, ASEAN Para Games adalah acara olahraga yang diadakan khusus untuk atlet-atlet berkebutuhan khusus dari negara-negara di ASEAN. Di sini, para atlet akan memperlihatkan kemampuan dan bakat mereka yang luar biasa dalam berbagai cabang olahraga.

Tahun ini, acara ASEAN Para Games akan dilaksanakan di Phnom Penh, Kamboja dan diikuti oleh 11 negara ASEAN. Dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia akan mengikuti 31 dari 36 cabor yang ada. Setelah melewati pertandingan yang sangat sengit, Berdasarkan informasi dari situs ASEAN Para Games 2023, Indonesia berhasil mendapatkan total 401 medali kemenangan! Dengan rincian 158 medali emas, 148 medali perak, dan 95 medali perunggu.

Tahukah kamu, selain tahun ini, Indonesia sendiri sudah pernah mendapatkan gelar juara umum 3 kali, lo! SohIB penasaran, kapan saja Indonesia pernah menjadi juara umum ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Menjadi Negara Kedua Pemilik Gelar Juara Umum ASEAN Para Games Terbanyak

Pertandingan di ASEAN Para Games 2023
Pertandingan di ASEAN Para Games 2023 | Sumber: iwbf.org

Sejak diresmikan pada tahun 2001, ASEAN Para Games dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Namun di tahun 2019, pertandingan ini dibatalkan karena pandemi Covid-19. Setelah 3 tahun absen, pertandingan pun dimulai kembali pada tahun 2022 dan Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara ini.

Dari 11 pertandingan yang sudah dilaksanakan, Indonesia berhasil menjadi juara umum 4 kali, lo! Meskipun negara Thailand masih memegang rekor dengan juara umum terbanyak yaitu 6 kali, tetapi posisi Indonesia yang berada nomor 2 di bawah negara Thailand tentunya menjadi bukti bahwa negara kita juga memiliki prestasi yang tidak main-main, SohIB!

Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Bangga Banget!

Pencapaian Indonesia di Pertandingan ASEAN Para Games

Total Indonesia mendapatkan gelar juara umum di ASEAN Para Games
Total Indonesia mendapatkan gelar juara umum di ASEAN Para Games | Sumber: Indonesia Baik

Kita tahu bahwa Indonesia sudah berhasil menyabet 4 kali posisi sebagai juara umum di ASEAN Para Games ini. Tentunya SohIB penasaran kan, kapan saja sih, Indonesia berhasil menjadi juara umum di pertandingan bergengsi ini, dan berapa jumlah medali yang kita dapatkan?

  1. Juara Umum di Tahun 2014

Pada tahun 2014, pertandingan ASEAN Para Games dilaksanakan di Nay Pyi Taw, Myanmar. Pertandingan yang dimulai dari tanggal 14—20 Januari 2014 ini berhasil membuat Indonesia membawa pulang gelar juara umum untuk pertama kalinya!

Setelah melalui persaingan yang sengit dengan Thailand, Indonesia berhasil mendapatkan 217 medali kemenangan dengan rincian 99 medali emas, 69 medali perak, dan 49 medali perunggu. Cabang olahraga yang paling banyak menyumbang medali adalah Atletik 31 medali dan Renang 36 medali. Keren pisan!

  1. Juara Umum di Tahun 2017

Di tahun 2017, Indonesia kembali mendapatkan gelar juara umum kedua di ASEAN Para Games yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk ikut memeriahkan acara ini, Indonesia mengirimkan 286 atlet yang akan bertanding di 12 cabang olahraga, antara lain bulu tangkis, angkat besi, tenis meja, renang, dan lainnya.   

Pertandingan yang diadakan 17—23 September 2017 ini berhasil membawa nama Indonesia kembali menjadi juara umum yang memperoleh 251 medali! Berdasarkan informasi dari situs Antaranews, negara kita berhasil mendapatkan 126 medali emas, 75 medali perak, dan 51 medali perunggu! Bangga jadi warga negara Indonesia!

  1. Juara Umum di Tahun 2022

Setelah sekian lama, akhirnya Indonesia menjadi tuan rumah dari acara ASEAN Para Games 2022! Meskipun sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita semua berdiam diri di rumah, tetapi akhirnya pertandingan ini resmi kembali dilaksanakan!

Yang lebih membuat bangga, kali ini negara kita menjadi tuan rumah, lo! Tepatnya di Kota Solo, Jawa Tengah.

Pertandingan yang dimulai dari tanggal 30 Juli—6 Agustus 2022 kembali berhasil membuat Indonesia menjadi juara umum ke-3 kali, SohIB! Total medali yang Indonesia dapatkan kali ini tidak main-main, yaitu 425 medali kemenangan! Menurut informasi dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Indonesia berhasil mendapatkan 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu.

Nah, itu dia SohIB penjelasan singkat tentang sejarah Indonesia yang berhasil menjadi juara umum di ASEAN Para Games ini. Terima kasih kepada para atlet hebat Indonesia, karena jerih payah dan semangat juang kalian, negara kita berhasil meraih gelar juara umum ASEAN Para Games 2023 untuk keempat kalinya!

Kalian telah memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga internasional. Keberhasilan ini adalah bukti nyata bahwa dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah, kita bisa mencapai impian-impian yang luar biasa. Terima kasih telah menginspirasi kita semua!