Waspada dengan 5 Gangguan Kesehatan Ini Selama Libur Panjang Iduladha 

Waspada dengan 5 Gangguan Kesehatan Ini Selama Libur Panjang Iduladha 

Daging merah harus dikonsumsi dalam batas yang wajar | Sumber: Unsplash (Eiliv Aceron)

Nggak terasa, mulai besok (28 Juni) bagi para pekerja akan memasuki liburan panjang dalam rangka Hari Raya Iduladha, yakni dari 27ー30 Juni 2023. Tak hanya itu saja, karena dua hari setelahnya adalah hari Sabtu dan Minggu, maka waktu beristirahat menjadi lebih panjang lagi.

Iduladha menjadi perayaan besar bagi pemeluk agama Islam di dunia, di mana selain melaksanakan sholat Ied bersama, kita juga akan melakukan penyembelihan hewan kurban (biasanya sapi dan kambing), membagikan daging ke warga sekitar, dan makan bersama.

Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berlibur #DiIndonesiaAja Selama Libur Iduladha

Bukanlah pemandangan yang aneh apabila kemudian, selama beberapa hari setelah Iduladha, dapur-dapur setiap rumah akan dipenuhi dengan berbagai olahan daging sapi dan kambing. Kalau biasanya kita tidak sesering itu makan perdagingan, bisa saja minggu ini SohIB akan mabuk daging.

Well, menyantap sajian daging boleh-boleh saja, ya. Asalkan kamu tidak berlebihan makan dan tetap menjaga keseimbangan dengan berolahraga. Dilansir oleh laman Halodoc, berikut ini adalah 5 gangguan kesehatan yang sering terjadi setelah makan besar di perayaan Iduladha! 

1.Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan sering terjadi ketika makan terlalu banyak makanan kurang berserat
Gangguan pencernaan sering terjadi ketika makan terlalu banyak makanan kurang berserat | Sumber: Unsplash (Towfiqu Barbhuiya)

Hidangan Iduladha sangatlah dekat dengan perpaduan daging dan santan. Sehingga, kalau SohIB kalap menyantap makanan bersantan dalam batas yang over, dikhawatirkan akan meningkatkan potensi terjadinya gangguan pencernaan.

Dikutip dari Medical News Today, santan mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, santan juga mengandung karbohidrat yang difermentasi dan dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan, bahkan alergi kalau dikonsumsi secara berlebihan.

2.Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang sering dijumpai oleh orang-orang yang lanjut usia. Namun, faktor utama dari gangguan ini sebetulnya adalah pola hidup yang tidak sehat, termasuk dari asupan makanan. Bagi SohIB yang ngiler dengan hidangan daging merah dan bersantan, boleh makan secukupnya dan tetap kontrol, ya!

4 Penyakit Ini Sering Menyerang Saat Pancaroba, Waspadai!

3. Asam urat

Asam urat salah satunya ditandai dengan gejala nyeri pada persendian
Asam urat salah satunya ditandai dengan gejala nyeri pada persendian | Sumber: Unsplash (Towfiqu Barbhuiya)

Asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan radang sendi di sejumlah titik tubuh, paling sering di bagian kaki. Halodoc menambahkan, kadar asam urat yang tinggi punya efek buruk yang nggak main-main. Penyumbatan aliran darah oleh penumpukan kristal bisa terjadi dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Lazimnya, orang dengan gangguan kesehatan ini direkomendasikan untuk mengurangi makanan yang kandungan purinnya tinggi dan berlemak, termasuk jeroan, daging merah, dan kerang.

4. Sembelit

Bisa dibilang, tidak sedikit masakan khas lebaran Iduladha yang kalau dipikir-pikir, kurang cocok untuk dipadupadankan dengan sayuran. Paling mentok adalah daun singkong rebus atau acar segar. Hal inilah yang menyebabkan ada banyak kasus di mana orang menjadi sembelit atau sulit buang air besar.

Daging mengandung banyak karbohidrat, tetapi juga sedikit serat. SohIB sangat disarankan untuk tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi selama libur panjang. Jangan sampai yang ada di piringmu hanyalah daging, santan, dan nasi putih saja. Tambahkan sayuran segar seperti selada atau tomat merah agar pencernaan tetap lancar.

Selain menjaga hawa nafsu untuk tidak kalap memakan semua sajian makanan tanpa keseimbangan gizinya, tetap berolahraga itu penting. Sebab, lemak-lemak yang sudah kita santap itu tidak akan cukup apabila dikeluarkan hanya dari buang air besar dan kecil. Tak jarang juga, sendi-sendi terasa berat dan sakit untuk digerakkan karena over makan daging.

Gerakkan anggota tubuhmu sampai berkeringat agar badan senantiasa bugar. Minum banyak air putih dan sebisa mungkin jauhi minuman manis yang mengandung tinggi gula. Jangan sampai pemaknaan baik tentang Iduladha menjadi salah kaprah dan hanya seputar di santap-menyantap hidangan, ya.

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)