Ini 6 Manfaat Bermain Video Game, Tak Selamanya Berdampak negatif

Ini 6 Manfaat Bermain Video Game,  Tak Selamanya Berdampak negatif

ilustrasi bermain video game | Sumber: Freepik.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Video game merupakan permainan yang banyak digandrungi oleh orang-orang di zaman sekarang. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa menyukai bermain video game.

Pada sejarahnya, video game pertama kali ditampilkan pada sekitar 1940-an di sebuah pameran dunia. Game tersebut berupa permainan tradisional Nim yang didesain oleh Edward U. Condon. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, orang-orang dapat bermain game melalui smartphone-nya dan dapat dimainkan di mana saja. 

Banyak yang beranggapan bahwa bermain video game merupakan perbuatan yang buang-buang waktu. Bermain game memang memiliki dampak negatif  jika bermain secara berlebihan sampai lupa waktu dan kewajiban. Namun, bermain game juga memiliki manfaat ketika kita memainkannya dengan bijak lho, SohIB. Berikut manfaat dari bermain video game.

1. Melatih Otak 

Bermain game dapat meningkatkan kemampuan berpikir | Sumber: Freepik.com

Dalam bermain game pastinya terdapat misi yang harus diselesaikan untuk melanjutkan ke level berikutnya, Maka dengan bermain game, seseorang belajar memecahkan suatu masalah dengan logikanya, mengikuti instruksi lalu membuat rencana, berpikir cepat, membuat analisa, lalu membentuk strategi dan antisipasi.

Tak sekedar itu, bermain game dapat memperkuat konsentrasi dan membuat seseorang berani untuk mengambil risiko dan melatih cara untuk menghadapi tantangan.

2. Mengurangi Stres dan Mengatasi Depresi

Game dinilai dapat membantu mengurangi stres dan mengatasi depresi. Main game dapat membuatmu lebih rileks sehingga dapat menenangkan pikiranmu, tentunya jika kamu memainkan game yang kamu sukai.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, Inggris, menemukan bahwa bermain game mampu memberikan pengaruh positif terhadap perasaan sehingga menjadi lebih bahagia. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science.

3. Sebagai Media Belajar

Video game dapat dirancang sebagai media pembelajaran bagi anak-anak | Sumber: Freepik.com

Bermain game dapat dirancang sebagai media pembelajaran dengan konsep bermain sambil belajar. Tidak hanya itu, seseorang juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing saat bermain game.

Ketika kamu menemukan instruksi dalam game dan terdapat kata yang tidak kamu ketahui, kamu akan membuka kamus untuk mengetahui maksud dari instruksi tersebut. Dengan hal tersebut kamu menambah pengetahuan baru dalam bahasa asing.

4. Sumber Cuan

Saat ini bermain video game dapat menghasilkan keuntungan lho, SohIB. Hal tersebut dapat terjadi jika kamu berprofesi sebagai atlet e-sport atau seorang penjoki. Tidak hanya itu, bermain game dapat menghasilkan keuntungan jika kamu membuat konten mengenai game tersebut lalu mengunggahnya di YouTube atau media sosial lainnya. 

5. Mengatasi Disleksia

Penyakit disleksia merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan dalam belajar. Hal tersebut menyebabkan masalah terhadap pengetahuan menulis, mengeja, berbicara, dan membaca.

Penelitian di inggris mengemukakan bahwa video game dapat merangsang fokus sehingga dapat membantu pengidap disleksia untuk membaca cepat dengan akurasi yang lebih baik. 

6. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Menurut studi dari Universitas of Toronto pada tahun 2014 mengemukakan bahwa orang yang bermain video game aksi-intensif seperti Call of Duty memiliki keterampilan sensorimotor (koordinasi mata ke tangan) yang lebih baik daripada orang yang tidak bermain game. Dengan kemampuan sensorimotor yang baik dapat menjadikanmu pengemudi yang handal di dunia nyata.

Itulah 6 manfaat dari bermain video game. Perlu kamu ingat untuk selalu mengatur waktu ketika bermain dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan kewajiban kamu seperti belajar dan pekerjaan. Jangan sampai kamu bermain secara berlebihan, karena hal tersebut dapat merugikan kamu lo. Maka bermainlah sesuai kebutuhan kamu.

Sumber: Kompas.com | halodoc.com | ggwp.id