Desa Wisata Bowele, Hidden Gem yang Asik untuk Surfing!

Desa Wisata Bowele, Hidden Gem yang Asik untuk Surfing!

Pemandangan Desa Wisata Bowele | Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo, SohIB! Sudah tahu belum kalau di Malang ada desa wisata yang baru diresmikan Kemenparekraf, lo! Namanya Desa Wisata Bowele yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Desa Wisata Bowele ini merupakan singkatan dari tiga nama pantai, yaitu Pantai Bolu-Bolu, Pantai Wedi Awu, dan Pantai Lenggoksono. 

Keindahan pantai tersebut sering disebut sebagai hidden gem asik untuk surfing. Apalagi ditambah karena ombaknya yang tinggi, tapi tetap bersahabat. Jadi tak heran kalau belum lama setelah mendapat anugerah sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023, Bowele sudah ramai dikunjungi peselancar dari berbagai daerah di Indonesia hingga dunia! 

Berselancar di Desa Wisata Bowele
Berselancar di Desa Wisata Bowele | Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

Bahkan, peselancar profesional dari Belanda dan Perancis sekalipun, juga nggak mau ketinggalan untuk ikut menikmati serunya surfing di Pantai Wedi Awu dan Pantai Lenggoksono, lo. Wah, SohIB yang suka berselancar bisa banget, nih berkunjung langsung ke Desa Wisata Bowele! 

Nggak hanya asik untuk berselancar, di Desa Wisata Bowele kamu juga akan merasakan nuansa desa yang diwarnai kebudayaan seni Jaranan Turonggo Satrio Budoyo, pencak silat, dan karawitan. Dijamin, SohIB akan betah berlama-lama di sini! Kalau mulai lapar dan haus, kamu bisa mencicipi masakan khas Desa Wisata Bowele dari produk UMKM yang juga menjual oleh-oleh cinderamata, lo. Jangan lupa dibeli, ya SohIB!

Lihat 5 Keindahan Wisata Labuan Bajo yang Jadi Tuan Rumah KTT Asean!

Akses ke Desa Wisata Bowele

Desa Wisata Bowele
Desa Wisata Bowele | Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

Untuk ke Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini memang cukup jauh. Kurang lebih memakan waktu tiga jam dari Kota Malang menggunakan mobil. Jika ingin berkunjung, disarankan datang saat cuaca sedang cerah karena ragam hewan dan tumbuhan laut akan terlihat begitu indah juga jernih. Jangan lupa membawa bekal makan minum, baju ganti, alas duduk, serta plastik sampah. Ingat selalu untuk menjaga kebersihan alam kita, ya SohIB.

Produk Wisata Bowele yang Wajib Dicoba!

Pantai memang biasanya dijadikan destinasi untuk berenang, berselancar, atau sekadar bermain pasir dan air. Namun, di Desa Wisata Bowele kamu bisa mencoba tiga produk edukasi yang menyenangkan. Di antaranya, SohIB bisa mengambil paket belajar surfing di Pantai Lenggoksono seharga Rp100 ribu. Dengan mengikuti belajar berselancar di Pantai Lenggoksono, kamu mendapat pelatih profesional, alat yang memadai, air mineral, dan dokumentasi.

Kemudian ada juga produk wisata edukasi, yaitu paket camping berselancar untuk pemula maupun profesional di Pantai Wedi Awu. Paket ini ditawarkan oleh Joni Surf Camp seharga Rp210 ribu. Wah, ini sih bakal seru karena mendapat fasilitas penuh bermalam dan belajar berselancar.  Wajib dicoba!

7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!
Belajar Karawitan di Desa Wisata Bowele
Belajar Karawitan di Desa Wisata Bowele | Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

Ada juga yang nggak seru, di Desa Wisata Bowele kamu juga ditawarkan produk wisata edukasi belajar karawitan atau lagu jawa, lo. SohIB tak perlu malu jika belum bisa sama sekali, di sini kamu akan belajar sambil bermain bersama para profesional seharga Rp25 ribu. Suasananya asik dan santai sambil mendengarkan alunan lagu Jawa. Momen ini akan jadi lebih kocak jika ada yang salah bermain. Hihi, jadi pembuat cair suasana karena dikelilingi tertawa.

Kalau mau coba kegiatan di atas laut yang lebih santai juga bisa. Desa Wisata Bowele menawarkan mancing mania bersama di teluk. Penggemar mancing cocok banget ikut ini karena akan diantar ke titik dengan Ikan jenis Kerapu yang berlimpah! Wisata ini mematok harga Rp850 ribu untuk satu kapal yang dapat diisi empat orang. Harga tersebut sudah termasuk alat pancing yang memadai, umpan, dan makan siang. Jadi tinggal duduk dan menikmati memancing ikan dengan tenang.

Itulah pengenalan Desa Wisata Bowele yang indah dan seru untuk tempat berselancar. Kunjungilah dan ajak keluarga serta sahabat untuk menghabiskan waktu bersama di pantai. Jangan lupa untuk mencicipi masakan serta produk UMKM khas Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Kalau sudah berkunjung ke sini, pasti ingin balik lagi deh karena suasana pantai yang cocok banget untuk berselancar. Jadi, jadwalkan waktu liburmu ke Desa Wisata Bowele, ya SohIB!