Pemkab Bogor Raih Dua Piala Stand Terbaik dalam Ajang Jakarta Kreatif Expo 2023

Pemkab Bogor Raih Dua Piala Stand Terbaik dalam Ajang Jakarta Kreatif Expo 2023

Kegiatan Pameran Jakarta Kreatif Expo | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Belgi Art adalah suatu jenis usaha mikro yang masuk dalam bidang ekonomi kreatif subsektor kriya yang memproduksi berbagai jenis kerajinan tangan berbahan dasar kayu limbah sisa industri.

Dalam kesempatannya, Belgi Art, produk kerajinan tangan asal Cigombong ini mengikuti pameran tingkat nasional dalam ajang Jakarta Kreatif Expo 2023 bersama Dekranasda Kabupaten Bogor yang juga diikuti oleh Dinas Koperasi dan UKM mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Event ini dilaksanakan selama empat hari yang dimulai pada hari Kamis (7/12/2023) dan akan berakhir pada hari Minggu (10/12/2023) yang bertempat di Mall Ambassador, Jakarta Selatan.

Kegiatan Pameran Jakarta Kreatif Expo 2023 | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda (Canva)

Belgi Alhuda, owner Belgi Art, mengungkapkan bahwa partisipasi ini merupakan salah satu bagian dari upaya untuk memamerkan potensi investasi, pariwisata, dan perdagangan Kabupaten Bogor kepada calon investor serta pihak-pihak berkepentingan lainnya yang turut terlibat dalam kegiatan ini.

Masih kata Belgi, pria asal Cigombong, Jakarta Kreatif Expo 2023 ini menampilkan berbagai macam sektor usaha yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, di antaranya adalah investasi, BUMN, pariwisata, industri, perdagangan, pertanian, budidaya perikanan, perkebunan, koperasi, dan UKM. Selain itu, ada juga ekonomi kreatif yang diikuti oleh berbagai provinsi di Indonesia.

"Berbagai jenis produk unggulan yang diikutsertakan oleh Dinas Koperasi dan UKM serta Dekranasda Kabupaten Bogor, di antaranya produk kerajinan tangan kayu dari Belgi Art, produk bambu dari Sagala Tina Awi, produk tas dari Moren's dan baju rajut dari Rajutan Khansa. Ada juga aneka makanan dan minuman, serta ragam jenis produk unggulan lainnya yang tidak kalah menarik hasil karya dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kabupaten Bogor," tutur Belgi ketika diwawancara.

Penerima Penghargaan antar provinsi di Jakarta Kreatif Expo 2023 | Sumber: Dok. Belgi Alhuda

Masih kata Belgi Alhuda, pemilik usaha kerajinan tangan kayu ini mengucapkan rasa terima kasihnya atas diberikannya kesempatan dalam event berskala nasional ini.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Dekranasda dan juga Diskop UKM yang telah mengikutsertakan Belgi Art untuk ambil bagian dalam event nasional," kata Belgi.

Semoga, dengan adanya kegiatan ini, dapat membuka jejaring dan memperluas akses pasar serta membuka peluang potensi investasi. Dalam acara tersebut, Pemkab Bogor melalui Dinas Koperasi dan UKM serta Dekranasda Kab. Bogor meraih juara satu dan dua untuk kategori "Stand Terbaik".

"Selamat untuk UMKM dan IKM Kabupaten Bogor dan para pengrajin. Terlepas dari penghargaan dan apresiasi dari setiap ajang, siapapun pelaku usahanya yang ikut serta. Semuanya sama-sama membawa nama harum daerah dan juga UMKM Kabupaten Bogor," ucap Belgi dengan semangat.

"Mall Ambasador merupakan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Jakarta. Dalam event ini, diisi dengan selain memperkenalkan produk unggulan Belgi Art. Kegiatan itu juga di dukung oleh berbagai kementerian, pemerintah daerah, serta diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Sehingga harapannya dapat membuka berbagai peluang dan semoga barang yang di pamerkan dapat laris manis terjual," tambah Belgi lagi.

Stand Dekranasda Kab. Bogor | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Partisipasi Belgi Art memiliki harapan sebagai momentum dan juga bagian dari upaya memikat dan potensi investasi kepada calon investor serta pihak-pihak berkepentingan lainnya.

Pameran ini menjadi platform penting untuk mempublikasikan dan memperkenalkan potensi yang ada di Kabupaten Bogor kepada publik, serta untuk mendorong masuknya investasi ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali para pelaku UMKM yang ingin agar semakin berkembang dalam mengelola kegiatan usahanya.

Foto bersama parapara pelaku UMKM Kabupaten Bogor | Sumber: Dok. Belgi Alhuda

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor turut hadir dan menyemangati para pelaku UMKM dalam event Jakarta Kreatif Expo.

"Semoga para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor dapat naik kelas. Semakin berkembang yang menjadi harapan kita semua. Terima kasih atas kesempatan pameran ini. Semoga kita semua para UMKM dapat semakin tumbuh besar bersama dan terus mendapatkan dukungan dan dorongan dari pemerintah daerah maupun pusat dan berkelanjutan," tutup Belgi mengakhiri sesi wawancaranya.