Air Terjun Benang Kelambu, Segarnya Surga Tersembunyi di Lombok

Air Terjun Benang Kelambu, Segarnya Surga Tersembunyi di Lombok

Keindahan Air Terjun Benang Kelambu | paketliburanlombok.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB! Kamu tipe orang yang suka atau ingin jalan-jalan mengeksplor alam Indonesia nggak, nih? Kalau iya, pas banget! Kamu harus coba menjejaki segarnya surga tersembunyi di Lombok, apalagi kalau bukan air terjun Benang Kelambu! Tempat tujuan wisata indah di Lombok Tengah ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Terbayang dong, seperti apa indahnya air terjun Benang Kelambu yang tepat di bawah kaki Gunung Rinjani. Pastinya, unik dan cantik untuk dilewatkan, bukan?

Tidak seperti air terjun pada umumnya, air terjun Benang Kelambu ini memiliki aliran air yang cenderung tenang dan terlihat tipis seperti kelambu atau tirai yang terpasang rapi. Memang seperti namanya, air terjun yang berdekatan dengan Benang Stokel ini, juga tidak menimbulkan suara berisik dari derasnya air.

Kalau SohIB menyaksikannya langsung, kamu benar-benar akan merasakan seperti berada di negeri dongeng karena air terjun ini terlihat keluar secara tenang dari dinding-dinding tebing yang penuh dengan semak.

Mengenal Suku Sasak Asli Lombok di Desa Sade

Jadi tidak heran jika pariwisata Lombok dikenal hingga mancanegara, sudah jelas karena Lombok menawarkan segudang wisata alam yang tak ada habisnya! Mulai dari pantai dan laut eksotis, pengalaman tinggal di desa yang kental dengan budayanya, hingga keunikan air terjunnya yang bikin ingin terus berlama-lama.

Termasuk kamu yang tidak suka bermain air juga karena air terjun ini tidak memiliki sungai, lo! Masih penasaran dengan keajaiban wisata Benang Kelambu ini? Yuk, kita simak sampai selesai!

Daya Tarik Segarnya Surga Tersembunyi

Daya tarik air terjun benang kelambu
Daya tarik air terjun benang kelambu | travelingyuk.com

Siapa bilang air terjun itu membosankan atau menakutkan? Seperti yang sudah disebutkan di atas, air terjun Benang Kelambu ini punya bermacam daya tarik yang tak ada habisnya, lo! Pertama, air terjun ini tidak memiliki sungai. Lah, kok bisa? Tentu bisa dong, SohIB.

Karena air terjun Benang Kelambu bukan berasal dari sungai yang terpotong oleh jurang sehingga menghasilkan aliran sungai baru yang deras, melainkan berasal dari sejumlah air yang tertampung di dalam dinding tebing sehingga aliran air yang keluar pun tipis dan tenang,

SohIB pernah mandi dengan shower? Kurang lebih air terjun Benang Kelambu memiliki aliran air seperti itu, jatuh tenang beraturan dan menggenang di dasar tanah yang kita pijak. Kemudian, air terjun ini cukup tinggi dengan ketinggian mencapai 30 meter di tingkat pertama.

Namun, kalau kamu tidak ingin terlalu jauh, kamu bisa bisa merasakan keindahan sensasi Benang Kelambu di tingkat dua dengan ketinggian 10 meter atau di tingkat ketiga dengan ketinggian 5 meter.

Desa Tetebatu, Pesona Alam Asri Lombok

Nggak hanya menjelajahi ke dalam hutan untuk sampai di air terjun Benang Kelambu, kamu juga akan melewati air terjun Benang Stokel yang berjarak 1 kilometer sebelum Benang Kelambu. SohIB bisa berpuas-puas main air dan istirahat melihat keindahan Benang Stokel sebelum melanjutkan perjalanan. Kedua air terjun ini sama-sama memiliki daya tarik aliran air yang tipis dan tenang layaknya benang. Tertantang untuk berkunjung, SohIB? 

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

keindahan air terjun Benang Kelambu
keindahan air terjun Benang Kelambu | travelingyuk.com

Sama seperti destinasi wisata air terjun lainnya, air terjun Benang Kelambu ini memiliki fasilitas kolam buatan di bagian bawah, kamar ganti yang juga sebagai toilet, pedagang asongan keliling, dan ojek bagi yang ingin mempercepat durasi perjalanan.

Untuk Harga tiket masuk ke air terjun yang berlokasi di Lombok Tengah ini tergolong murah. SohIB cukup membayar Rp5 ribu, sudah bisa menikmati keindahan air terjun Benang Kelambu seharian.  

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, jangan lupa memperhatikan jam buka. Air terjun Benang Kelambu sudah bisa dikunjungi dari pukul 7 pagi hingga pukul setengah 6 sore. Semua pengunjung diharapkan mematuhi aturan pengelola untuk tidak berkunjung ke air terjun melebihi jam operasional karena tidak ada penerangan jalan dan dapat menimbulkan bahaya tersesat.

Lokasi dan Rute ke Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi air terjun Benang Kelambu
Lokasi air terjun Benang Kelambu | myeatandtravelstory.wordpress.com

Air terjun Benang Kelambu berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Kurang lebih jaraknya mencapai 32 kilometer dari Kota Mataram yang dapat ditempuh selama satu jam perjalanan. Untuk dapat ke Benang Kelambu, kamu bisa melewati rute Mataram–Narmada–Sedau–Pancor Dau–Teratak–Desa Aik Berik.

Jika ingin berkunjung ke sini, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat, membawa perbekalan dan perlengkapan yang cukup, serta keadaan cuaca yang mendukung. Yuk, ajak keluarga dan teman untuk merasakan keindahan alam di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya air terjun Benang Kelambu. Gimana? Tertarik berkunjung?