Menyingkap Indahnya Danau Ranau, Daya Tarik hingga Fasilitas

Menyingkap Indahnya Danau Ranau, Daya Tarik hingga Fasilitas

Keindahan Danau Ranau | Sumber: tempatwisataterindah.com

Tahukah SohIB, kalau Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba? Saking besarnya, lokasi Danau Ranau sampai membentang dari perbatasan Provinsi Sumatra Selatan hingga Provinsi Lampung, lo. Tepatnya di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Lampung Barat. Asal-usul danau besar ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik gunung berapi, sehingga menghasilkan cekungan besar yang disebut kaldera.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Sumatra mempunyai sejarah aktivitas vulkanik yang dahsyat, salah satunya Danau Ranau ini yang terhitung luasnya mencapai 125,9 kilometer dengan titik terdalam 174 meter di bawah permukaan air. Wah, sungguh menakjubkan, ya SohIB! Pasti keindahan alam Danau Ranau tidak kalah dengan Danau Toba yang begitu eksotis!

Daya Tarik Wisata Danau Ranau

Santai di Danau Ranau
Santai di Danau Ranau | Sumber: Instagram.com/ranau.info

Memang benar, Danau Ranau ini memiliki panorama hijau indah dengan dikelilingi oleh pegunungan bukit barisan yang terlihat seperti memagari danau biru yang luas membentang. Ditambah kalau SohIB mengunjungi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, kamu akan melihat pemandangan Gunung Seminung yang berdiri gagah setinggi 1.881 meter di atas permukaan laut. Tampak begitu memesona! 

Sama dengan Danau Ranau, Gunung Seminung juga terletak di perbatasan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung. Tepatnya di Kecamatan Banding Agung, Ogan Komering Ulu Selatan dan Kecamatan Sukau, Lampung Barat. Bagi SohIB yang ingin berkunjung ke Danau Ranau, jangan lupa menyempatkan diri menyebrang ke Pulau Marisa yang berada di tengah hamparan biru luas danau.

Selain itu, uniknya Danau Ranau terlihat dari beberapa tepian danau yang membentuk daratan landai seperti pantai dilengkapi dengan pasir putih dan deretan pohon kelapa. Tiga tepian danau yang disebut pantai tersebut adalah Pantai Bidadari, Pantai Pelangi, dan Pantai Singkalan yang terletak di Provinsi Sumatra Selatan. Jadi kalau berlibur ke sini bisa one stop refreshing melihat panorama gunung, danau, dan bermain di pantai, deh!

Desa Wisata Bowele, Hidden Gem yang Asik untuk Surfing!

Akses Menuju Danau Ranau

Pemandangan Danau Ranau
Pemandangan Danau Ranau | Sumber: srivijaya.id

Untuk dapat menikmati keindahan luasnya Danau Ranau dengan panorama hijau bukit barisan dan kabut tipis yang mengelilinginya, kamu bisa mengakses dari Bandar Lampung ataupun Palembang dengan perjalanan darat melewati Lintas Tengah Sumatra dan Lintas Barat Sumatra selama enam hingga tujuh jam.

Jika dari Bandar Lampung, kamu dapat melewati jalur menuju Kotabumi, Bukit Kemuning, Liwa, dan Kota Batu. Sementara, jika dari Palembang, kamu dapat melewati jalur menuju Prabumulih, Baruraja, dan Muaradua. Di antara jalur tersebut, kota terdekat dari Danau Ranau adalah Liwa di Lampung dan Baturaja di Sumatra Selatan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sebelum sampai di Danau Ranau, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan lindung, persawahan, hingga perkebunan sawit sepanjang perjalanan. Untuk menuju ke Danau Ranau memang cukup menantang dengan rute berkelok dan naik-turun. Bagi SohIB yang ingin berlibur ke sana, disarankan membawa perbekalan yang cukup.

Fasilitas Danau Ranau yang Wajib Dicoba!

Naik Perahu di Danau Ranau
Naik Perahu di Danau Ranau | Sumber: Instagram.com/ranau.info

Kalau berlibur ke danau memang biasanya dijadikan destinasi keluarga untuk melihat panorama indah yang tenang. Namun, di Danau Ranau terdapat banyak fasilitas rekreasi yang bisa kamu coba untuk seru-seruan bersama keluarga, lo. Seperti mengelilingi pantai-pantai yang terdapat di sekitar Danau Ranau, pemandian air panas, bermain jet ski, menyebrang Pulau Marisa, hingga mencicipi hidangan kuliner khas Ranau. Asyik, kan SohIB?

Dalam beberapa kesempatan, kita juga diperbolehkan berenang di pinggiran Danau Ranau, lo. Namun, ada kalanya dilarang berenang karena sewaktu-waktu air danau dapat mengandung belerang pekat yang menaikkan suhu air mencapai 32 derajat celcius. Hal tersebut disebabkan oleh gempa kecil di garis sesar sepanjang dasar danau. Peristiwa pelepasan belerang selama 50 tahun terakhir di Danau Ranau ini, tercatat oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menyebabkan kematian ratusan ton ikan.

Darurat Sampah Plastik di Laut, Ini yang Bisa Kita Lakukan!

SohIB nggak perlu khawatir, kalaupun sedang tidak diperbolehkan berenang, kamu masih bisa menikmati keindahan Danau Ranau di tepian danau sambil berfoto menggunakan gaya andalan. Oh ya, jangan lupa kamu juga bisa mencoba kuliner khas Ranau seperti gulai lelecap, pindang Ranau, dan kopi Ranau.

Itu dia informasi mengenai keindahan wisata Danau Ranau yang bisa kamu kunjungi dari Provinsi Lampung maupun Provinsi Sumatra Selatan. Siapkan waktu dan bekal terbaik untuk berlibur ke sana, ya SohIB karena kamu akan diajak menikmati keindahan dan keunikan Danau Ranau yang nggak ada habisnya! Selalu ingat untuk tetap menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan agar dapat melestarikan kekayaan alam Indonesia.