Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berlibur #DiIndonesiaAja Selama Libur Iduladha

Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berlibur #DiIndonesiaAja Selama Libur Iduladha

Keindahan danau Kelimutu yang menakjubkan | Sumber: Kemenparekraf

Kabar baik untuk kita semua! Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional, kita mendapatkan ‘jatah’ liburan Iduladha selama 3 hari berturut-turut, yakni dari tanggal 28ー30 Juni 2023. Sebelumnya, pemerintah mengumumkan bahwa tanggal merah kita hanya satu hari saja nih, SohIB.

Sedangkan untuk anak-anak sekolah, masa liburan panjang akan dimulai sejak 29 Juniー16 Juli 2023 atau selama 3 minggu berturut-turut.

Sehubungan dengan adanya long holiday tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Uno, mengajak masyarakat Indonesia untuk menghabiskan momen liburan dan Iduladha ini untuk berwisata di Indonesia saja. Program itu bertajuk #DiIndonesiaAja dan disampaikan melalui siaran pers Kemenparekraf (19/06).

7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!

Kemenparekraf Lewat #DiIndonesiaAja Tingkatkan Wisatawan Lokal

Tepi pantai Waisai di Papua
Pemandangan di tepi pantai Waisai di Papua | Sumber: Kemenparekraf

Dikutip dari Kemenparekraf, dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan, “Ini adalah potensi yang besar dan Kita harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini untuk bangga berwisata 'Di Indonesia Aja'.”

Maka dari itu, Sandiaga juga mengajak agar para pelaku parekraf dan pihak-pihak terkait untuk memanfaatkan momentum liburan panjang tersebut. Harapannya dapat mendorong program-program Kemenparekraf seperti pengembangan desa wisata dan event-event yang dapat memperkuat promosi sektor parekraf di Indonesia.

Kemenparekraf Luncurkan E-Booklet Sambut Musim Mudik Iduladha

Keindahan Danau Maninjau dari atas, sungguh memukau, ya?
Keindahan Danau Maninjau dari atas, sungguh memukau, ya? | Sumber: Kemenparekraf

Dilansir dari Kemenparekraf, salah satu program yang dikembangkan Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia adalah meluncurkan E-Booklet "Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja." Hal ini dilakukan untuk menyambut musim mudik Iduladha pada 29 Juni 2023 mendatang.

"(E-booklet) Ini bisa menjadi referensi (wisatawan) kesempatan untuk menyaksikan kegiatan kurban di masjid-masjid di seputaran jalur mudik. Jadi ini safari masjid dalam rangka menikmati wisata minat khusus," katanya Sandiaga Uno dalam siaran pers-nya.

Tak hanya itu saja, Kemenparekraf juga akan bekerja sama dengan Kemdikbud dan Traveloka untuk mendorong pergerakan wisatawan lokal, mempercepat kebangkitan ekonomi, dan meluasnya lapangan pekerjaan. Targetnya, akan ada sekitar 1,2ー1,4 miliar perjalanan selama program #DiIndonesiaAja.

Menyingkap Indahnya Danau Ranau, Daya Tarik hingga Fasilitas

10 Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia

SohIB, di tahun 2015, pemerintah untuk pertama kalinya mencetuskan 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia. Keseluruhannya tersebar di berbagai wilayah dan pulau, sehingga tak terbatas pada pulau Jawa atau Bali saja.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemenparekraf, adapun beberapa tempat wisata yang diprioritaskan adalah:

  1. Borobudur di Jawa Tengah,
  2. Mandalika di NTB,
  3. Labuan Bajo di NTT,
  4. Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur,
  5. Kepulauan Seribu di Jakarta,
  6. Danau Toba di Sumatera Utara,
  7. Wakatobi di Sulawesi Utara,
  8. Tanjung Lesung di Banten,
  9. Morotai di Maluku Utara,
  10. dan Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung.

FYI nih, guys, presiden mengarahkan prioritas pembangunan lokasi wisata di atas  melalui Surat Sekretariat Kabinet Nomor: B-652/Seskab/Maritim/11/2015 pada tanggal 6 November 2015.

Sedangkan dari 10 destinasi liburan tersebut, terdapat 5 tempat wisata yang disematkan sebagai ‘super prioritas’. Ini artinya, lokasi-lokasi tersebut akan benar-benar difokuskan pembangunannya, baik dari segi fisik maupun nonfisik. Apa saja?

  1. Borobudur, Jawa Tengah.
  2. Danau Toba, Sumatera Utara.
  3. Labuan Bajo, NTT.
  4. Mandalika, NTB.
  5. Likupang, Sulawesi Utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mendukung penuh rencana ini. Ia mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di setiap kawasan DSP (Destinasi Super Prioritas). harus dilakukan secara terpadu.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenitas dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” tuturnya seperti yang diwartakan dari DSP Kemenparekraf.

So, SohIB, setelah mendengar penjelasan di atas, kamu jadi sudah menentukan belum, mau berlibur kemana selama liburan ini? Jangan lupa, waktu posting di media sosial, sertakan hashtag #DiIndonesiaAja, ya?

Air Terjun Benang Kelambu, Segarnya Surga Tersembunyi di Lombok

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)