7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!

7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!

Panorama Hijau Desa Taruju | Sumber: instagram.com/wisata_taraju

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB, libur lebaran nanti sudah tahu mau jalan-jalan ke mana? Sembari silaturahmi, boleh banget nih, kita liburan ke daerah yang dijuluki kota santri ini. Ya, betul! Apalagi kalau bukan Tasikmalaya. Di kota ini kita akan menemukan banyak destinasi wisata alam yang cocok dikunjungi saat libur lebaran bersama keluarga. 

Jangan bingung deh, di Tasikmalaya bakal pergi liburan ke mana. Kalau SohIB kenal dengan Green Canyon Meksiko, di Tasik juga punya Tonjong Canyon, lo. Buat yang suka tantangan dan wisata alam, kamu pasti akan menikmati setiap perjalanan hingga tiba di ngarai hijau yang begitu memanjakan mata. Beuh, rasanya penat dan masalah hidup hilang sebentar setelah melihat keindahan alam Tasikmalaya!

Kira-kira selain Tonjong Canyon, ada wisata alam menarik apalagi di Tasikmalaya, ya? Yuk, simak tujuh rekomendasi wisata alam yang cocok dikunjungi saat libur lebaran di bawah ini!

1. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng Tasikmalaya
Curug Dengdeng Tasikmalaya | Sumber: wikipedia

Rekomendasi wisata alam Tasik yang pertama ada Curug Dengdeng. Curug atau air terjun ini selalu membuat para pengunjung betah liburan di sini. Bukan tanpa alasan, Curug Dengdeng memang indah dan seru untuk dikunjungi kapanpun saat volume air sungai sedang banyak maupun kering.

Saat volume air sedang banyak, SohIB bisa bermain air di genangan sungai dan saat kering kamu akan melihat batu-batu sungai timbul yang begitu cantik dipandang. Bagi SohIB yang ingin berkunjung, usahakan membawa perbekalan dan kebutuhan yang cukup, ya karena curug ini masih asri dan belum banyak pedagang. Jangan lupa untuk jaga kebersihan dan keindahan alam kita. 

2. Kampung Naga

Kampung Naga
Kampung Naga | Sumber: wikipedia

Setelah dimanjakan dengan pemandangan curug, kita ke pedesaan, yuk SohIB! Desa ini terkenal dengan nama Kampung Naga. Desa yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu ini masih menjalani tradisi Sunda yang kental dalam kesehariannya, lo. Wow, menarik, ya!

SohIB yang ingin berkunjung tentu akan belajar banyak mengenai adat istiadat Sunda yang masih dipertahankan oleh masyarakat Kampung Naga. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati panorama hijau. Untuk menuju ke kampung ini tidak sulit, kok. Letaknya ada di pinggir jalan utama Tasik—Garut. Cuma memang harus menuruni banyak tangga hingga sampai di desa.

6 Rekomendasi Wisata Bandung yang Murah Meriah, Kunjungi, yuk!

3. Tonjong Canyon

Tonjong Canyon
Tonjong Canyon | Sumber: MTMA Tasik Blog

Siapa yang punya rencana berlibur ke wisata alam luar negeri? Ih, nggak perlu jauh-jauh! Di Indonesia juga ada Tonjong Canyon Tasikmalaya. Lokasi tepatnya di Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya. Untuk sampai ke ngarai ini memang memakan waktu yang cukup lama, tapi begitu tiba kamu akan melihat panorama alam eksotis Tonjong Canyon.

Sebagai tips, sebaiknya SohIB yang ingin berkunjung datang di saat cuaca cerah, mengenakan pakaian yang sesuai, dan membawa perbekalan yang cukup. Tonjong Canyon yang merupakan wisata dengan tebing-tebing tinggi yang kokoh dan aliran sungai indah, begitu sayang untuk dilewatkan.

4. Desa Taraju

Desa Taraju
Desa Taraju | Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

Tasikmalaya juga menawarkan wisata panorama hijau, lo SohIB. Tepatnya di Desa Taraju, Tasikmalaya. Bukan sebatas kebun teh biasa, desa wisata Taraju ini juga menjadi rekomendasi Kemenparekraf untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, desa ini berhasil masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Keren, kan SohIB?

Anugerah tersebut didapat karena Desa Taraju menawarkan wisata edukasi petik dan pengolahan teh serta kopi yang inspiratif. Kalau berkunjung ke sini, kamu bisa melihat panorama hijau yang indah, belajar langsung edukasi petik dan pengolahan teh, serta belanja oleh-oleh produk UMKM. Bisa dibilang desa yang terletak di Singaparna ini memang produktif, Jadi, jangan lupa datang dan dukung produk lokal, ya SohIB.

5. Danau Lemona

Danau Lemona
Danau Lemona | Sumber: instagram.com/danaulemona_

Kalau sudah letih jalan-jalan, boleh banget istirahat mampir dulu di Danau Lemona. Lokasinya di Kawitan, Salopa, Tasikmalaya. Danau buatan ini dilengkapi restoran dan pemandangan cahaya lampu di malam hari yang indah. Selain itu, SohIB juga bisa berfoto di jembatan gantung yang estetik. Tempat wisata ini paling cocok dikunjungi saat malam hari sambil menyantap hidangan di pinggir danau. Hmm, nikmat! 

6. Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung
Kawah Gunung Galunggung | Sumber: Gmap/Rizky Cahaya Live Vokal

Kawah Gunung Galunggung menjadi destinasi wisata yang banyak dituju bagi pendaki pemula. Medan dan akses perjalanan menuju lokasi memang tergolong mudah. Kamu hanya perlu melintasi 600 anak tangga tanpa harus sulit mendaki. Di tempat ini kamu akan menikmati panorama kehijauan di dataran luas sekitar kawah.

Yuk, Cari Tahu 27 Destinasi Jelajah Masjid dari Kemenparekraf, Ada Masjid Jogokariyan, lo!

7. Wisata Alam Pasir Kirisik

Wisata Alam Pasir Kirisik
Wisata Alam Pasir Kirisik | Sumber: instagram.com/pasirkrisik

Wisata Alam Pasir Kirisik ini lokasinya di Desa Guranteng, Pagerageung, Tasikmalaya. Hampir sama dengan Lodge Maribaya di Bandung, Wisata Alam Pasir Kirisik juga menawarkan banyak spot foto menarik dan menantang untuk dicoba. Seperti balon udara, gardu pandang, kapal Titanic, kursi gantung, dan masih banyak lainnya. Tertarik berkunjung, SohIB? 

Itulah tujuh rekomendasi wisata alam di Tasikmalaya yang cocok untuk dikunjungi saat libur lebaran nanti. Dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata lokal, kita juga mendukung perekonomian daerah lewat pariwisata, lo SohIB. Bagi yang tertarik pergi liburan ke wisata alam Tasikmalaya, jangan lupa jaga kesehatan, siapkan bekal, dan tentunya budget dana yang cukup, ya hihi.