Pesona Lokasi Jalan-Jalan Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, Yuk Ikut Berkunjung!

Pesona Lokasi Jalan-Jalan Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, Yuk Ikut Berkunjung!

Pesona Labuan Bajo | Sumber: hipwee.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Ada kabar baik, SohIB! Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) siap berlangsung! Tepatnya, pada hari Selasa, 9 Mei 2023 sampai Kamis, 11 Mei 2023. Dengan adanya perhelatan ASEAN 2023 ini, delegasi KTT se-Asia Tenggara sudah sampai di Bandar Udara Internasional Komodo dan siap melaksanakan konferensi membahas isu politik, sosial, dan ekonomi.

Tidak hanya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi, para delegasi ASEAN juga turut diajak jalan-jalan ke lokasi wisata di Labuan Bajo, lo SohIB! Di tengah acara konferensi digelar, para delegasi akan menikmati indahnya surga tersembunyi di Indonesia. Seperti ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pink Beach, Manta Point, hingga ke Gua Batu Cermin.

Gua Batu Cermin Labuan Bajo
Gua Batu Cermin Labuan Bajo | Sumber: firstlabuanbajo.com

Dalam rencana menentukan titik lokasi jalan-jalan delegasi KTT ASEAN 2023, pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyiapkan beberapa lokasi yang dapat memberikan kesan indah bagi para tamu delegasi. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Sony Libing, menuturkan bahwa para delegasi KTT ASEAN 2023 akan diajak jalan-jalan ke pulau eksotik hingga berlayar dengan kapal pinisi. Wah, asyik banget, ya SohIB!

“Nanti mereka bisa menikmati keindahan Labuan Bajo di atas kapal pinisi, Pulau Rinca yang paling dekat atau kalau ada yang mau ke Pulau Padar atau Pink Beach bisa jadi,” ujar Kadis Parekraf NTT, Sony Libing, yang dikutip dari antaranews.com pada Selasa (09/05/2023).

Isu Apa Saja yang akan Dibahas KTT ASEAN ke-42? Cari Tahu di Sini, yuk!

Kesiapan Akomodasi dan Partisipasi UMKM

Sandiaga Uno menjelaskan kesiapan akomodasi dan partisipasi UMKM dalam Weekly Brief with Sandi Uno | Sumber: YouTube Kemenparekraf
Sandiaga Uno menjelaskan kesiapan akomodasi dan partisipasi UMKM dalam Weekly Brief with Sandi Uno | Sumber: YouTube Kemenparekraf

Dalam kesempatan yang berbeda di acara Weekly Brief with Sandi Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, telah memastikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo siap menyambut tamu delegasi KTT ASEAN ke-42. Juga tak ketinggalan, kebutuhan akomodasi sejumlah 38 hotel dengan kapasitas 1.500 kamar telah dipersiapkan.

Selain 38 hotel bintang lima hingga tiga, kapal-kapal sebagai akomodasi alternatif atau hotel apung sejumlah 26 kapal yang dapat menampung 4.200 orang sudah disediakan. Akomodasi alternatif tersebut berupa kapal pinisi hingga kapal wisata. Bersama dengan kesiapan akomodasi, Sandiaga Uno kemudian mengatakan bahwa akan melibatkan partisipasi UMKM terbaik untuk mendukung berlangsungnya KTT ASEAN 2023.

"Kami juga memastikan partisipasi UMKM dan juga pelibatan restoran dan kafe, di mana terdapat sekitar 20 lokasi restoran dan kafe yang direkomendasikan untuk destinasi kuliner di Kota Labuan Bajo dan 40 UMKM parekraf lokal yang sudah terkurasi untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023," ujarnya.  

Pesona Lokasi Jalan-Jalan Delegasi KTT ASEAN 2023

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, para delegasi KTT ASEAN 2023 akan diajak jalan-jalan ke lokasi eksotis Labuan Bajo, lo SohIB. Para delegasi akan berkunjung ke Pulau Komodo yang dikenal sebagai habitat asli komodo. Serunya di sana, setiap wisatawan yang datang diperbolehkan melihat komodo dari jarak dekat yang aman. Tentunya juga berfoto dan menikmati panorama indah Labuan Bajo.

Tak kalah menakjubkan, para delegasi KTT ASEAN 2023 juga akan diajak jalan-jalan ke Pink Beach Labuan Bajo. Pesona pantai satu ini benar-benar memukau karena dipadu laut biru jernih dengan pasir berwarna merah muda. Makin betah berlama-lama di sana, deh! Buat SohIB yang belum tahu, warna pasir yang indah tersebut berasal dari terumbu karang berwarna merah, homotrema rubrum.

Lihat 5 Keindahan Wisata Labuan Bajo yang Jadi Tuan Rumah KTT Asean!
Pink Beach Labuan Bajo | Sumber: The World Travel Guy
Pink Beach Labuan Bajo | Sumber: The World Travel Guy

Ada juga lokasi jalan-jalan delegasi KTT ASEAN 2023 yang mengajak snorkeling bersama ikan pari besar atau yang sering disebut Manta Ray. Nama lokasinya adalah Manta Point, di sana para wisatawan bisa menyelam bersama manta sambil melihat keindahan bawah laut Labuan Bajo yang bersih. Jadi, setelah diajak melihat panorama eksotis di atas permukaan laut, para delegasi juga dapat mengintip keindahan bawah laut Labuan Bajo.

Di samping itu, melansir dari kemenparekraf.go.id, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyediakan paket wisata berupa rekomendasi serta informasi untuk para delegasi mengenai sailing package melihat komodo, di antaranya lunch package, dinner package, city tour, hingga cultural package.

Untuk paket city tour akan berkunjung ke beberapa destinasi. Seperti Gua Batu Cermin, Water Front, Puncak Waringin, dan Cunca Wulang. Sementara itu, untuk cultural package akan ke Gua Rangkong, Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, Desa Wisata Liang Ndara, dan Kampung Melo.

Itu dia pesona lokasi jalan-jalan delegasi KTT ASEAN 2023 beserta serba-serbi kesiapan lainnya. Dengan hadirnya kekayaan alam Indonesia dan kesungguhan pemerintah serta masyarakat Indonesia untuk merawatnya, peran Indonesia sebagai keketuaan ASEAN 2023 yakin akan menuai hasil maksimal dan dapat meningkatkan kemajuan politik, ekonomi maupun sosial di Indonesia.